Produk

Fitur Berlimpah, Gaya Yang Khas…PowerShot G5 X Memiliki Semuanya!

PowerShot G5 X telah hadir di pasar! Dengan electronic viewfinder (EVF) high definition 2,36 juta dot dan desain yang memancarkan kesan cerdas, aura profesional DSLR, kamera ini telah menghimpun perhatian, tidak saja dari para pengguna yang menginginkan kamera klasik, tetapi juga dari para penggemar fashion yang mencari kamera khas yang sesuai dengan gaya hidup mereka. Saya berhasil mendapatkan kamera ini, dan berikut adalah laporan saya mengenai apa yang saya rasakan tentang pengoperasian kamera yang sesungguhnya. (Dilaporkan oleh Koichi Isomura)

Halaman: 1 2 3

Keseriusannya, penampilan mirip DSLR profesional dan antarmuka yang sangat menawan

PowerShot G5 X baru ini dianggap sebagai kamera seri premium dalam jajaran kamera saku Canon. Dilengkapi dengan EVF, menggunakan sensor CMOS sinar latar tipe 1,0 inci (dianggap besar untuk kamera saku digital) dan didorong oleh prosesor gambar DIGIC 6. Meskipun jumlah piksel efektif sebanyak 20,2 megapiksel, sama seperti jumlah piksel PowerShot G9 X, yang dirilis pada waktu yang sama, tapi PowerShot G9 X tidak memiliki EVF.

Secara visual, G5 X terlihat seperti DSLR mini. Selain memiliki “pentaprism section” (bagian pentaprisma) yang mirip dengan yang dimiliki DSLR, kamera ini bahkan memiliki logo Canon, persis seperti pada DSLR dalam seri EOS Canon.

Kamera DSLR cenderung agak terlalu besar untuk muat dalam genggaman tangan wanita, sedangkan G5 X, memiliki ukuran yang pas. Tidak hanya itu, kamera ini juga memiliki desain klasik, yang mungkin akan menawan bagi para pengguna yang peduli tentang penampilan kamera.

Dimensinya (mematuhi standar CIPA) yaitu, 112,4 × 76,4 × 44.2mm Dengan bobot 377g, termasuk paket baterai dan kartu memori, kamera ini sedikit lebih besar dan berat daripada rata-rata kamera saku digital. Namun demikian, para pengguna seperti penulis ini yang menggunakan DSLR sehari-hari, kemungkinan besar akan berpendapat, bahwa, meskipun G5 X menyerupai DSLR dari segi penampilan, namun terasa amat sangat ringkas dan ringan jika dibandingkan.

Desain kotak memberikan kesan klasik pada G5 X. Ada dial di depan, tepat di atas pegangan tangan kanan dan cincin kontrol besar pada alas lensa.

Belakang kamera. Layar 1,04 juta dot, LCD vari-angle berwarna TFT tipe 3,0 inci. Tombol kontrol semuanya ada di sisi kanan layar untuk pengoperasian yang lebih nyaman dengan ibu jari kanan. Juga terdapat dial kontrol dekat tombol arah Up-Down-Left-Right (Atas-Bawah-Kiri-Kanan) dan tombol SET. Pegangan ibu jari telah didesain lebih besar agar genggamannya lebih mantap.

Terminal sakelar jarak jauh (yang memungkinkan Anda menggunakan Remote Switch RS-60E3, sama seperti pada kamera EOS), terminal DIGITAL (Micro-B) dan konektor HDMI tipe D, semuanya terletak di dalam tutup karet di sisi kanan kamera. Di bawah semua itu, Anda juga akan menemukan tombol Mobile Device Connection (Koneksi Perangkat Mobile), yang menjalankan Wi-Fi terpasang hanya dengan sekali sentuh.

Speaker ada di sisi kiri kamera, sedangkan dial penyesuaian diopter ada di sisi kiri viewfinder.

Kontrol di bagian atas kamera mengikuti tata letak yang sederhana, dengan dial mode besar serta dial kompensasi pencahayaan ditempatkan saling berjauhan. Tombol power (daya), tombol rana dan tuas zoom juga terletak di bagian atas. Lihat secara dekat “pentaprism section” (bagian pentaprisma) kiri serta kanan, dan Anda akan dapat melihat lubang mikrofon kecil pada masing-masing sisinya.

Tutup kartu memori/baterai dan soket tripod terletak di alas kamera. Apabila menggunakan NFC untuk menghubungkan ke perangkat yang kompatibel, pastikan untuk menyentuhkan N-Mark, juga terletak di alas kamera, ke perangkat lainnya.

Lensa zoom 4,2x zoom yang digunakan pada G5 X terdiri atas 11 elemen dalam 9 kelompok, dan menyertakan 1 elemen lensa asferis sisi ganda, 1 elemen lensa asferis sisi tunggal, dan 1 lensa UD. Dengan memanfaatkan sistem pemfokusan di dalam, lensa ini memiliki panjang fokus setara dengan film 35mm sebesar 24 – 100mm, dengan aperture cerah f/1.8 (ujung sudut lebar) dan f/2.8 (ujung telefoto). Image Stabilizer (Penstabil Gambar) optik menekan efek goyangan kamera hingga setara dengan 3 shutter speed stop pada ujung telefoto.

  1. Mematikan Lensa sepenuhnya ditarik masuk dan ditutup.
  2. Menyalakan Pada ujung sudut lebar (24mm pada kesetaraan film 35mm).
  3. Menyalakan Pada ujung sudut telefoto (100mm pada kesetaraan film 35mm).

Dial yang dapat dioperasikan sangat mulus dan EVF high-definition—cocok untuk pemotretan yang serius

Dengan disertakannya berbagai macam dial dan kontrol, PowerShot G5 X mewujudkan tingkat operabilitas yang tinggi. Contohnya, dial kontrol di bagian belakang kamera memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan kamera dengan ibu jari sementara mata Anda tetap pada subjek melalui EVF. Anda juga dapat menentukan ulang berbagai fungsi dial sesuai preferensi Anda. Penulis ini, menentukan ulang fungsi kontrol langkah zoom ke cincin kontrol pada alas lensa.

Lampu kilat terpasang diangkat secara manual. Kisaran lampu kilat, 50cm – 7m pada ujung sudut lebar, dan 50cm – 4m pada ujung telefoto. Angka panduan belum diterbitkan.

Karena tutup baterai/kartu memori terbuka ke arah bodi kamera, Anda perlu melepaskan tripod dan/atau melepaskan tali kamera yang menggantung dari soket sebelum mengganti baterai/kartu memori. Kamera menggunakan Battery Pack NB-12L, yang kompatibel dengan kartu memori SDXC/SDHC/SD, dan mendukung UHS-1.

EVF menggunakan layar LED (OLED) high-definition 2,36 juta dot, tipe 0,39 inci. Dengan titik mata 22mm, bahkan mereka yang memakai kacamata sekalipun akan dapat melihat subjek di viewfinder tanpa vignetting (bayangan hitam di sudut foto) apa pun. Layar belakang memiliki sensor mata terpasang yang memungkinkan tampilan beralih secara otomatis, antara layar dan EVF.
Persis seperti DSLR EOS, Speedlite dapat dipasang pada hot shoe. Penggunaan pengendali lampu kilat radio nirkabel, seperti Speedlite Transmitter ST-E3-RT, juga dimungkinkan.

Tanpa menghiraukan cara memegang kamera, apakah vertikal atau horizontal, tampilan EVF dapat ditetapkan untuk berputar agar sesuai dengan arah kamera. Warna pada layar terlihat jelas dan tidak menunjukkan pecahan. Ketika menggoyangkan kamera sewaktu menggunakan frame rate pengaturan awal, saya merasa bahwa EVF agak sedikit tersendat. Pengguna yang terganggu oleh hal tersebut, dapat memilih [Display Priority]-[Smooth] di bawah menu Display Mode (Mode Tampilan) untuk penampilan yang lebih mulus, baik pada EVF maupun pada layar tampilan belakang. Anda juga dapat menetapkan [VF display] ke [Fast].

Tampilan EVF ketika memotret pada arah horizontal.

Tampilan EVF ketika memotret pada arah vertikal.

Layar tampilan belakang terdiri atas monitor LCD warna vari-angle TFT 1,04 juta dot tipe 3,0 inci, yang sangat nyaman untuk pemotretan dari sudut tinggi maupun sudut rendah. Kamera ini juga mudah digunakan untuk pemotretan pada arah vertikal. Karena memiliki layar sentuh, Anda dapat melaksanakan berbagai fungsi, seperti pemfokusan dan pelepasan rana dengan mengetuk area yang sesuai.

Mengambil foto selfie juga mudah jika Anda menggunakan monitor vari-angle dan fungsi Touch Shutter (Rana Sentuh). Selain itu, juga ada mode pemandangan Self Portrait (Potret Diri), yang bahkan memungkinkan Anda untuk menerapkan efek pemulusan kulit ke foto Anda.

Halaman: 1 2 3

Menu EOS-style; kompatibel dengan pengisian USB

Desain dan urutan menu pada G5 X mirip dengan DSLR EOS, jadi pengoperasiannya akan sangat akrab bagi pengguna DSLR EOS.

Tampilan EVF ketika memotret pada arah vertikal.

Layar LCD selama pemotretan mode Auto, dengan kisi-kisi dan electronic level (timbangan datar elektronik) pada tampilan.

Layar pemilihan format file rekaman. Anda dapat merekam dalam format RAW hanya dalam mode P, Av, Tv, M dan C.

PowerShot G5 X dapat diisi melalui USB. Tancapkan ujung kabel USB yang lebih kecil (dijual terpisah) ke dalam terminal DIGITAL, lalu hubungkan ujung satunya lagi ke terminal USB komputer atau ke dalam adaptor sumber USB, dan Anda akan dapat mengisi paket baterai sewaktu baterai ada di dalam kamera. Ini memang merupakan fitur yang sangat nyaman apabila Anda sedang di perjalanan, khususnya, karena titik pengisian USB muncul di semakin banyak tempat, seperti di kafe dan ruang tunggu bandara.

Kamera dilengkapi dengan pengisi baterai, yang sepenuhnya mengisi baterai lebih cepat daripada pengisian USB.

Kamera dapat diisi melalui kabel USB. Aksesori Canon asli, Interface Cable IFC-600PCU, tersedia, tetapi saya berhasil mengisi kamera dengan menggunakan kabel USB mikro, seperti pada foto ini, yang kebetulan saya memilikinya.

Transfer video dan foto melalui Wi-Fi

PowerShot G5 X dilengkapi dengan Wi-Fi, memungkinkan koneksi nirkabel ke perangkat yang kompatibel. Kamera ini juga kompatibel dengan NFD, yang memungkinkan Anda menghubung dan mentransfer data, tidak hanya ke smartphone, tetapi juga ke perangkat penyimpanan Connect Station CS100 Canon, semuanya dengan sekali menyentuh tombol. Anda juga dapat menghubung ke Internet melalui titik akses Wi-Fi dan mengunggah foto Anda ke SNS dan layanan penyimpanan Cloud.

Tombol Mobile Device Connection (Koneksi Perangkat Mobile) memungkinkan Anda menghubung ke smartphone melalui Wi-Fi. Pertama, instal aplikasi Camera Connect khusus ini pada smartphone dan aplikasi ini akan mulai dijalankan saat Anda menekan tombol di waktu berikutnya, sehingga menyediakan cara yang cepat dan nyaman untuk terhubung melalui Wi-Fi.

Anda bisa mengoperasikan PowerShot G5 X jarak jauh dari smartphone. Gambar Live View ditampilkan, dan Anda dapat menyesuaikan pengaturan pencahayaan, zoom, AF dan kecepatan rana dengan menggunakan pengoperasian layar sentuh smartphone. Namun demikian, harap diperhatikan bahwa pemotretan Live View yang ditampilkan pada ponsel Anda tidak akan berubah kecerahannya untuk mencerminkan penyesuaian pada pengaturan kompensasi pencahayaan.

Fitur Creative Shot (Bidikan Kreatif) yang menyenangkan ini membuat Anda sigap dan memperhatikan foto-foto baru

Salah satu hal menyenangkan, dalam mode pemotretan yang menonjol pada PowerShot G5 X adalah mode Creative Shot (Bidikan Kreatif) PowerShot N2 bentuk kotak yang menawan mata ini juga dilengkapi mode yang secara otomatis membuat dan merekam beberapa versi bidikan dengan efek filter artistik yang diterapkan pada bidikan tersebut.

Apabila Anda mengarahkan PowerShot G5 X ke subjek fotografis dan menekan tombol rana, kamera secara otomatis menganalisis dan mengubah komposisi, warna dan cahaya dalam foto, membuat dan menyimpan 5 versi bidikan dengan efek berbeda yang diterapkan pada masing-masing bidikan, selain gambar aslinya.

Beberapa contoh Creative Shot (Bidikan Kreatif) ditunjukkan di bawah. Semua gambar ini sudah secara otomatis diubah komposisinya, warna dan cahayanya oleh kamera, yang bahkan telah memotong dan mengubah rasio aspek beberapa gambar tersebut. Gambar yang pertama adalah gambar aslinya.

Pada awalnya, saya belum terlalu biasa dengan gambar yang dihasilkan oleh mode ini, dan bagi saya sungguh aneh. Tapi setelah berjalan beberapa lama, saya menyadari bahwa sesungguhnya hal tersebut cukup menarik, tepatnya, karena saya belum tentu akan memilih sendiri efek-efek itu.

Pokoknya, PowerShot G5 X adalah kamera saku yang memiliki gaya DSLR. Pada kenyataannya, para pengguna DSLR akan menemukan banyak sekali hal yang sudah akrab, dari penampilan fisiknya hingga interface pengguna.

Koichi Isomura

Lahir pada tahun 1967 di Prefektur Fukuoka. Ia lulus dari sekolah kejuruan untuk fotografi di Tokyo dan menjadi fotografer independen setelah bekerja di perusahaan produksi periklanan. Ia membidik beragam luas subjek, dari orang hingga produk, arsitektur, teater, dll. Dalam beberapa tahun baru-baru ini, ia telah mengadakan pameran di berbagai tempat dengan fokus pada tema alam dan aktivitas manusia.

Digital Camera Watch

Menyampaikan berita harian yang terkait topik,misalnya tentang kamera digital dan perangkat periferal, serta perangkat lunak imaging. Juga menerbitkan berbagai artikel, seperti ulasan tentang penggunaan model kamera digital yang sesungguhnya, dan sampel foto yang diambil dengan menggunakan model baru.

http://dc.watch.impress.co.jp/

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.