Temukan yang Anda cari

atau cari melalui

topik

Article
Article

Article

e-Book
e-Book

e-Book

Video
Video

Video

Campaigns
Campaigns

Campaigns

Architecture
Kamera Saku

Kamera Saku

Architecture
DSLRs

DSLRs

Architecture
Videografi

Videografi

Architecture
Astrofotografi

Astrofotografi

Architecture
Tanpa Cermin

Tanpa Cermin

Architecture
Fotografi arsitektur

Fotografi arsitektur

Architecture
Teknologi Canon

Teknologi Canon

Architecture
Fotografi cahaya minimal

Fotografi cahaya minimal

Architecture
Wawancara fotografer

Wawancara fotografer

Architecture
Fotografi lanskap

Fotografi lanskap

Architecture
Fotografi makro

Fotografi makro

Architecture
Fotografi olahraga

Fotografi olahraga

Architecture
Fotografi Wisata

Fotografi Wisata

Architecture
Fotografi bawah air

Fotografi bawah air

Architecture
Konsep & Aplikasi Fotografi

Konsep & Aplikasi Fotografi

Architecture
Fotografi Jalanan

Fotografi Jalanan

Architecture
Kamera Mirrorless Full-frame

Kamera Mirrorless Full-frame

Architecture
Lensa & Aksesori

Lensa & Aksesori

Architecture
Nature & Wildlife Photography

Nature & Wildlife Photography

Architecture
Fotografi Potret Wajah

Fotografi Potret Wajah

Architecture
Fotografi Malam

Fotografi Malam

Architecture
Fotografi Hewan Piaraan

Fotografi Hewan Piaraan

Architecture
Solusi Pencetakan

Solusi Pencetakan

Architecture
Ulasan produk

Ulasan produk

Architecture
Fotografi Pernikahan

Fotografi Pernikahan

Inspirations >> Photos & People

Topeng Thai Khon: Kesenian Abadi

2017-07-10
2
3.49 k
Dalam artikel ini:

‘Topeng tak pernah disingkirkan; makin tua usianya, makin berharga nilainya,’ juru bahasa kami menerjemahkan jawaban dari pertanyaan kami mengenai pembuangan topeng-topeng Khon yang rusak.

A mask of a monkey character in the Thai Khon dance, characterised by its open mouth with bared fangs.

PowerShot G7X Mark II, lensa 8,8-36,8 mm, f/2,0, 9,92 mm, 1/60 dtk, ISO125

Kami menggunakan fitur ‘Penajaman’ kamera dan gaya gambar ‘Detail Tajam’ untuk memotret gambar yang sangat jelas yang menangkap semua detail tajam dari topeng ini. Bokeh yang halus mengaburkan latar belakang dengan halus untuk menjaga fokus pada topeng utama.

We are speaking to Prateep Rodpai, one of Thailand’s foremost authorities on the making of masks for performers of the Thai Khon Dance. And from what he’s told us, profit is certainly not the only reason the masks are preserved.

The entire art form – a Thai interpretation of the epic Ramayana - is considered sacred in Thailand. From the costumes and masks to the dance performance itself, every aspect is steeped in ritual and ceremony.

A row of Thai Khon masks at various stages of completion.

PowerShot G7X Mark II, lensa 8,8-36,8 mm, f/2,2, 8,80 mm, 1/320 dtk, ISO800

Foto satu ini mencakup perjalanan panjang dari bentuk bubur kertas biasa yang disulap menjadi topeng jadi yang indah. Kesuraman studio membuat foto ini agak rumit. Kami harus mencobanya berkali-kali sebelum mendapatkan foto yang – seperti yang kadang diketahui– terjadi setidaknya karena keberuntungan.

Sebelum memulai magangnya, misalnya, perajin topeng seperti Prateep harus berkonsultasi dengan para pendeta Brahmana dan menjalani upacara untuk mendapatkan izin dari ilahi. Percaya atau tidak, jika dia tidak menjalankannya, dia dapat menjadi gila. Begitu izin tersebut didapatkan, gurunya akan membekalinya dengan sejumlah peralatan dasar untuk perdagangannya: kuas untuk melukis, cetakan batu pasir untuk membentuk hiasan topeng kecil, serta alat untuk menusuk lubang mata di topeng.

Prateep Rodpai sitting by a window in his Bangkok studio, with a partially completed mask and all his tools.

PowerShot G7X Mark II, lensa 8,8-36,8 mm, f/1,8, 8,80 mm, 1/500 dtk, ISO400

Foto pekerjaan yang masih dalam proses tentang proses pembuatan topeng– dengan sebagian topeng yang sudah jadi serta semua alat-alat seniman di meja kecil kerjanya di studio Bangkok.

Di belakang panggung, upacara sebelum pertunjukan wajib dilakukan bagi para penariuntuk mendapatkan berkah untuk memerankan tokoh mistis mereka; dan para tokoh tersebut harus bersedia meminta maaf andai pertunjukan mereka tidak sesuai harapan.

Bahkan, topeng yang rusak (tapi tetap disimpan), tetap ada ritualnya. Jika dia tidak membuat topeng itu sendiri, Prateep harus mendapatkan izin sebelum melakukan perbaikan apa pun pada topeng-topeng yang membawa wajah para dewa atau petapa.

The brushes used in painting Thai Khon masks on Prateep Rodpai’s small work table.

PowerShot G7X Mark II, lensa 8,8-36,8 mm, f/2,8, 22,67 mm, 1/80 dtk, ISO400

Alat-alat seni tampak dekat ini menunjukkan kuas usang dan noda cat yang mencerminkan penggunaan konstan dan karya seni yang berdedikasi selama bertahun-tahun.

Dengan rasa hormat yang begitu dalam terhadap kesenian ini, maka muncullah perlawanan keras terhadap upaya apa pun untuk mengubahnya.

Topeng-topeng Prateep hampir mirip dengan topeng-topeng yang diproduksi 100 tahun lalu lebih, di mana Tari Thai Khon adalah bentuk seni aristokrat yang ditampilkan secara eksklusif di istana kerajaan. Dia memiliki buku panduan dengan petunjuk yang sangat terperinci tentang pembuatan masing-masing ratusan topeng dalam pertunjukan Thai Khon, yang harus dia patuhi sebagaimana yang tertulis.

A golden mask of a giant character, characterised by its large fangs.

PowerShot G7X Mark II, lensa 8,8-36,8 mm, f/2,2, 8,80mm, 1/10 dtk, ISO500

Kami menyesuaikan lensa untuk fokus lebih tajam pada topeng tokoh raksasa ini dalam pertunjukan Thai Khon, yang ditandai dengan taringnya. Sebuah latar belakang yang kabur semakin menghadirkan detail tajam topeng tersebut.

Kepatuhan ketat terhadap tradisi ini tidak mengizinkan adanya variasi apa pun terhadap desain topeng. Saat diminta, Prateep menolak bahkan untuk sekadar mempertimbangkan pembuatan topeng Thai Khon yang menampilkan karakter yang tidak dijelaskan dalam buku panduannya.

Prateep Rodpai talking about his craft with one of his masks slightly out of focus in the foreground.

PowerShot G7X Mark II, lensa 8,8-36,8 mm, f/2,0, 10,58 mm, 1/200 dtk, ISO125

Dalam Mode Potret, kamera tersebut memilih bukaan yang besar dan kedalaman bidang yang sempit agar subjek tetap fokus sekaligus mengaburkan latar belakang dan – dalam hal ini – latar depan juga.

Meski kesenian tersebut memiliki para penjaga yang setia, namun topeng bukanlah industri yang populer. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah Thailand telah memacu kesadaran dan popularitas Topeng Thai Khon secara global, tetapi secara umum volume pesanan masih tetap rendah. Karena pasarnya tidak besar, kalangan seniman ahli seperti Prateep sangat protektif terhadap wawasan mereka – hanya mengajarkannya kepada kerabat dekat.

A golden Thai Khon mask showing a hermit character.

PowerShot G7X Mark II, lensa 8,8-36,8 mm, f/2,2, 12,76mm, 1/320 dtk, ISO800

Kami memilih ‘Kejelasan Super’ Filter Kreatif untuk menangkap semua detail dan ekspresi yang kaya yang membuat topeng petapa ini sangat jelas seperti nyata.

Hal ini mungkin telah memberi kontribusi terhadap persepsi bahwa ahli Topeng Thai Khon perlahan-lahan menghilang. Namun menurut Prateep, sebenarnya tidak ada kekurangan langsung dari pengrajin topeng muda yang dilatih untuk melakukan apa yang dia kerjakan. Mereka hanya tidak memiliki kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan mereka karena jumlah pesanan topeng yang rendah.

Jadi, mungkin kita tak perlu khawatir tentang kemungkinan ‘kepunahan’ orang-orang dengan keterampilan untuk membuat Topeng Thai Khon.

Prateep Rodpai poses with one of the many masks in his studio.

PowerShot G7X Mark II, lensa 8,8-36,8 mm, f/1,8, 8,80mm, 1/40 dtk, ISO800

Seniman yang bangga dikelilingi oleh karya besarnya. Topeng-topeng ini belum termasuk semua topeng yang dia miliki, tentu saja – dia memiliki studio utama yang jauh lebih besar di kotanya, sekitar 100 km dari Bangkok.

Topeng ini bukanlah mode yang melejit di layar dan gagal dengan cepat. Ini adalah bagian identitas Thailand yang ikonik, dan sudah ada dalam bentuk seni ceruk, skala kecil selama berabad-abad. Hari ini, Topeng Thai Khon memiliki individu bersemangat yang sungguh-sungguh mengabdikan dirinya untuk melestarikan Topeng Thai Khon persis seperti sebelumnya, dan penggemar baru dari seluruh dunia.

Oleh karena itu, kami tidak dapat membantu selain membagikan optimisme Prateep Rodpai bahwa kesenian Thailand ini – sangat mirip dengan tokoh ilahi yang dia begitu senang mengukir wajahnya – adalah karya yang akan hidup abadi.


Menerima update terbaru tentang berita fotografi, tips dan trik.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar sekarang!

Berbagi foto Anda di My Canon Story & berpeluang ditampilkan pada platform media sosial kami