Tips & Tutorials

Teknik Pemotretan EOS 80D: Nightscape

Daya pikat fotografi nightscape (bentangan malam) terletak pada kemampuannya untuk mengekspresikan dunia cahaya dan warna, yang tidak bisa terlihat atau terasakan selama siang hari. Dengan performa yang telah terperbaiki untuk fotografi nightscape, seperti perbaikan akurasi AF di tempat gelap, serta Bulb timer tambahan, EOS 80D memang layak membanggakan kemudahan penggunaan yang sangat ekstrem, sehingga membuatnya ideal untuk memotret nightscape (bentangan malam). Dalam artikel ini, saya akan memperkenalkan teknik fotografi yang memanfaatkan semua fungsi ini sepenuhnya. (Dilaporkan oleh Yurika Kadoi)

 

TEKNIK 01

Gunakan bulb timer untuk menciptakan jejak cahaya yang panjang dan indah

Gunakan fotografi pencahayaan yang lama (juga dikenal sebagai "bulb photography") untuk menangkap jejak cahaya yang panjang dari kapal yang melaju secara perlahan. Biasanya, ini melibatkan penggunaan sakelar jarak jauh untuk menekan tombol rana sementara menghitung waktu pencahayaan sebelum akhirnya melepaskan rana. Namun demikian, jika Anda menggunakan fitur bulb timer di EOS 80D, maka tidak perlu untuk menahan tombol rana, atau menghitung waktu pencahayaan. Goyangan kamera secara efektif dicegah jika Anda memadukan bulb timer dengan self-timer 2 detik atau Touch Shutter (Rana Sentuh) di Live View, sehingga tidak perlu menggunakan sakelar jarak jauh. Pada kejadian ini, saya memilih untuk membidik dalam mode Live View, karena ini lebih memudahkan untuk mencocokkan waktu serta menghentikan pemotretan di tengah jalan. Cobalah menggambarkan jejak cahaya seperti yang Anda inginkan dengan mengetuk monitor LCD secara perlahan pada saat yang tepat sewaktu mengamati pergerakan kapal.

EOS 80D/ EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/ FL: 24mm (setara 38mm)/Bulb timer (f/16, 60 det)/ISO 100/WB: Daylight
Sambil menghadap ke bentangan kota yang berkilauan, saya mengambil bidikan ini dengan mengingat arus cahaya beruntun. Karena permukaan air tampak gelap sebelum jejak cahaya ditangkap, oleh karenanya saya memfokuskan pada bangunan yang terang di latar belakang. Sebaiknya, juga menggunakan Touch Shutter dalam Live View sewaktu memotret.

 

Prosedur operasi Bulb timer

1. Putar mode dial ke [B (Bulb)]. Bulb timer hanya dapat ditetapkan dalam mode ini.

 

2. Pilih [Bulb timer] dari menu shooting (pemotretan). Setelah memilih [Enable], tekan tombol [INFO]. Pengaturan default adalah [Disable].

 

3. Tentukan exposure time (waktu pencahayaan) pada layar ini. Anda dapat menetapkan waktu pencahayaan dari 1 detik hingga 99 jam 59 menit 59 detik, jadi masukkan saja waktu pencahayaan yang diperlukan untuk pemandangan.

 

Untuk gagasan dan teknik lainnya mengenai memotret jejak cahaya, baca artikel ini tentang memotret jejak cahaya kendaraan serta artikel ini yang memberikan berbagai gagasan tentang jejak cahaya untuk situasi yang berbeda.

 

TEKNIK 02

Gunakan Multi Shot Noise Reduction (Pengurangan Noise Multi Bidik) untuk menangkap bidikan genggam nightscape tanpa noise

Tripod penting sekali untuk mengambil gambar berkualitas tinggi tanpa goyangan kamera apabila memotret di lingkungan yang gelap. Namun demikian, kemungkinan ada kalanya Anda tidak dapat menggunakan tripod atau tripod tidak tersedia. Apabila Anda harus melakukan bidikan genggam dalam suasana yang rendah cahaya, selain memastikan sejauh mungkin bahwa kamera Anda aman dan stabil, meningkatkan kecepatan ISO dan kecepatan rana, juga merupakan anjuran yang umum. 

Fungsi Multi Shot Noise Reduction yang tersedia pada EOS 80D serta pada sebagian model lainnya, tidak saja membuat proses ini lebih nyaman, tetapi juga membantu mengurangi noise selama pemrosesannya. Apabila diaktifkan, kamera akan mengambil 4 bidikan beruntun sekaligus, kemudian secara otomatis mengurangi noise dan menyejajarkan posisi sebelum merekam sebagai gambar tunggal tanpa noise. Dengan menggunakan ini, Anda dapat secara aman menaikkan kecepatan ISO sampai mencapai kecepatan rana yang diinginkan, yang tidak menyebabkan goyangan kamera. Hal ini memberi Anda kebebasan untuk mengambil bidikan genggam pada pemandangan malam yang indah dengan noise yang sedikit. 

Namun demikian, ingatlah bahwa Anda sebaiknya hanya menggunakan ini dalam pinch, apabila tripod tidak dapat digunakan karena ada sejumlah keterbatasan, misalnya, tidak sesuai untuk pengambilan subjek yang bergerak.

EOS 80D/ EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM/ FL: 10mm (setara 16mm)/ Multi Shot Noise Reduction (f/5,6, 1/20 det., EV+0,3)/ ISO 6400/ WB: 4.500K
Saya memilih lensa sudut ultra lebar karena ingin mendapatkan gambar bentangan kabel kawat yang dinamis. Untuk menyesuaikan warna ke warna kebiruan preferensi saya, saya menentukan white balance dengan menggunakan suhu warna.

Pilih [Multi Shot Noise Reduction]

Pilih [Multi Shot Noise Reduction] dari menu [High ISO speed NR]. Perhatikan, bahwa fungsi ini tidak dapat ditetapkan jika RAW atau RAW+JPEG yang dipilih untuk format perekaman.

 

Level noise sama sekali berbeda, bahkan pada kecepatan yang sama, ISO 6400

Semakin tinggi kecepatan ISO, semakin besar kemungkinan noise terjadi dan menyebabkan kualitas gambar menurun. Namun demikian, apabila Anda menggunakan Multi Shot Noise Reduction, Anda sama sekali tidak akan merasakan ada kekasaran yang disebabkan oleh noise jika Anda memperbesar layarnya. Perbedaannya tampak nyata apabila Anda membandingkannya dengan foto normal.

Multi Shot Noise Reduction

 

Gambar normal

 

TEKNIK 03

Menumpangkan 2 bidikan dengan menggunakan pencahayaan multipel untuk menciptakan dunia yang fantastis

Kita juga dapat mencoba memanipulasi cahaya secara bebas untuk menangkap ekspresi ceria dengan menggunakan pencahayaan multipel. Sesungguhnya sangat sederhana untuk melakukannya. Setelah memilih [Enable] dari menu pemotretan Multiple Exposure (Pencahayaan Multipel), Anda hanya perlu menekan tombol rana setiap kali Anda ingin mengambil bidikan untuk ditumpangkan.

Pilih metode kontrol multiple exposure yang diinginkan di bawah [Multi-expos ctrl] untuk menetapkan metode penumpangan. Saya menganjurkan untuk menggunakan [Average] pada awalnya, karena ini lebih mudah untuk menilai pencahayaannya. Hal yang penting di sini adalah membidik dalam Live View. Karena Anda dapat menampilkan satu gambar dan mengambil bidikan seraya mempratinjaukan, bagaimana hasil penumpangannya, maka akan mudah untuk menyesuaikan ukuran dan posisinya. Walaupun saya menumpangkan gambar yang sudah sengaja didefokus kali ini, mungkin juga bagus untuk menumpangkan jejak cahaya atau bidikan lain yang berada dalam fokus. Anda dapat menciptakan miliaran dunia yang berbeda-beda berdasarkan cara Anda menumpangkan gambarnya.

EOS 80D/ EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/ FL: 132mm (setara 211mm)/ Aperture-Priority AE (f/5.6, 2 det, EV±0)/ISO 200/ WB: Tungsten
Walaupun cahaya status pada landasan pacu tidak tertangkap dalam foto seperti penampilannya, namun dengan mengambil bidikan fokus halus pada posisi yang sama kemudian memadukannya seraya membuat cahaya tampak lebih besar, saya dapat menangkap pemandangan taburan bintang dengan cahaya lembut berkilauan.

 

Sesuaikan jumlah tumpang-tindih dalam 2 gambar

Ambil bidikan pertama yang akan berfungsi sebagai dasar, kemudian tambahkan cahaya dalam bidikan kedua. Jika perlu, buatlah penyesuaian halus ke sudut pandang juga dan cari posisi yang akan menumpangkan gambar secara indah sekaligus mengamati kadar keburamannya.

Bidikan ke-1

 

Bidikan ke-2

(Gambar yang penting terusik oleh lingkaran bokeh dalam bidikan ke-2?) Berikut sebagian lagi gagasan tentang cara Anda dapat menggunakan lingkaran bokeh untuk menciptakan bentangan malam yang dramatis)

 


EOS 80D Kit II (EF-S18-135mm IS USM)

 

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 


 

 

Yurika Kadoi

Lahir di Toyama dan lulusan dari Fakultas Teknik, Kanazawa University, Kadoi telah bekerja untuk produsen perlengkapan listrik sebelum menjadi asisten di studio foto. Setelah itu, ia menjadi fotografer freelance, dan sekarang sedang aktif mengerjakan beragam luas karyanya dari potret hingga foto diam (still photo) untuk film.

 

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.