Tips & Tutorials

Menjelajahi Berbagai Sudut dengan Live View EOS 70D

Dengan fungsi Live View EOS 70D, Anda dapat meningkatkan kreativitas Anda. Dengan memanfaatkan creative filter dan kemampuan untuk membidik pada sudut berbeda, sekarang Anda dapat dengan mudah menghasilkan gambar yang unik dan dramatis. (Dilaporkan oleh: Ryosuke Takahashi)

Manfaat Pemotretan Live View

Salah satu manfaat pemotretan Live View dengan menggunakan EOS 70D yaitu, Anda dapat membidik dengan Creative Filter. Ini artinya bahwa Anda akan dapat memilih creative filter yang dikehendaki sebelum mengambil bidikan, sehingga bisa mengekspresikan kreativitas Anda. Kamera juga memberi Anda keleluasaan memilih dari beberapa opsi rasio aspek. Apabila mengombinasikan efek Creative Filter dengan memilih rasio aspek yang unik seperti 1:1 atau 16:9, Anda akan dapat membuat foto yang dramatis serta unik. Selain itu semua, dengan fitur Live View Anda dapat menangkap gambar pada sudut berbeda, yang sebelumnya mungkin sulit dilakukan. Sekarang, Anda akan dapat menemukan keindahan subjek dari sudut yang baru.

Efek Creative Filter dapat juga diterapkan ke gambar yang sudah ada di dalam kartu memori dan rasio aspek bisa diubah dengan menggunakan perangkat lunak Digital Photo Professional (DPP) yang disertakan dengan kotak kemasan kamera. Namun begitu, Anda juga disarankan untuk menerapkan pengaturan ini sewaktu Anda melakukan pemotretan supaya dapat menyesuaikan aperture dan shutter speed yang sesuai, karena nilai-nilainya tidak dapat lagi disesuaikan setelah gambar diambil.

Menjelajahi Bidikan pada Sudut Berbeda

Fotografi makanan dari tampilan atas secara luas digunakan di dalam majalah, karena gambarnya mencakup seluruh gaya hidangan yang tersaji. Terdapat banyak cara lain untuk menangkap gambar makanan yang khususnya sekarang populer di media sosial. Dengan layar LCD vari-angle EOS 70D, Anda akan dapat mengambil bidikan pada sudut yang tidak lazim, bahkan tanpa beranjak dari kursi Anda.

EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS STM/ FL: 22mm/ Aperture-priority AE (1/160 det., f/7.1)/ ISO 400/ WB: Auto

Dengan menggunakan focal length wide-angle, saya dapat menangkap bidikan hidangan tanpa harus berdiri. Pemotretan pada sudut ini juga memberi saya gambar yang bagus dari hidangan saya.

Pegang lensa kuat-kuat dengan satu tangan. Untuk menghasilkan bidikan bagus, aktifkan garis grid pada layar LCD dan sesuaikan sudut bidikan Anda. Manfaatkan FlexiZone – Single untuk mendapatkan fokus yang tepat.

Kombinasi sudut dan efek Creative Filter

Bidikan ini diambil di Chiba Prefecture, Jepang, di mana masih ditemukan bentangan kota tua. Dalam contoh ini, saya memilih rasio aspek 1:1 untuk mengimbangi gerbang rumah, lalu mengombinasikannya dengan efek Creative Filter "Toy camera" untuk menambahkan sentuhan klasik pada gambar. Nada "Toy camera effect" (efek kamera Mainan) ditetapkan ke "Cool tone".

EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS STM/ FL:50mm/ Program AE (1/100 det., f/5.6, -1EV)/ ISO 100/ WB: Daylight

Kombinasi rasio aspek 1:1 dan Creative Filter [Toy camera effect] berpadu selaras dengan retro townscape (bentangan kota retro). Dengan menggunakan FlexiZone - Multi, Anda dapat dengan mudah menangkap gambar.

Gambar di atas diambil di seberang sungai, pada level sepinggang. Saya sesuaikan sudutnya dengan hati-hati untuk mencegah agar gambar rumah tidak terdistorsi.

EOS 70D

Dimensi (P x T x L): Kira-kira 139,0 x 104,3 x 78,5 mm / 5,5 x 4,1 x 3,1 inci.
Berat: Kira-kira 675 g / 23,8 oz. (Kerangka saja)

Klik di sini untuk spesifikasi terperinci

Ryosuke Takahashi

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan Tiongkok. Takahashi adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.