Tips & Tutorials

Teknik Pemotretan EOS 80D: Lanskap Alam

Tanpa harus dijelaskan lagi, EOS 80D memang menghasilkan kualitas gambar yang hebat, dan perpaduannya dengan pengoperasian seri EOS konvensional, dan kenyamanan layar LCD vari-angle inilah yang membuat kamera ini sangat bagus untuk menangkap lanskap alam yang bergetar di dalam sanubari Anda. Di sini, saya akan memperkenalkan sebagian teknik untuk menangkap lanskap yang fana dan indah, yang senantiasa berubah. (Dilaporkan oleh Shirou Hagihara)

 

TEKNIK 01

Merekayasa secara manual suhu warna untuk menambah rona matahari terbenam

Fungsi Auto White Balance sangat efektif untuk menciptakan polesan akhir foto dengan warna yang sesuai untuk lanskap di siang hari. Namun demikian, ini tidak serta-merta menghadirkan solusi optimal untuk warna kemerahan yang pekat, yang terlihat selama waktu matahari terbit dan terbenam. Hanya saja, kejelasan warnanya cenderung ditekan. Oleh karena itu, menggunakan Auto White Balance mungkin tidak dapat membantu Anda memperoleh foto jadi yang dimaksudkan jika Anda menggunakannya untuk menangkap suasana matahari terbit atau terbenam.

Dalam kasus seperti ini, sebaiknya menyesuaikan suhu warna secara manual. Untuk menambah warna kemerahan, Anda bisa menggunakan pengaturan standar, "Cloudy, twilight, sunset" atau "Shade", tetapi jika Anda ingin membuat penyesuaian halus, cobalah menentukan suhu warnanya. Metode untuk menentukan suhu warna dengan menggunakan nilai numerik, memungkinkan Anda melakukan penyesuaian yang cukup halus sehingga Anda dapat menangkap rona halus yang mengungkapkan lanskap alam seperti yang dimaksudkan.

EOS 80D/ EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/ FL: 35mm (setara 56mm)/Aperture-Priority AE (f/11, 1/60det, EV±0)/ ISO 200/ WB: 7,000K
Saya ingin menangkap singkapan batu karang yang bentuknya aneh dengan polesan akhir yang akan membuatnya tampak seakan-akan dicelup warna merah oleh cahaya matahari yang terbenam, jadi, saya menetapkan suhu warna ke "7000K" untuk menambah warna kemerahan. Untuk memilih area subjek yang cerah dan secara otomatis memfokuskannya, saya memilih mode One-Shot AF dan FlexiZone-Single. Karena saya ingin menghindari goyangan kamera, saya memasang kamera saya pada tripod dan menggunakan self timer 2 detik saat memotret.

 

Suhu warna dapat disesuaikan dalam peningkatan 100K

Apabila memilih "Color temperature" (suhu warna) untuk white balance, Anda dapat menyesuaikan suhu warna dalam peningkatan 100K. Di Layar Quick Control (Kontrol Cepat), pilih “White Balance”, dan sewaktu "Colour temperature" ditampilkan, putar Main Dial.

 

TEKNIK 02

Melaksanakan pemotretan Live View dan menggunakan Magnification MF untuk fokus yang lebih akurat pada bunga

Fokus adalah elemen yang amat sangat penting dalam fotografi lanskap, jadi sebaiknya Anda mencurahkan lebih banyak perhatian pada fokus. Pada EOS 80D, terdapat fungsi pembesaran fokus yang tersedia selama pemotretan Live View yang dapat Anda gunakan untuk pemfokusan tanpa cela.

Selama pemotretan Live View, tergantung pada subjeknya, kamera mungkin tidak memfokuskan pada posisi target. Contohnya, apabila menargetkan bunga, meskipun Anda ingin fokus pada benang sari, ini mungkin terlalu kecil sebagai titik fokus, jadi kamera bisa memfokuskan pada kelopak bunga sebagai gantinya. Pada saat-saat seperti itu, cobalah beralih ke Manual Focus dan membesarkan titik fokus untuk akurasi yang lebih baik. Dengan layar LCD resolusi tinggi pada EOS 80D, memeriksa fokus bagaikan angin lalu!

 

Fokus dengan menggunakan fungsi pembesaran Live View

Alihkan ke pemotretan Live View, dan pindahkan titik fokus ke posisi yang ingin Anda fokuskan. Pastikan bahwa subjek diposisikan di tengah titik fokus.

Tetapkan mode fokus lensa, alihkan ke MF, dan tekan tombol magnify (perbesar). Setelah membesarkan 5x atau 10x, putar cincin fokus untuk memfokus.

EOS 80D/ EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/ FL: 71mm (setara 114mm)/ Aperture Priority AE (f/5, 1/160 det., EV±0)/ ISO 200/ WB: Daylight
Saya menggunakan sebatang tanaman amur Adonis yang sedang berbunga pada lereng sebagai subjek utama, dan menciptakan efek bokeh indah untuk tanaman amur Adonis lainnya, serta pepohonan plum di latar belakang untuk mengekspresikan pemandangan musim gugur pada umumnya. Untuk memfokuskan secara akurat pada subjek utama—benang sari tanaman amur Adonis, saya memilih untuk menggunakan fungsi pembesaran fokus dengan menetapkan kamera ke Manual Focus dan drive mode "Single shooting".

Atasi kesulitan dengan layar LCD vari-angle!

Untuk menumpuk subjek utama pada latar belakang, tetapkan kamera pada posisi rendah. Dengan layar LCD vari-angle, Anda dapat membidik, bahkan pada posisi begitu rendah tanpa kesulitan.

 

TEKNIK 03

Gunakan fungsi Auto Exposure Bracketing (AEB) apabila sulit untuk menentukan pencahayaan pada suatu pemandangan pemotretan

Apabila memotret dalam format JPEG, Anda harus menetapkan pencahayaan secara akurat untuk pemandangan. Pada saat-saat seperti itu, Anda dapat secara manual menetapkan kompensasi pencahayaan untuk tiap bidikan, atau dapat menggunakan AE Bracketing. Apabila menggunakan fungsi ini, masuk ke menu custom untuk menentukan di muka, berapa banyak bidikan bracketing yang akan diambil (2/3/5/7 bidikan). Anda kemudian dapat memutuskan mengenai kisaran kompensasi pencahayaan dan pencahayaan referensi ketika memotret.

Apabila subjek Anda merupakan objek yang cerah, seperti pohon cherry, atau jika pemandangan yang Anda potret memiliki latar belakang yang kosong, cobalah menetapkan nilai positif untuk pencahayaan referensi. Untuk subjek yang gelap, cobalah nilai negatif. Apabila menggunakan AEB, Anda hanya perlu menekan rana untuk jumlah bidikan yang ditetapkan, jadi Anda dapat menggunakan fungsi ini bersama dengan mode pemotretan beruntun untuk secara cepat mengambil bidikan yang diperlukan.

EOS 80D/ EF70-200mm f/4L IS USM/ FL: 165mm (setara 264mm)/Aperture-Priority AE (f/8, 1/320det, EV+0,3)/ISO 250/ WB: Daylight
Di sini, saya ingin mengekspresikan pohon cherry yang berwarna-warni dalam nuansa warna merah muda yang mencolok. Saya memilih area dengan konsentrasi bunga mekar yang paling lebat, dan membidiknya dengan menggunakan AEB. Saya merasa bahwa bidikan ini, yang diambil pada EV+0.3, memberikan hasil terbaik. Karena subjeknya mungkin tidak diam sama sekali akibat sejumlah faktor seperti angin, saya akan merekomendasikan untuk mengambil bidikan Anda secepat mungkin. Untuk menghindari perubahan komposisi, saya menetapkan One-Shot AF + FlexiZone-Single, dan memilih mode drive pemotretan beruntun kecepatan tinggi.

 

Tetapkan mode pemotretan beruntun dan lepaskan rana untuk 3 bidikan beruntun

Secara default, kamera akan mengambil 3 bidikan bracketing. Apabila Anda menetapkan kamera ke mode pemotretan beruntun dan menekan rana sepenuhnya ke bawah, kamera akan secara otomatis mengambil 3 bidikan. AE Bracketing efektif dalam situasi apabila kontras antara terang dan gelap sangat kuat pada subjek Anda, dan sulit untuk memutuskan pencahayaan saat Anda mencoba memotretnya pertama kali. Tergantung pada subjeknya, Anda dapat mencoba menetapkan 5 atau bahkan 7 bidikan.

 

EV +3

 

EV ±0

 

EV -0,3

 


EOS 80D Kit II (EF-S18-135mm IS USM)

 

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 


 

 

Shirou Hagihara

Lahir pada tahun 1959 di Yamanashi. Setelah lulus dari Nihon University, Hagihara ikut dalam peluncuran majalah fotografi, “Fukei Shashin”, tempat ia bekerja sebagai editor dan penerbit. Tak lama kemudian, ia berhenti bekerja dan menjadi fotografer freelance. Pada saat ini, Hagihara aktif dalam fotografi dan karya tulis yang berpusat pada lanskap alam. Ia adalah anggota Society of Scientific Photography (SSP).

 

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.