Produk

Lensa Zoom Ultra Wide-angle EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM Ringkas dan Ringan

Lensa zoom ultra wide-angle yang sudah lama dinantikan, baru saja ditambahkan ke jajaran lensa EF Canon - EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM. Dalam artikel ini, saya akan menguak pesona lensa ini yang dilengkapi fitur IS untuk mengatasi goyangan kamera, berikut sejumlah bidikan aktual. (Dilaporkan oleh: Ikuko Tsurumaki)

Halaman: 1 2

Ideal untuk Menangkap Lanskap yang Terbentang Luas Seperti yang Kita Lihat

Canon baru saja merilis lensa wide-angle baru bagi para pengguna tingkat pemula, EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM. Lensa ini sudah lama dinantikan para pengguna yang ingin “menangkap bentangan luas lanskap seperti yang mereka lihat”. Kemungkinan, akan banyak pengguna model EOS 100D dan EOS 700D yang akan menggunakan lensa zoom standar dengan kisaran focal length 18 hingga 55mm dan zoom telefoto dengan kisaran 55 hingga 250mm. Dengan menambahkan lensa ultra wide-angle ini yang setara dengan 16mm pada ujung wide-angle dalam format 35mm, para penggunanya akan menyukai ekspresi fotografi yang kisarannya lebih luas, seperti bidikan dinamis lanskap yang terbentang luas, atau foto yang memiliki efek perspektif yang kuat.
EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM ringkas dan ringan, suatu pertimbangan penting untuk pengguna yang mengutamakan portabilitas. Lensa ini dapat dengan mudah dibawa dalam tas kamera kecil, sehingga Anda dapat berkonsentrasi pada bidikan tanpa merasa stres atau lelah, ketika Anda ingin mengambil fotografi jalanan dengan membawa sesedikit mungkin perlengkapan, atau sewaktu bepergian. Lensa ini membuat padanan yang seimbang dengan EOS 100D, yang juga dirancang secara ringkas dan ringan.
EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM juga merupakan lensa EF-S wide-angle pertama yang dilengkapi fitur IS (Image Stabilizer), sehingga memungkinkannya menangkap bidikan pemandangan larut senja yang disinari cahaya malam, atau pada lokasi di dalam ruangan yang remang-remang, menggunakan kamera genggam. Lensa ini juga memiliki performa AF kecepatan tinggi dan senja yang layak dibanggakan, mampu menangkap subjek secara cepat dan menanggapi secara mulus.
Tidak hanya ringkas, ringan dan terpasang dengan fitur IS, namun harganya pun wajar. Manfaatkan lensa wide-angle ini untuk mencoba tantangan ekspresi gaya baru.

Dengan membandingkan ukurannya dengan EF-S10-22mm f/3.5-4.5 USM (untuk selanjutnya "10-22mm"), lensa wide-angle dengan kisaran focal length yang sama, Anda dapat mudah mengetahui betapa ringkasnya EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM. Diameter maksimum lensa ini 8,9mm lebih kecil dan panjangnya 17,8mm lebih pendek daripada 10-22mm, dan bobotnya sekitar 145g lebih ringan. Pokoknya, inilah lensa yang menarik bagi mereka yang mengedepankan kepentingan pada portabilitas.

18mm

EOS 100D/ EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM/ FL:18mm (setara dengan 29mm dalam format 35mm)/ Aperture-priority AE (1/60 det., f/14, +1EV)/ ISO 100/ WB: Daylight

Pemandangan yang menyejukkan mata, yang terbentuk oleh laut lazuardi dan pepohonan hijau rimbun bagaikan zamrud. Focal length pada ujung telefoto lensa ini yaitu 18mm, yang setara dengan 29mm dalam format 35mm. Dengan focal length ini, Anda bisa mendapatkan sudut pandang yang alami dan tingkat efek perspektif yang wajar.

10mm

EOS 100D/ EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM/ FL:10mm (setara dengan 16mm dalam format 35mm)/ Aperture-priority AE (1/400 det., f/16, -0.7EV)/ ISO 100/ WB: Daylight

Pemandangan indah di kota pelabuhan saat larut senja. Arakan mega yang mengapung di langit dan cahaya surya terpantul pada permukaan laut dengan riakan ombak yang ditimbulkan oleh kapal nelayan yang baru saja kembali setelah kerja keras seharian. Saya menetapkan focal length ke 10mm pada ujung wide-angle untuk mengemukakan luasnya langit dan laut yang terbentang.

10mm

EOS 100D/ EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM/ FL:10mm (setara dengan 16mm dalam format 35mm)/ Aperture-priority AE (1/125 det., f/11, +0.3EV)/ ISO 100/ WB: Auto

Saya menjumpai kucing ini saat menyusuri pulau. Kehidupan penduduk dan kucing yang santai di tempat ini nyaris tidak takut terhadap orang asing. Bidikan low-angle yang diambil pada sudut wide-angle 10mm mengemukakan kehidupan damai subjeknya.

Ikuko Tsurumaki

Lahir di Tokyo pada tahun 1972, Tsurumaki mulai belajar fotografi saat bekerja di biro iklan, dan meniti karier fotografer yang diawalinya sebagai asisten. Pada saat ini, ia sibuk dalam berbagai kegiatan, termasuk melakukan pemotretan untuk majalah, menulis artikel, dan mengadakan ceramah serta seminar fotografi.

http://www.ikukotsurumaki.com/

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.