Temukan yang Anda cari

atau cari melalui

topik

Article
Article

Article

e-Book
e-Book

e-Book

Video
Video

Video

Campaigns
Campaigns

Campaigns

Architecture
Kamera Saku

Kamera Saku

Architecture
DSLRs

DSLRs

Architecture
Videografi

Videografi

Architecture
Astrofotografi

Astrofotografi

Architecture
Tanpa Cermin

Tanpa Cermin

Architecture
Fotografi arsitektur

Fotografi arsitektur

Architecture
Teknologi Canon

Teknologi Canon

Architecture
Fotografi cahaya minimal

Fotografi cahaya minimal

Architecture
Wawancara fotografer

Wawancara fotografer

Architecture
Fotografi lanskap

Fotografi lanskap

Architecture
Fotografi makro

Fotografi makro

Architecture
Fotografi olahraga

Fotografi olahraga

Architecture
Fotografi Wisata

Fotografi Wisata

Architecture
Fotografi bawah air

Fotografi bawah air

Architecture
Konsep & Aplikasi Fotografi

Konsep & Aplikasi Fotografi

Architecture
Fotografi Jalanan

Fotografi Jalanan

Architecture
Kamera Mirrorless Full-frame

Kamera Mirrorless Full-frame

Architecture
Lensa & Aksesori

Lensa & Aksesori

Architecture
Nature & Wildlife Photography

Nature & Wildlife Photography

Architecture
Fotografi Potret Wajah

Fotografi Potret Wajah

Architecture
Fotografi Malam

Fotografi Malam

Architecture
Fotografi Hewan Piaraan

Fotografi Hewan Piaraan

Architecture
Solusi Pencetakan

Solusi Pencetakan

Architecture
Ulasan produk

Ulasan produk

Architecture
Fotografi Pernikahan

Fotografi Pernikahan

Produk >> Semua Produk

Ulasan EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM: Lensa Zoom Telefoto yang Ringkas dan Andal

2017-05-18
2
5.72 k
Dalam artikel ini:

Lensa yang layak membanggakan bobotnya yang begitu ringan, hanya 260g, EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM begitu kecil sehingga bisa dibawa di dalam saku Anda. Meskipun ukurannya ringkas, lensa ini dilengkapi dengan fitur IS dan mencakup kisaran panjang fokus 88 hingga 320mm dalam format 35mm. Berikut ini, mari kita cermati lensa ini lebih detail. (Dilaporkan oleh: Akiyo Ogawa, Yusuke Yuzawa)

 

Kemampuan penggambaran yang istimewa, ideal untuk fotografi hewan piaraan

Subjek foto saya kebanyakan hewan piaraan, dan karena itu, biasanya saya memanfaatkan lensa zoom telefoto 70-200mm untuk bidikan saya. Banyak yang mengira bahwa zoom telefoto tidak sesuai untuk memotret hewan piaraan, tetapi, mereka malahan membantu menciptakan efek yang menyenangkan dalam banyak cara. 
Satu efek semacam itu adalah efek bokeh yang bisa didapatkan pada panjang fokus telefoto. Ini khususnya penting bagi Anda apabila Anda menciptakan buram latar belakang, yang memiliki peran penting dalam menonjolkan subjek—dan karena itu, menampilkan hewan piaraan Anda yang tampak begitu menggemaskan! Dengan zoom telefoto, Anda juga dapat mengambil foto jarak jauh dari subjek, sehingga Anda bisa menangkap ekspresi hewan piaraan yang wajar tanpa mengganggunya.

Di sini, saya menguji EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM, lensa telefoto yang dirilis tahun 2014 dan didesain secara eksklusif untuk EOS seri M. Meskipun ukurannya ringkas, lensa ini menghasilkan performa penggambaran yang luar biasa dengan kejelasan yang istimewa, berkat desain optik presisi tinggi. yang dimilikinya. Elemen lensa asferis meniadakan distorsi dalam gambar, sedangkan elemen lensa UD bekerja untuk membatalkan secara efektif aberasi kromatik.

EOS M5/ EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM/ FL: 162mm (setara 259mm)/ Aperture-priority AE (f/6.3, 1/250 det., EV+1,0)/ ISO 6400/ WB: Auto

Apabila memotret hewan piaraan bersama beberapa benda kecil, yang penting adalah mencegah agar subjek tidak dibayangi oleh kehadiran berbagai benda ini. Untuk melakukannya, beri jarak yang cukup antara subjek dan latar belakang, lalu menangkap subjek sambil menciptakan buram latar belakang. Dalam bidikan ini, saya menggunakan mainan penggoda supaya sang kucing akan mengangkat kaki depannya.

 

EOS M5/ EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM/ FL: 200mm (setara 320mm)/ Aperture-priority AE (f/6.3, 1/320 det., EV+1,0)/ ISO 8000/ WB: Manual (4800K)

Saya menutupi kursi bayi menggunakan penutup multiguna dengan pola kotak-kotak, dan mengambil bidikan ini dengan bantuan seorang asisten yang berupaya menarik perhatian subjek dengan mainan penggoda.

 

EOS M5/ EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM/ FL: 55mm (setara 88mm)/ Aperture-priority AE (f/4.5, 1/800 det., EV+0,3)/ ISO 400/ WB: Auto

Bidikan hewan piaraan yang diambil di rumah bisa agak monoton. Namun demikian, Anda bisa menambahkan variasi ke teknik Anda dengan sedikit menyiasatinya. Saya mengambil bidikan ini dengan menghamparkan seprai berpola bintang ukuran 1m x 1m di lantai. Walaupun seprai tersebut tidak terlalu besar, namun, dengan memilih sudut tinggi, saya dapat mencakup seluruh komposisi dengan bintang, bahkan pada panjang fokus 55mm.

 

Saran: Menangkap secara close-up pemandangan area yang ingin Anda tampilkan

Lensa telefoto juga akan praktis apabila Anda tidak tahu bagaimana seharusnya menangani latar belakang sewaktu menyusun bidikan. Dalam dua contoh di bawah, kedua bidikan diambil dengan menggunakan wallpaper dengan warna dasar putih, dan lebar latar belakang 1m. Area di sekeliling wallpaper sangat gelap, dan semua ini akan ditangkap dalam gambar seandainya saya menggunakan lensa standar. Namun demikian, dengan menggunakan lensa telefoto, saya dapat membingkai bidikan, sehingga hanya area dalam cakupan lebar 1m dari wallpaper yang ditangkap, sehingga menciptakan latar belakang yang cerah.

 

Pada panjang fokus 200mm

EOS M5/ EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM/ FL: 200mm (setara 320mm)/ Aperture-priority AE (f/6.3, 1/800 det., EV+1)/ ISO 8000/ WB: Manual

Bidikan close-up wajah kucing pada panjang fokus 200mm. Efek bokeh yang merupakan karakteristik lensa telefoto, juga tercipta, yang menambah sentuhan bulu halus dan lembut ke gambar.

 

Pada panjang fokus 124mm

EOS M5/ EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM/ FL: 124mm (setara 198mm)/ Aperture-priority AE (f/5.6, 1/500 det., EV+1)/ ISO 5000/ WB: Manual

Dalam contoh ini, saya menggunakan panjang fokus 124mm untuk menyertakan sebagian benda kecil, sekaligus mempertahankan keseimbangan yang baik dalam komposisi. Dengan komposisi seperti ini, lilitan syal sekaligus dapat menambahkan sentuhan hangat ke gambar.

 

Gunakan panjang fokus telefoto untuk menciptakan efek bokeh

EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM juga mendukung fokus manual (MF) full-time, sehingga Anda bisa secara cepat beralih dari AF ke MF dan dengan mudah menyesuaikan fokus. Keuntungan terbesar fitur ini yaitu, saya bisa mengeluarkan kamera dari tas dan menangkap bidikan cepat, meskipun saya sedang bepergian, dan menukar lensa pun bisa juga dilakukan dengan sangat mudah.

Anda juga bisa menggunakan lensa dengan kamera EOS seri M dengan memasang adaptor dudukan, tetapi jika ini adalah pertama kali Anda menggunakan lensa telefoto, memiliki EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM merupakan pilihan yang bagus. Untuk efek bokeh paling indah, gunakan ini pada panjang fokus terpanjang—ujung 200mm. Dengan aperture maksimum f/6.3, Anda tidak perlu cemas mengenai pengaturan kecepatan rana, khususnya jika menggunakan lensa dengan EOS M5 yang memiliki kisaran kecepatan ISO standar yang bisa ditingkatkan hingga 25600.

Saya tidak meragukan, bahwa inilah lensa zoom telefoto yang akan membuat pengalaman fotografi Anda lebih asyik dan menyenangkan. Jika Anda sering membawa kamera ke mana-mana, Anda bisa juga mempertimbangkan untuk memiliki tudung lensa (dijual terpisah) bersama dengan EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM.

 

Lens Hood ET-54B

 

Spesifikasi

A: Lensa Asferis
B: Unit IS

Panjang fokus setara 35mm: 88-320mm
Konstruksi lensa: 17 elemen dalam 11 kelompok
Jarak pemfokusan terdekat: 1m
Pembesaran Maksimum: 0,21x
Diameter filter: φ52mm
Ukuran: kira-kira φ60,9 × 86,5mm (maksimum)
Bobot: kira-kira 260g

 

Untuk gagasan lainnya mengenai memotret hewan, bacalah:
3 Gagasan untuk foto Kucing yang Lucu
2 Gagasan untuk Foto Kelinci yang Lucu
7 Saran Berguna untuk Mengambil Foto di Kebun Binatang dengan Kamera Mirrorless/DSLR
Bagaimanakah Memotret Hewan Kecil dengan Latar Belakang yang Ramai Tapi Indah?

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

Mengenai Penulis

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Akiyo Ogawa

Lahir di Saitama Prefecture pada tahun 1980. Akyo adalah seorang fotografer hewan piaraan yang telah mendapatkan banyak kualifikasi terkait hewan, termasuk persyaratan untuk memangkas bulu dan pelatih anjing. Pada saat ini, ia aktif sebagai pengajar kelas fotografi, pemimpin redaksi majalah hewan piaraan, dan direktur program hewan piaraan.

Yusuke Yuzawa

Lahir di Tokyo pada tahun 1980. Yusuke adalah seorang fotografer hewan piaraan yang mengambil foto, lebih dari 500 hewan piaraan per bulan. Pada saat ini ia adalah pengajar fotografi hewan piaraan dan fotografer untuk sampul serta gravure majalah. Ia juga terlibat dalam penulisan naskah dan tampil di sejumlah program tentang hewan piaraan.

Berbagi foto Anda di My Canon Story & berpeluang ditampilkan pada platform media sosial kami