Produk

Teknik Foto M3 EOS  - Nightscape -

EOS M3 adalah kamera tanpa cermin yang performanya sangat bagus, memiliki jumlah piksel kira-kra 24,2 megapiksel yang layak dibanggakan—sehingga membuatnya sempurna untuk fotografi nightscape (bentangan malam). Saya biasanya melakukan bidikan nightscape dengan kamera DSLR full-frame, tetapi dalam artikel ini saya akan memperkenalkan sebagian kiat untuk menangkap gambar nighstcape yang memukau, dengan menggunakan fungsi EOS M3 yang bisa mengoptimalkan kualitas gambar tinggi kamera. (Dilaporkan oleh: Shigeki Kawakita)

Halaman: 1 2

Menangkap pemandangan malam kota bagaikan lukisan yang cemerlang

Gunakan filter Kreatif Art Bold dalam mode HDR

Apabila ingin menegaskan getaran bentangan malam kota, Anda dapat menghasilkan efek yang menarik dengan menggunakan filter Kreatif. Jika Anda menangkap bentangan malam dalam mode HDR, Anda dapat memberikan gambar yang jelas dan sentuhan akhir bagaikan lukisan. Dari anjungan pengamatan, lihat ke bawah ke jalan dan cari satu posisi yang memiliki sumber cahaya dengan nada warna berbeda, sebanyak mungkin. Hanya dengan memutar dial mode ke [Creative Filter] kemudian memilih [Art Bold] dalam mode HDR, Anda akan mampu menangkap bidikan HDR yang cukup cemerlang. Untuk gambar ini, saya memfokuskan pada bangunan yang terang dalam Live View, lalu melepaskan rana kamera dengan menggunakan Wireless Remote Controller (Pengendali Jauh Nirkabel) RC-6 untuk mencegah goyangan kamera.

EOS M3/ EF-M22mm f/2.0 STM/ FL: 22mm (setara 35mm)/ Creative filter – HDR Art Bold (f/4.5, 1/4 det, EV ±0)/ ISO 1600/ WB: Auto/ Picture Style (Otomatis/ Gaya Gambar): Standard

Mode HDR dapat digunakan untuk menangkap berbagai subjek yang tingkat kecerahannya sangat berbeda tanpa melakukan bidikan yang kelebihan atau kekurangan cahaya. Khususnya, [Art Bold] memperindah kota dan pabrik dalam bidikan nightscape (bentangan malam), menghadirkan debaran yang bergelora.


[Prosedur pemotretan saya]

  1. Pasangkan kamera ke penyangga fotografi buatan tangan, lalu posisikan dekat jendela anjungan pengamatan.
  2. Setelah menentukan komposisinya, tetapkan ke [Art Bold] dalam mode HDR.
  3. Tutupi kamera dengan kain hitam untuk mencegah pantulan pada kaca.
  4. Lepaskan rana dengan remote control.

Cara menetapkan gaya ke [Art Bold] dalam mode [HDR]

Tetapkan mode dial ke [Creative Filter]. Tekan tombol [Quick Set menu]/Set, pilih [HDR], lalu [Art Bold].

Gambar tampak sepi tanpa HDR

Bidikan diambil tanpa menggunakan filter Kreatif. Walaupun nightscape (bentangan malam) yang ditangkap terlihat sama seperti yang dilihat secara kasat mata, namun terkesan agak sepi,

Penyangga fotografi nyaman untuk melakukan bidikan nightscape (bentangan malam)

Penyangga fotografi buatan tangan dibuat dengan cara memasangkan platform kamera yang tersedia di toko ke pelat dengan menggunakan sekrup tripod. Apabila memotret dari menara pengamatan, ini lebih stabil daripada dudukan tripod.

Lensa yang digunakan
EF-M22mm f/2.0 STM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

Berikan penampilan futuristik pada bentangan malam kota dengan sentuhan akhir rona biru

Tetapkan WB ke [Tungsten Light]

Pemandangan bentangan malam kota dari Yokohama Landmark Tower di Jepang, sungguh merupakan pemandangan yang layak dilihat. Saya ingin mengekspresikan keindahan bentangan malam penampilan futuristik, dengan menangkap berbagai cahaya kota dalam nada kebiruan. Jalanan di malam hari diterangi oleh campuran sumber cahaya, seperti lampu neon, lampu uap natrium dan LED. Walaupun WB dimaksudkan untuk koreksi warna, namun saya ingin menggunakannya sebagai filter untuk mewarnai seluruh gambar. Dengan menetapkan WB ke [Tungsten Light], saya meliput keseluruhan gambar dalam warna biru. Gambar ruangan dapat dipantulkan pada permukaan kaca ketika memotret melalui jendela. Dalam situasi seperti ini, tutupi kamera untuk mencegah pantulan (dengan kain hitam, misalnya). Karena saya ingin menghasilkan foto bentangan malam dari atas, saya mempersempit aperture ke f/11. Kemudian, saya fokuskan pada bangunan yang terang dalam Live View.

EOS M3/ EF-M18-55mm f/3.5-5.6 IS STM/ FL: 49mm (setara 78mm)/ Aperture-priority AE mode (f/11, 15 det, EV ±0)/ ISO 200/ WB: Tungsten light/ Picture Style: Landscape (Lanskap)

Melalui jendela di menara pengamatan, saya bertujuan untuk menangkap pemandangan jalan yang menyertakan pelabuhan. Dengan menetapkan WB ke [Tungsten Light], seluruh bidikan diliputi oleh nada kebiruan, sehingga memberikan penampilan bentangan malam kota secara jelas.


[Prosedur pemotretan saya]

  1. Pasangkan kamera ke penyangga fotografi buatan tangan, lalu posisikan dekat jendela.
  2. Setelah menentukan komposisinya, tetapkan WB ke [Tungsten Light]
  3. Tutupi kamera dengan kain hitam untuk mencegah pantulan pada kaca.
  4. Lepaskan rana dengan remote control.

Nada merah menjadi lebih kuat jika WB ditetapkan ke [Shade]

WB [Shade] terutama digunakan untuk mengoreksi nada kebiruan pada gambar yang diambil dalam bayangan, supaya gambar memiliki nada kemerahan yang pekat. Ini menegaskan cahaya merah jalanan dan pelabuhan.

Cara mengubah WB

Tekan tombol [Quick Set menu]/Set untuk menampilkan WB. Pilih dan tetapkan ke WB preferensi Anda di bagian bawah panel.

Lensa yang digunakan
EF-M18-55mm f/3.5-5.6 IS STM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

EOS M3 Kit II (EF-M18-55 IS STM & EF-M55-200 IS STM)

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

Shigeki Kawakita

Lahir di Kyoto pada tahun 1967. Lulus dari Photography Department di Osaka University of Arts. Fotografer nightscape (bentangan malam). Aktif di Jepang dan di luar negeri sebagai fotografer untuk buku dan stok foto. Pada saat ini, dia terutama mengambil bidikan nightscape berbagai tempat terkenal di sejumlah kota. Shigeki Kawakita adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

http://www.geocities.jp/shigeki_kawakita/

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Comments (1)

Is there an intervelometer, either integrated or 3rd party, available for this camera? Thank you.

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.