Tips & Tutorials

Menambahkan Individualitas ke Foto Anda dengan Lensa Wide-angle

Dengan menggunakan lensa wide-angle Anda dapat menangkap pemandangan yang lebar pada foto Anda. Namun demikian, ini bukan satu-satunya properti yang mencirikan lensa wide-angle. Anda juga dapat menggunakannya untuk menciptakan efek kelainan bentuk yang mendistorsi bentuk subjeknya. Dengan memanfaatkan efek ini, Anda akan mampu meningkatkan individualitas karya fotografi Anda. (Dilaporkan oleh: Ryosuke Takahashi)

T1: Bagaimana cara membuat efek kelainan bentuk?

EOS 70D/ EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM/ FL: 10mm (setara dengan 16mm dalam format 35mm)/ Aperture-priority AE (f/5.6, 1/1250 det)/ ISO 100/ WB: Auto

J: Ambil bidikan subjek pada jarak dekat

Salah satu properti lensa yaitu, objek yang terletak lebih dekat akan muncul lebih besar, dan properti ini lebih jauh memperbesarkannya apabila Anda menggunakan lensa wide-angle. Efek kelainan bentuk semacam itu yang diciptakan oleh lensa wide-angle merupakan teknik fotografi yang pada umumnya digunakan untuk mempertegas bentuk subjek. Kunci untuk menciptakan efek kelainan bentuk semacam itu adalah dengan bergerak sangat dekat ke subjeknya. Anda akan dapat meningkatkan dampak bidikan Anda dengan menghasilkan pandangan yang diperbesar mengenai apa yang ingin Anda tampilkan. Contoh ini adalah bidikan yang diambil di stasiun kereta api di Swiss. Kalau dilihat dari depan, meskipun bentuk keretanya simetris, tapi samping kiri kendaraan tampak menonjol keluar akibat efek kelainan bentuk.

Apabila diambil dari posisi yang jauh, jarak relatif dari kamera ke kedua sisi kereta api hampir sama. Efek kelainan bentuk tidak dapat diciptakan dalam kasus ini.

T2 Bagaimana cara mempertegas kelebaran dalam gambar?

EOS 70D/ EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM/ FL: 10mm (setara dengan 16mm dalam format 35mm)/ Aperture-priority AE (f/11, 1/30 det)/ ISO 500/ WB: Daylight

J: Tempatkan subjek di latar depan

Untuk mempertegas kelebaran dalam sebuah gambar, yang penting bahwa Anda memanfaatkan secara efektif ruang di latar depan. Khususnya, subjek tampak lebih besar apabila diposisikan dekat ke kamera, dan karenanya lebih mudah menciptakan efek visual yang menekankan pada kelebarannya. Contoh ini diambil di galeri seni yang terletak di Lausanne, Swiss. Di sini, sebagian besar latar depan dipenuhi oleh emblem untuk menciptakan kontras dengan latar belakang dan menonjolkan keluasannya. Ada banyak teknik untuk memanfaatkan lensa wide-angle, salah satunya menyertakan sesuatu di latar depan. Menciptakan ketidakseimbangan dalam sebuah gambar memungkinkan Anda mendapatkan kesan kelebaran yang lebih nyata daripada sudut pandang yang sesungguhnya.

Tanpa emblem di latar depan, bidikan ini akan gagal menciptakan kesan kelebarannya. Tidak hanya itu, gambar pun tidak menampilkan skala untuk mengekspresikan kelebaran spasial, dan oleh karena itu tidak dapat menyampaikan keluasan lokasi yang sesungguhnya.

Ryosuke Takahashi

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan Tiongkok. Takahashi adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.