Foto & Persona

Menciptakan Momen Bergaya: Sebuah Wawancara Mode

Milton Tan, pecinta seni sekaligus pemuja kreativitas, selalu menghasilkan gambar yang diramu dengan visi dan gaya yang cermat. Milton tidak hanya berkutat dalam fotografi mode. Baru-baru ini ia juga menyelesaikan sebuah film lalu-waktu (time-lapse). Sekarang kita akan berbincang dengannya tentang gaya serta momen-momen terbaiknya sebagai fotografer mode.

Bagaimana Anda memulai karir sebagai fotografer mode?​​

Awalnya saya mengambil gambar pemandangan dan produk. Kemudian baru saya menyadari bahwa yang saya benar-benar inginkan adalah foto yang melibatkan orang-orang. Saat membuka-buka halaman sebuah majalah, saya begitu tertarik dengan gambar orang. Iklan dan tajuk tentang mode-lah yang paling menarik minat saya. Mulai saat itu, saya berkeputusan untuk terjun total ke fotografi mode. Sebagai fotografer mode, saya dapat mengambil gambar orang dalam penampilan terbaik mereka.

Seberapa sulit tugas seorang fotografer dalam sebuah pertunjukan mode? Kiat apa saja yang Anda tawarkan untuk mereka yang baru terjun sebagai fotografer mode?

Anda perlu memperoleh pencahayaan yang tepat dalam beberapa detik setelah model pertama mulai berjalan di atas lintasan. Setelah itu pencahayaan relatif sama sepanjang acara. Meski suasana di area media luar biasa sesak, fotografer yang saya temui selalu bersikap baik dan sebisa mungkin berusaha tidak menghalangi kamera.

Untuk pose yang paling mempesona, ambil gambar dengan satu kaki model di depan kakinya yang lain. Ada hanya punya waktu beberapa detik, tergantung panjang lintasan. Salah satu yang paling sulit adalah mengambil gambar bagus saat sang model berbalik dan meninggalkan lintasan.

Nah, tadi Anda bilang, foto lintasan vertikal "bidik mendatar" itu membosankan.  Bisa jelaskan motivasi Anda dibalik foto-foto yang Anda satukan dan apa yang Anda ingin capai dengan gaya ini?

Jika sebuah foto berbicara dua ribu kata, dua artinya dua ribu kata. Tujuan saya adalah menunjukkan dan bercerita lebih banyak lewat sebuah foto. Untuk itulah saya menyatukan dua atau tiga foto sekaligus. Cara ini juga menawarkan cara baru yang menarik untuk menikmati foto peragaan mode selain perspektif bidik mendatar yang berulang-ulang dan itu-itu saja.

Peralatan penting apa saja yang biasa Anda gunakan untuk mengambil foto pada peragaan dan lintasan mode?​

Untuk lintasan mode, saya memilih Canon EOS 5D Mark III dengan lensa EF 70-200mm. Pilihan lensa ini sangat teknis mengingat panjang lintasan, yang membuat sebuah lensa telefoto diperlukan. Untuk mengambil gambar potret, saya dapat menggunakan apa saja, dari lensa dengan sudut ultra lebar hingga prime sampai lensa telefoto dengan EOS 5D Mark III. Karena lebih leluasa saat mengambil gambar potret, saya dapat memilih lensa apa pun yang saya butuhkan untuk memperoleh penampilan yang saya inginkan.

Boleh ceritakan foto-foto favorit Anda dan latar belakang foto-foto tersebut?

Gucci Spring Summer show, Singapura. Di sini, alih-alih mengambil foto lintasan seperti biasa, saya melihat kesempatan untuk mengambil gambar dari perspektif yang baru. Momen ini saya peroleh saat seorang model berjalan melewati logo Gucci sesaat sebelum meninggalkan lintasan.


Digital Fashion Week 2015. Pemeriksaan terakhir sebelum pertunjukan dimulai.

Digital Fashion Week 2015. Kami punya waktu di belakang panggung beberapa saat sebelum pertunjukan dimulai. Saya minta beberapa model berdiri di depan dinding hitam kemudian saya terangi dengan lampu kilat kamera yang saya pantulkan ke tirai putih di belakang saya. Hasilnya jauh lebih baik dari yang saya perkirakan.

Victoria Beckham Show di Singapore Fashion Week 2015. Saya mengambil foto seorang model di antara dua model lain sesaat sebelum ia masuk lintasan. Hasilnya kedalaman yang mengagumkan dan fokus yang tajam pada logo merek tersebut.


Men’s Fashion Week 2012. Ini Men’s Fashion Week pertama saya, dan menjadi foto favorit di antara ribuan foto yang saya ambil lainnya. Saya sungguh terkesan sampai sekarang.


Audi Fashion Festival 2013. Saya berhasil menangkap kesan intens di wajah sang model dari sudut berbeda saat ia berpose untuk fotografer lain di area media.

 

Apa yang Anda biasa lakukan untuk terus berkembang dan mengikuti teknologi dan tren?

Saya selalu membaca blog dan majalah fotografi untuk mencari inspirasi dan menikmati bereksperimen dengan aneka teknik bahkan film lalu waktu.

 

Isaiah Tan

Profil penulis

Isaiah Tan, seorang videografer profesional yang sangat mencintai fotografi, menjalankan perusahaan produksi video dan sebuah bar kecil di Singapura, di antara bisnis lain yang ia miliki. Isaiah senang bereksperimen dengan aneka teknik fotografi dan selalu ingin belajar dan menemukan lebih banyak di dunia sekelilingnya.

Milton Tan

Profil fotografer

Milton Tan, fotografer profesional asal Singapura ini, sangat mencintai seni dan karya kreatif apa pun. Milton menjadi fotografer pada berbagai gelaran merek mode ternama, termasuk koleksi musiman Gucci, Singapore Fashion Week, Audi Fashion Festival, dan Digital Fashion Week. Selain fotografi, ia juga memproduksi serial film pendek berjudul "The Air Traffic", yang ditayangkan oleh sejumlah saluran media ternama seperti Discovery Channel dan Daily Mail. Untuk mengenal karya-karyanya lebih dekat, kunjungi miltontan.com/photography .

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.