Foto & Persona

Di balik permukaan: Pemotretan di bawah air bersama William Tan

Samudra yang menempati hampir 71% dari permukaan planet kita, merupakan misteri yang terus berusaha diungkap oleh manusia sejak zaman dahulu kala, karena di bawah permukaan yang penuh gejolak, terdapat sebuah dunia yang begitu berbeda dengan yang kita ketahui, salah satu warna pembuka pikiran dan bentuk kehidupan yang luar biasa. Beberapa di antara kita cukup beruntung karena bisa menjadi pengunjung tetap dunia yang menarik ini, namun bagi sang fotografer bawah air William Tan, itu adalah rumah baginya.

William yang selalu ingin mencoba menyelam, mengambil kesempatan untuk melakukannya dalam tur Orkestra Simfoni Singapura di Mesir pada tahun 1994. Pemain biola ini menarik napas pertamanya di bawah permukaan Laut Merah, dan sisanya adalah sejarah - tidaklah begitu mengejutkan karena dia telah terpesona oleh makhluk laut sejak ia masih kecil.

Sekarang sebagai seorang pria dewasa, petualangan bawah air (dan cintanya terhadap kehidupan laut) telah terdokumentasi dengan baik melalui gambar yang menakjubkan yang ia hasilkan dengan kamera seberat lebih dari 10 kilogram. Karyanya telah ditampilkan dalam berbagai publikasi, termasuk National Geographic China, Daily Telegraph dan ScubaDiving (AS). Dia juga telah menerbitkan 2 buku, salah satunya (Gorontalo: Hidden Paradise) ditugaskan oleh pemerintah Indonesia.

adi seperti apa rasanya melakukan pemotretan di bawah lautan? Kami mengikutinya dalam pemotretan di Akuarium S.E.A di Resorts World Sentosa, di sini ia mengajak kami melalui pemandangan di balik kamera (literal) dari foto-fotonya yang luar biasa. Dari perlengkapan yang rumit (dia ekstra teliti karena sudah ada beberapa kamera yang kemasukan air) hingga interaksi jiwanya dengan hewan, kami menyaksikan bagaimana ia berkelok-kelok dengan mudah di antara pari manta dan hiu macan tutul, mengabadikan mereka saat mereka membelah air. Setelah menyelam, ia menceritakan kisah-kisah petualangannya di laut - termasuk waktu ia berenang menembus segumpalan besar kotoran paus sperma.

 

EOS-1D X Mark II (Body)

Klik Di Sini Untuk Detail Lebih Lanjut

EF8-15mm f/4L Fisheye USM

Klik Di Sini Untuk Detail Lebih Lanjut

 

William Tan
Profil fotografer

William Tan telah terpesona dengan makhluk laut sejak kecil. Saat kuliah di Universitas Johns Hopkins, ia menghabiskan sebagian besar waktu luangnya untuk memandangi koleksi laut yang luas dari Akuarium Nasional yang dekat di Baltimore. Saat ini ia adalah seorang pemain biola di Orkestra Simfoni Singapura, William mendapatkan sertifikasi menyelam pada tahun 1994. Setelah itu, tanpa biola Italia antik miliknya yang berharga, ia melakukan perjalanan luas di sela musim konser di seluruh wilayah Pasifik untuk memotret kehidupan laut untuk lembaga-lembaga ilmiah, produsen kamera, organisasi pariwisata, majalah menyelam dan resor.

Mona Teo
Profil penulis

Mona Teo adalah seorang penulis yang tinggal di Singapura yang percaya bahwa tidak ada yang lebih hebat daripada kata-kata yang tertulis (kecuali kopi). Sebagai penggemar kegiatan menyelam serta jalan-jalan, semangatnya yang menyala membawanya terbang ke seluruh dunia, untuk mencari inspirasi.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.