Produk

5 Alasan Mengapa EOS 5D Mark IV Hebat untuk Memotret Bentangan Laut

EOS 5D Mark IV, dengan kemampuan pemotretan serba bisa dan canggih, kisaran dinamis dan mobilitasnya yang tinggi, terbukti merupakan pendamping tepercaya untuk memotret bentangan laut. Bacalah terus untuk mengetahui lebih lanjut, mengapa para fotografer bentangan laut sebaiknya menjadikan kamera ini sebagai pilihan mereka. (Dilaporkan oleh: Minefuyu Yamashita)

 

Alasan 1: Dengan resolusi kira-kira 30,4MP dan kecepatan pemotretan beruntun 7 fps, Anda dapat menggambarkan bentuk ombak secara tajam

Pada EOS 5D Mark IV, pemotretan beruntun dimungkinkan pada 7 frames per second (fps) dan pada resolusi gambar kira-kira 30,4 megapiksel. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh bidikan yang bening dan indah dari objek yang bergerak cepat, seperti ombak yang satu ini, hingga ke percikannya.


Gunakan pemotretan beruntun yang dikombinasikan dengan kecepatan rana cepat untuk mendapatkan hasil terbaik! Untuk saran lainnya mengenai cara menangkap ombak, bacalah:
Panduan Langkah-demi-Langkah untuk Menangkap Percikan Ombak pada Pengaturan Fast Shutter Speed

 

EOS 5D Mark IV/ EF8-15mm f/4L Fisheye USM/ FL: 15mm/ Aperture-Priority AE (f/9, 1/1.000 det., EV±0)/ ISO 200/ WB: Daylight
Ombak yang sebelumnya ditangkap pada pemotretan tunggal. 5D Mark IV layak membanggakan kecepatan pemotretan beruntun hingga 7 fps, sehingga Anda bisa secara nyaman menangkap perubahan puncak ombak.

 

Alasan 2: Dengan kecepatan ISO tinggi yang memungkinkan, Anda dapat menangkap tekstur ombak di malam hari seperti yang Anda bayangkan

Sewaktu berjalan di sepanjang pantai berpasir pada malam bulan purnama, saya selalu terkesan oleh dunia malam yang cemerlang. Biasanya, saat bulan purnama, perlu menggunakan waktu pencahayaan yang lebih lama agar dapat mengekspresikan suasana bentangan malam sekaligus menekan noise, yang berarti bahwa, ombak dan permukaan laut yang berkilauan ditimpa cahaya bulan, tidak akan muncul dalam bidikan saya. Namun demikian, EOS 5D Mark IV, dengan kecepatan ISO superior tinggi, memungkinkan Anda menyesuaikan kecepatan rana sedemikian rupa sehingga bidikan yang Anda ambil di bawah cahaya bulan akan tampak seakan foto itu diambil di bawah cahaya matahari pada siang hari. Fitur ini tentu saja memiliki dampak yang sangat besar dan membuka sekian banyak kemungkinan untuk ekspresi artistik yang baru.

EOS 5D Mark IV/ EF11-24mm f/4L USM/ FL: 11mm/ Aperture-priority AE (f/5.6, 3,2 det. EV+2,0)/ ISO 4000/ WB: Tungsten Light
Diambil pada malam bulan purnama, sekaligus memastikan bahwa tekstur ombak dan permukaan lautnya pun tertangkap. Untuk bidikan ini, saya memilih ISO 4000, tetapi secara pribadi, menurut saya akan lebih bagus menggunakan antara ISO 6400 hingga ISO 12800, karena noise tidak akan menimbulkan masalah.

 

Alasan 3: Dengan kisaran dinamis yang luas, bahkan lanskap yang sangat kontras pun bisa digambarkan secara indah

Satu hal yang mengesankan saya ketika menggunakan EOS 5D Mark IV, yaitu kisaran dinamis yang luas. Bahkan dalam bidikan dengan cahaya latar yang intens, area di sekeliling yang disorot sinar matahari terhubung ke langit biru dengan nada warna lembut dan natural, tanpa menghitamkan area yang teduh. Selama pemrosesan gambar RAW, saya kaget, bahwa ternyata, setelah men-zoom pada area teduh sampai ekstrem, hanya ada sedikit noise dan rincian halus tetap terlihat di area yang gelap.

Warna yang dihasilkan oleh EOS 5D Mark IV, dibuat untuk gambar yang menyampaikan ketenangan yang mendalam. Hal ini, diiringi dengan kisaran dinamis luas serta kualitas gambar berdefinisi tinggi, memungkinkan saya menggambarkan suasana yang lebih mendekati yang saya lihat secara kasat mata. Apabila menyangkut soal fotografi bentangan laut, maka, manfaat yang diperoleh dari peningkatan kisaran dinamis sangat signifikan, membakar hasrat saya untuk mencoba cara penggambaran baru, bahkan dalam pemandangan yang sangat kontras secara berlebihan di bawah sinar matahari yang terang-benderang.

EOS 5D Mark IV/ EF11-24mm f/4L USM/ FL: 11mm/ Aperture-priority AE (f/16, 1/250 det., EV-1,0)/ ISO 200/ WB: Cloudy
Foto pemandangan yang sulit diabadikan, dengan kontras yang kuat. Saya mengambil bidikan yang mempertahankan kilauan laut dan nada warna langit, tanpa menggelapkan area yang teduh, yang terbentuk oleh batu karang.

 

Alasan 4: GPS built-in membuatnya sangat mudah untuk melacak lokasi pemotretan Anda, bahkan di laut

Karena tidak ada patokan apa pun ketika memotret di laut, di waktu lalu, sulit mengingat kembali lokasi pemotretan Anda. Namun demikian, sebagai kamera pertama dalam seri EOS 5D yang dilengkapi dengan GPS built-in, dengan kamera 5D Mark IV, Anda bisa menambahkan informasi lokasi ke data gambar. Dan, apabila Anda memilih gambar tersebut dalam perangkat lunak Map Utility yang disertakan, lokasi pemotretan Anda akan ditampilkan pada peta. Rangkaian pengoperasian seperti itu sangat sederhana, Anda hanya perlu mengamati pemakaian baterai, dan Anda bisa mencurahkan perhatian Anda sepenuhnya untuk pemotretan sepanjang waktu.

EOS 5D Mark IV/ EF16-35mm f/2.8L II USM/ FL: 20mm/ Aperture-priority AE (f/11, 1/200 det., EV±0)/ ISO 200/ WB: Auto
Diambil di sebelah utara pulau terpencil yang berpasir putih. Pada peta, informasi lokasi bidikan ini bisa dibedakan dari informasi lokasi bidikan yang diambil di sebelah selatan pulau kecil ini, yang tentu saja membuat saya tenang, karena sekarang saya bisa memutuskan lokasi pemotretan, bahkan di pemandangan yang tidak ada patokannya.

 

Lokasi pemotretan dapat cepat dikenali
Apabila melakukan pemotretan sewaktu bepergian di atas kapal laut, di waktu lalu, sulit untuk secara akurat memastikan lokasi pemotretan Anda, tapi, berkat GPS built-in, sekarang hal itu bukan lagi masalah. Saya amat sangat bersyukur adanya fitur ini, karena saya dapat merekam pergerakan saya tanpa harus memikirkannya saat saya bepergian membawa kamera saya.

 

Alasan 5: Fokus setajam jarum bisa didapatkan tanpa hambatan dengan AF Sentuh, bahkan dalam situasi yang dulu sulit untuk difokuskan

Panel sentuh pada monitor LCD belakang memungkinkan Anda secara langsung dan cepat menyesuaikan fokus ketika dalam Live View. Fokus otomatis (AF) pendeteksian perbedaan fase bidang gambar mendukung AF pada seluruh area yang luas, yang mencakup sekitar 80 persen layar melalui penggunaan Dual Pixel CMOS AF, yang memberikan performa AF yang bahkan lebih cepat daripada AF kontras. Fotografi di luar ruangan selalu melibatkan pergerakan sesuatu, karena faktor angin dan angin, yang berarti, Anda harus bergerak cepat untuk menangkap momen sempurna dalam foto.  AF Sentuh membantu Anda untuk secara cepat memfokus, supaya bisa melepaskan rana dengan lebih cepat. 

EOS 5D Mark IV/ EF24-70mm f/2.8L II USM/ FL: 70mm/ Aperture-priority AE (f/2.8, 1/320 det., EV+0,3)/ ISO 400/ WB: Daylight
Saya menyentuh layar untuk memfokuskan pada benang sari bunga sepatu yang mengapung di air. Dulu, saya harus menggunakan bingkai pembesar titik yang saya tuju. Namun demikian, sekarang saya bisa melewatkan langkah ini dan langsung membidik secara cepat pada subjeknya, meskipun subjek sedikit bergerak.

 

Memilih titik AF hampir seketika
Apabila menggunakan AF dalam Live View, Anda bisa memfokuskan di mana saja dalam kisaran, tanpa menghiraukan lokasi titik AF. Apabila menggunakan AF dalam viewfinder, manfaat terbesarnya yaitu, dapat mudah memfokus hanya dengan menyentuh layar, bahkan pada titik yang berada di luar kisaran.

 

Untuk selengkapnya tentang bagaimana performa EOS 5D Mark IV dalam fotografi lanskap, silakan baca:
5 Alasan Mengapa EOS 5D Mark IV Ideal untuk Fotografi Lanskap

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

 

EF8-15mm f/4L Fisheye USM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

EF24-70mm f/2.8L II USM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

 

EF16-35mm f/2.8L II USM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

Minefuyu Yamashita

 

Lahir pada tahun 1979 di Aichi. Setelah mendapatkan pengalaman kerja sebagai perancang interior dan grafis, Yamashita menjadi fotografer independen pada tahun 2011. Karyanya sudah digunakan di banyak kalender.

http://www.minefuyu-yamashita.com

 

Digital Camera Magazine

 

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.