Produk

3 Keunggulan Menarik EOS M6

Kamera mirrorless (nircermin) termutakhir dari Canon, EOS M6, tidak hanya layak membanggakan performa dasar yang sudah lebih sempurna, tetapi juga terdapat berbagai fitur pemotretan yang membantu memenuhi maksud pemotretan sang fotografer. Mari kita cermati 3 fitur dahsyat yang merupakan intinya: (Dilaporkan oleh: Sayaka Suzuki)

EOS M6

 

1. Sensor gambar

Pokoknya, EOS M6 memang kecil, namun ini adalah kamera berperforma tinggi. Kamera ini dilengkapi dengan sensor ukuran APS-C dan Dual Pixel CMOS AF, dengan jumlah piksel efektif 24,2 megapiksel.

Layar menu EOS M6

 

Dengan DIGIC 7 sebagai prosesor gambarnya, EOS M6 menghasilkan kualitas gambar yang memungkinkan Anda menikmati cetakan ukuran besar dan menayangkan gambar Anda pada layar besar. Meskipun eksteriornya sudah tidak asing lagi, namun performa pemotretan kamera yang sudah lebih baik, memberikan kesan keunggulan yang hanya bisa Anda alami sendiri.

DIGIC 7

EOS M6 (dibidik pada ISO 3200)

EOS M6/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/ FL: 24mm/ Aperture-priority AE (f/8, 0,8det., EV+0,7)/ ISO 3200/ WB: Manual
Hal menarik yang sudah berkembang pesat, tentu saja prosesor gambar DIGIC 7, memungkinkan pemotretan gambar yang serba indah pada kecepatan ISO tinggi dengan noise minimal.

 

Kisaran kecepatan ISO normal, dari ISO 100 hingga 25600. Fakta bahwa kisarannya begitu luas, berarti Anda bisa membidik dengan menggunakan nilai yang dianggap sebagai "kecepatan ISO tinggi", dan baru belakangan ini tidak tersedia, kecuali pada kamera yang lebih canggih. Sungguh melegakan bahwa ada potensi untuk perbaikan yang melampaui kecepatan ISO yang selama ini digunakan.

Klik di sini untuk membaca selengkapnya tentang kecepatan ISO dan bagaimana hal ini memengaruhi foto Anda:
Dasar-Dasar Kamera #5: ISO Speed

Layar menu EOS M6

Contoh gambar EOS M6 (dibidik pada ISO 12800)

EOS M6/EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/ FL: 15mm/ Aperture-priority AE (f/8, 1/100det., EV±0)/ ISO 12800/ WB: Auto

 

2. Sistem AF

Fitur yang paling penting pada EOS M6 yaitu, sistem Dual Pixel CMOS AF, yang memungkinkan pemfokusan yang stabil pada kecepatan tinggi bagaimana pun kondisi pemotretannya. Hal ini juga tersedia pada model unggulan seri EOS, EOS-1D X Mark II.

Dual Pixel CMOS AF terdiri atas sensor yang memuat 24,2 juta piksel, dan masing-masing piksel terdiri atas dua fotodioda yang terpisah. Piksel pada sensor, tidak hanya untuk penggambaran, tetapi juga berfungsi sebagai sensor AF pendeteksian perbedaan fase. Mekanisme kepemilikan dari Canon memungkinkan pemfokusan kecepatan tinggi yang bahkan bisa menangkap subjek yang bergerak cepat, serta subjek yang memiliki nada warna yang sulit dideteksi.

Dual Pixel CMOS AF

Terlebih lagi, dengan Dual Pixel CMOS AF, AF diaktifkan di seluruh bingkai, kira-kira 80% x 80% (horizontal x vertikal). Fitur canggih ini dikemas ke dalam bodi kecil EOS M6.

 

Sedangkan untuk metode autofocus (AF), selain "Face + Tracking" dan "1-point AF" yang tersedia pada model terdahulu, "Smooth Zone AF" (cocok untuk digunakan dengan subjek yang bergerak cepat dan tidak terduga), yang pertama kali ditambahkan pada EOS M5, ini juga tersedia.

 

3. Fungsi nirkabel

Dukungan untuk media sosial pun sudah dipertimbangkan, sehingga kamera bisa disandingkan dengan smartphone, menggunakan Wi-Fi dan Bluetooth, selain yang kompatibel dengan NFC. Fitur ini memudahkan transfer foto yang diambil pada EOS M6 ke smartphone untuk diunggah ke media sosial. (Bacalah selengkapnya mengenai fitur Wi-Fi di sini.) Untuk transmisi data, ini memerlukan penginstalan aplikasi Camera Connect khusus pada smartphone Anda, yang juga memungkinkan Anda melakukan pemotretan jarak jauh.

Berikut ini sebagian gagasan dan saran untuk menggunakan fitur Wi-Fi:
Cara Asyik Menggunakan Wi-Fi Kamera Anda (Bagian 2): Contoh Nyata
6 Saran Berguna untuk Pemotretan Jarak Jauh melalui Wi-Fi dengan Aplikasi Camera Connect

Layar menu EOS M6

Layar menu Camera Connect

Melihat fitur yang tersedia pada EOS M6, tampaknya era fotografer profesional yang menggunakan kamera mirrorless kini sudah hadir. Semua teknologi yang diperlukan untuk kamera, dikemas ke dalam kamera dan lensa ukuran kecil ini, sehingga EOS M6 merupakan semacam kamera yang siapa pun ingin membawanya, saat mereka berkeliling dunia.

Ingin tahu selengkapnya mengenai kamera ini? Baca yang berikut ini:
5 Fitur Utama EOS M6
Dalam Fokus: EOS M6

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Digital Camera Watch

Menyampaikan berita harian yang terkait topik,misalnya tentang kamera digital dan perangkat periferal, serta perangkat lunak imaging. Juga menerbitkan berbagai artikel, seperti ulasan tentang penggunaan model kamera digital yang sesungguhnya, dan sampel foto yang diambil dengan menggunakan model baru.

http://dc.watch.impress.co.jp/

Sayaka Suzuki

Setelah lulus dari Fakultas Desain di Tokyo University of Art and Design, Suzuki mulai bekerja di perusahaan pembuatan video. Ia juga magang di bawah arahan produser Tan Hakata Setelah belajar mengenai pembuatan video dan editing, ia magang ke fotografer Shin Yamagishi, kemudian mulai bekerja mandiri pada bulan Februari 2012. Saat ini, selain majalah-foto, ia telah mengembangkan cakupan aktivitasnya terutama meliputi sampul CD, foto iklan, dan fotografi video, dan sebagainya.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.