Produk

Ulasan EOS 80D Lens Pairing: EF-S24mm f/2.8 STM

EF-S24mm f/2.8 STM adalah lensa pancake paling tipis dan ringan di antara lensa EF-S. Sangat portabel. Menggunakan lensa ini dengan EOS 80D menjamin Anda mendapatkan kualitas gambar yang andal, bahkan saat Anda berjalan keliling kota dalam petualangan fotografi jalanan. Siapa bilang bahwa harus ada barter yang besar antara portabilitas dan kualitas gambar? (Dilaporkan oleh: Ryosuke Takahashi)

 


Manfaat Utama

- Tipis dan nyaris tidak kentara apabila dipasangkan ke bodi kamera—nyaman untuk ditenteng dan disimpan
- Dilengkapi dengan STM untuk pemfokusan senyap untuk still image (gambar diam) dan pembuatan video


 

f/2.8

EOS 80D/ EF-S24mm f/2.8 STM/ FL: 24mm (setara 38mm)/ Aperture Priority AE (f/2,8, 1/250 det., EV±0)/ ISO 100/ WB: Auto
Saya menunggu untuk membidik dalam Live View sekaligus memperhatikan orang di sisi kiri layar, dan mengambil bidikan pada saat yang tepat dengan menyentuh rana. Fotografi Live View juga sangat mudah berkat lensanya yang ringkas dan ringan. (Foto oleh: Ryosuke Takahashi)

 

f/5.6

EF-S24mm f/2.8 STM/ FL: 24mm (setara 38,4mm)/ Aperture Priority AE (f/5.6, 1/500 det, EV-0,3)/ ISO 100/ WB: Auto
Apabila aperture dipersempit, resolving power (daya pisah:resolusi) mencapai puncaknya bersama dengan peningkatan depth of field, dan karenanya mencapai resolusi tajam dari latar depan sampai ke latar belakang. Tidak hanya punggung gunung tampak secara jelas di samping bangunan di latar belakang, tetapi suasana menyenangkan di lokasinya pun tersampaikan di latar depan. (Foto oleh: Ryosuke Takahashi)

 

Subjek dapat ditangkap seperti terlihat pada sudut pandang natural sekitar 40mm

Walaupun lensa pancake diluncurkan lebih awal dari lensa EF full-size, namun EF-S24mm f/2.8 STM hadir di pasar pada tahun 2014 bersama dengan perluasan model kamera APS-C. Semenjak itu, lensa ini telah populer di antara para fotografer dengan profil yang sangat berbeda. Dengan ketebalan 22,6mm dan bobot yang sama seperti ponsel cerdas 125g, karakteristik lensa ini terletak pada keringkasan dan keringanannya yang luar biasa, nyaris membuat Anda lupa akan kehadiran lensa itu.

Desain lensa ringkas ini direalisasikan dengan menggunakan gear-type STM, yang mengurangi ukuran sumber daya gerak AF, dan dengan mengatur elemen lensa asferis cetakan kaca dalam kelompok lensa di belakang seluruh strukturnya, yang membantu performa tinggi selama pemotretan close-up. Hal ini semakin jelas apabila Anda mencermati jarak kerja close-up, mulai dari bidang depan lensa. Contohnya, dengan lensa ini Anda dapat sedekat jarak kerja 9cm, sedangkan pada lensa lain, Anda harus berjarak 13cm.

Lensa ini menyenangkan untuk digunakan pada fotografi biasa-biasa saja, tetapi karena lensa ini memiliki kualitas gambar yang juga mampu menyamai kejelian fotografi sepenuhnya, lensa ini juga ideal untuk situasi, seperti fotografi potret sewaktu berjalan kaki di jalanan, dan fotografi lanskap apabila Anda ingin membawa perlengkapan yang sedikit. Lensa ini tidak saja terlihat gaya di bagian luar, tetapi juga mampu menarik potensi EOS 80D dengan performa yang solid.

 

Saran: Mengurangi goyangan kamera lebih jauh dengan mode pemotretan tunggal senyap

Karena dampak benturan cermin dapat dikurangi lebih jauh lagi dalam mode pemotretan tunggal senyap, getaran ditekan, sehingga membuatnya efektif apabila Anda ingin juga mengurangi goyangan kamera. Dengan demikian, hal ini serba guna, dengan menekan derau pergerakan dan benturan ketika Anda ingin melakukan pemotretan di dalam ruangan, misalnya. Bisa dibilang bahwa mode gerakannya sangat hebat untuk kecepatan rana lambat.

 


EF-S24mm f/2.8 STM
(setara 38mm apabila dipasang dengan EOS 80D)

 

Konfigurasi Lensa: 5 kelompok 6 elemen
Jarak pemotretan minimum: 0,16m
Faktor pemotretan maksimum: 0,27X
Rasio filter:φ52mm
Diameter maksimum x panjang: Kira-kiraφ68,2×22,8mm
Bobot: Kira-kira 125g

 

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

Diagram konfigurasi lensa

A: Elemen lensa asferis

 


Tudung lensa:  ES-52 (dijual terpisah)

 


 

Jadi, Anda mendapatkan EOS 80D dan EF-S24mm f/2.8 STM yang sungguh ringkas serta portabel, dan siap untuk mengarungi jalanan? Anda juga bisa mengambil kesempatan untuk mencoba teknik fotografi jalanan EOS 80D!

 

 

Ryosuke Takahashi

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan Tiongkok. Takahashi adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

 

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.