Produk

EOS 760D – Highest resolution Canon APS-C dengan fitur terkini

Di tengah keberhasilan peluncuran produk baru Canon, inilah EOS 760D, model DSLR APS-C termutakhir dengan konsep yang sama sekali baru. Mari kita cermati kamera ini yang memiliki level performa setara dengan model semi-profesional yang layak dibanggakan. (Laporan dan foto: Ryosuke Takahashi)

Halaman: 1 2

Esensi Kamera Semi-Profesional
Dikemas ke dalam Bodi yang Ringkas

Kini, kamera SLR digital sudah benar-benar menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Sudah menjadi pemandangan yang biasa, melihat orang di jalan mengalungkan kamera SLR di leher mereka. Di waktu lalu, Canon telah merilis banyak kamera bagi para fotografer berbakat dalam seri EOS, termasuk EOS 700D dan EOS 100D. Namun, yang mengherankan, tidak ada model yang cocok bagi "pemula yang ingin mencoba tantangan fotografi yang lebih serius", jadi EOS 70D adalah kelas terdekat berikutnya bagi pengguna untuk meningkatkan kemampuannya. Dengan menanggapi beragam kebutuhan, EOS 760D merupakan model "premium entry" yang dilengkapi dengan teknologi terbaru yang ditemukan pada berbagai model, seperti EOS 70D dan EOS 7D Mark II. Dengan kamera ini, pengguna dapat menangkap apa pun yang mereka inginkan, bagaimanapun kehendak mereka.

Satu contohnya, yaitu fitur Anti-flicker Shoot (Bidikan Anti Kerlipan), yang sangat praktis ketika memotret anak-anak atau makanan di bawah sumber cahaya lampu neon. Teknologi ini pertama kali diterapkan pada EOS 7D Mark II, dan terdapat fitur sangat penting yang disertakan dalam model entry-level (level pemula), yang lebih sering digunakan untuk pemotretan di dalam ruangan. Penyempurnaan pun sudah dilakukan pada performa dasarnya, termasuk high-speed continuous shooting hingga pada kira-kira 5 fps, dan continuous shooting dalam mode Servo AF selama pemotretan Live View hingga pada kira-kira 3 fps.

Sensor CMOS sekitar 24,2-megapixel

EOS 760D adalah model APS-C pertama Canon yang dilengkapi sensor CMOS baru dengan resolusi sekitar 24,2 megapixel. Pixel untuk phase-difference detection (pendeteksian berbeda fase) digunakan untuk menghasilkan gambar high-definition dengan minimal noise.

Algoritme metering baru

Sensor metering dilengkapi fungsi colourimetric yang memungkinkan penghitungan exposure dengan high precision (presisi tinggi) dalam beragam pemandangan. Fungsi ini juga mampu mendeteksi nada kulit. Ketika berada dalam mode 19-point AF Auto Selection atau Zone AF, Anda dapat menetapkan fokus yang memprioritaskan wajah subjek, meskipun terdapat benda lain di antara kamera dan subjek.

Tampilan panel LCD Atas

Ini juga merupakan model entry-level pertama yang dilengkapi panel LCD atas. Walaupun pengaturan white balance dan drive mode tidak diperlihatkan, namun informasi minimum yang diperlukan untuk pemotretan dapat ditemukan di sini.

EOS 750D dirilis secara bersamaan dengan EOS 760D, tetapi panel LCD atas serta fitur Servo Burst Shooting dalam mode Live View hanya tersedia pada EOS 760D. Tidak hanya itu, fitur lainnya yang diperkenalkan pada model entry-class untuk pertama kali menyertakan tampilan level elektronik (di viewfinder dan monitor LCD), dan Intelligent Viewfinder. EOS 760D juga memiliki bermacam ragam fungsi yang layak dibanggakan dan penting bagi pengguna untuk meningkatkan kemampuannya dari level pemula ke level mahir, misalnya mode pemilihan area AF yang diwarisi dari model higher-end, dan kemampuan untuk mengoreksi distorsi dengan fungsi aberration correction (koreksi aberasi) lensa. Pengguna juga pasti akan senang mengetahui bahwa EOS 760D juga memiliki Quick Control Dial, suatu kendali yang mewakili seri EOS.

A: Pixel khusus untuk phase-difference AF (AF berbeda fase)

B: Pixel untuk penggambaran

Hybrid CMOS AF III

760D menggunakan Hybrid CMOS AF III termutakhir, yang sudah menyempurnakan AF speed berkat higher density phase-difference AF pixel (pixel AF berbeda fase dengan densitas lebih tinggi) pada arah horizontal. Fungsi ini memberikan pengalaman pemotretan AF yang menyenangkan, mencakup 80% ~ 80% area (vertikal ~ horizontal) layar Live View.

Scene Detection System (Sistem Pendeteksian Pemandangan)

Memungkinkan pemrosesan gambar untuk mencapai hasil yang lebih dekat dengan hasil yang dimaksudkan oleh fotografer, misalnya, dengan membuat warna senja dan kehijauan yang lebih jelas melalui pendeteksian near-infrared light (cahaya mendekati inframerah).

Kamera yang tetap berguna
Tatkala Anda meningkatkan keterampilan fotografi

Meskipun model entry-level yang terdahulu dari Canon dikembangkan terutama dengan mempertimbangkan penggunaan oleh kaum wanita, namun EOS 760D baru ini juga merupakan pilihan sempurna bagi para pria usia tengah baya ke atas. Didesain untuk memungkinkan pengguna memanfaatkan kamera sepenuhnya tatkala mereka meningkatkan keterampilan fotografi, kamera ini dilengkapi dengan fitur yang ada pada mode semi-profesional. Pada saat yang sama, kamera ini juga mudah digunakan sebagai sub-kamera bagi amatir yang sudah mahir, yang menggunakan full-frame SLR, karena tombol dan posisi kontrol sangat mirip dengan model higher-end. Fitur menarik lainnya pada EOS 760D adalah penggunaan monitor LCD Vari-angle, yang tidak tersedia pada model full-frame. Tergantung pada kondisi pemotretannya, Hybrid CMOS AF III, yang memungkinkan high-speed AF dengan hanya memanfaatkan phase-difference AF, sesuai bagi pengguna yang ingin mengungkapkan ekspresi berani dengan mudah. Yang juga patut dicatat yaitu fungsi movie yang lengkap, termasuk dukungan untuk merekam dalam format MP4, kira-kira 3x hingga 10x movie digital zoom, dan penggunaan HDR movies.

EOS 760D/ EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS STM/ FL: 35mm (setara dengan 56mm dalam format 35mm)/ Program AE (1/50 det., f/4.5, +0.3EV)/ ISO 160/ WB: Auto

Saya memanfaatkan Hybrid CMOS AF III untuk menangkap bidikan Live View ini dari low angle. Fokus dapat cepat ditetapkan, jadi bisa digunakan untuk memotret hewan yang bergerak cepat.

Sebagian dari daya tarik EOS 760D yaitu, meskipun memiliki berbagai fitur terkini, namun Anda juga dapat dengan mudah membawanya keluar ruangan. Bobot bodi sekitar 520g, 10g lebih berat daripada EOS 750D, meskipun ukuran kedua kamera ini sama. EOS 760D tidak saja lebih ringan sekitar 235g daripada EOS 70D, tapi ukurannya pun lebih kecil, jadi kalau Anda tidak terlalu mementingkan soal bobot dan ukuran kamera, EOS 760D adalah pilihan yang sangat cerdas. Walaupun EOS M3, yang juga dirilis pada waktu yang sama, bisa dianggap sebagai tandingannya EOS 760D, namun salah satu kekuatan terhebat EOS 760D yaitu, Anda dapat menyusun bidikan secara tepat dengan memanfaatkan viewfinder optik. Dengan level fitur canggihnya saat ini, EOS 760D akan tetap berguna, meskipun setelah Anda meningkatkan keterampilan fotografi.

EOS 760D/ EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS STM/ FL: 35mm (setara dengan 56mm dalam format 35mm)/ Aperture-priority AE (1/60 det., f/5, ±0EV)/ ISO 125/ WB: Auto

Patung Jizo yang saya temukan di kuil tua pada musim dingin. Dari tekstur apronnya yang lembut pada gambar, Anda dapat secara jelas mengetahui bahwa resolving power disempurnakan dengan pixel count yang lebih tinggi.

EOS 760D/ EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS STM/ FL: 91mm (setara dengan 146mm dalam format 35mm)/ Aperture-priority AE (1/125 det., f/5.6, ±0EV)/ ISO 640/ WB: Auto

Reproduksi warna hijau disempurnakan dengan Scene Detection System, yang dilengkapi 7560-pixel RGB+IR metering sensor. Alih-alih menghasilkan nada yang lebih gelap, ternyata, warna yang direproduksi tampak lebih jelas.

* Artikel ini dibuat berdasarkan trial model (model percobaan). Aspek-aspek seperti kualitas penampilan dan gambar mungkin sedikit berbeda dari produk yang sesungguhnya.

Ryosuke Takahashi

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan Tiongkok. Takahashi adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.