Tips & Tutorials

Teknik Lampu Kilat #2: Menggunakan Lampu Kilat Built-in Menyebabkan Wajah Subjek Saya Menjadi Terlalu Cerah. Sekarang, bagaimana?

Untuk pemandangan di dalam ruangan yang gelap, wajah subjek mungkin tidak mendapatkan sinar yang alami apabila Anda menggunakan lampu kilat built-in. Dalam artikel ini, kami akan mengajarkan kepada Anda, cara mengatasi ini dengan memvariasikan jumlah cahaya dari lampu kilat built-in. Anda dapat menyesuaikan pengaturan untuk mendapatkan level kecerahan yang diinginkan. (Dilaporkan oleh: Teppei Kohno)

EOS 760D/ EF50mm f/1.8 STM/ FL: 50mm (setara 80mm)/ Manual exposure (f/2.0, 1/125 det., EV±0)/ ISO 200/ WB: Auto

 

Sesuaikan pencahayaan kilatan dari lampu kilat built-in

Contoh negatif (1)
- Tanpa menggunakan lampu kilat built-in

 

Contoh negatif (2)
- Menggunakan lampu kilat built-in (tidak ada kompensasi pencahayaan lampu kilat)

 

Kiri: EOS 760D/ EF50mm f/1.8 STM/ FL: 50mm (setara 80mm)/ Manual exposure (f/2.0, 1/100 det., EV±0)/ ISO 200/ WB: Auto
Apabila mengambil foto tanpa menggunakan lampu kilat built-in, nada pencahayaan di dalam ruangan akan agak gelap dan merah. Sumber cahaya ini hangat, tetapi subjek manusia akan tampak gelap. Tekstur wajah dan pakaian tidak tergambarkan secara jelas.

Kanan: EOS 760D/ EF50mm f/1.8 STM/ FL: 50mm (setara 80mm)/ Manual exposure (f/2.8, 1/80 det., EV±0)/ ISO 200/ WB: Auto/ Flash exposure compensation: EV±0
Apabila menggunakan lampu kilat built-in dan cahayanya agak benderang, hal ini tidak memberikan kesan tiga dimensi pada subjek manusia, sehingga membuat subjek terlihat tidak wajar. Jika ini terjadi, Anda dapat menyesuaikan kompensasi pencahayaan lampu kilat untuk mengontrol kecerahan.

 

Contoh bagus - Menggunakan lampu kilat built-in (tidak ada kompensasi pencahayaan lampu kilat)

EOS 760D/ EF50mm f/1.8 STM/ FL: 50mm (setara 80mm)/ Manual exposure (f/2.8, 1/80 det., EV±0)/ ISO 200/ WB: Auto/ Flash exposure compensation: EV-1

 

Dengan menyesuaikan kompensasi pencahayaan lampu kilat ke EV-1 sebelum mengambil foto dengan lampu kilat built-in, Anda akan dapat menangkap jumlah cahaya yang jatuh pada subjek manusia, dan menciptakan penampilan tiga dimensi yang alami dalam foto.

Karena pencahayaan di luar ruangan buruk, maka, subjek akan tampak agak gelap. Anda mungkin mencemaskan mengenai bayangan yang dapat terbentuk di sekitar wajah, namun ini bergantung pada asal sumber cahaya tersebut. Untuk situasi semacam itu, lampu kilat built-in memang efektif, tetapi dengan menggunakan pengaturan normal dapat menyebabkan subjek manusia terlihat terlalu cerah, sehingga kehilangan kesan tiga dimensinya, dan membuat subjek terlihat tidak wajar. Jika itu terjadi, Anda harus menyesuaikan pencahayaan kilatan dari lampu kilat built-in. Fungsi ini disebut ‘flash exposure compensation’ (kompensasi pencahayaan lampu kilat), dan seperti halnya pada exposure compensation, Anda dapat menetapkan nilai positif atau negatif untuk ini.


Jika lampu kilat terlalu benderang, menetapkan kompensasi pencahayaan lampu kilat ke nilai negatif akan mengurangi output kilatan, sehingga menghasilkan penggambaran yang lebih alami. Anda dapat menambah jumlah cahaya yang jatuh pada subjek dengan kesan yang lebih alami, sekaligus memanfaatkan sumber cahaya setempat.

 

Fakta menyenangkan

Anda bisa menemukan kecerahan pilihan Anda dengan kompensasi pencahayaan lampu kilat

 

Kompensasi pencahayaan lampu kilat +2

Kompensasi pencahayaan lampu kilat +1

 

kompensasi pencahayaan lampu kilat 0

kompensasi pencahayaan lampu kilat -1

 

kompensasi pencahayaan lampu kilat -2

 

EOS 760D/ EF50mm f/1.8 STM/ FL: 50mm (setara 80mm)/ Manual exposure (f/2.0, 1/60 det., EV±0)/ ISO 200/ WB: Auto

 

Foto-foto ini diambil dengan menggunakan lampu kilat built-in sewaktu peralihan antara 5 pengaturan flash exposure compensation. Kecerahan subjek akan bervariasi, tergantung pada jumlah cahaya yang digunakan dan Anda akan melihat bahwa kesan masing-masing foto berbeda. Coba dan tentukan pengaturan yang ideal bagi Anda.

Kompensasi pencahayaan lampu kilat adalah dalam peningkatan 1/3 stop, dan dapat disesuaikan dalam kisaran ±3 stops. Semakin positif nilai yang Anda tetapkan, semakin kuat output lampu kilat jadinya. Demikian pula halnya pada output lampu kilat yang akan berkurang dengan menetapkan nilai negatif. Secara default, penetapan akan berada pada ±0, dan beginilah apabila Anda melakukan bidikan percobaan. Jika foto gelap, tetapkan nilai positif. Jika foto terlalu cerah, kurangi nilainya, atau tetapkan ke nilai negatif. Selanjutnya, setelah Anda menetapkan kompensasi pencahayaan lampu kilat, pengaturan akan tetap sama, bahkan jika Anda mematikan kamera. Jangan lupa untuk menetapkan kembali ke pengaturan semula.

 

Cara menyesuaikan kompensasi pencahayaan kilatan dari lampu kilat built-in (*Untuk EOS 760D)

1. Tampilkan quick menu (menu cepat)

Tekan tombol [Q] untuk menampilkan quick menu (menu cepat).

 

2. Pilih ‘flash exposure compensation’

Tekan tombol silang, pilih “flash exposure compensation”, kemudian tekan tombol “SET”.

 

3. Tetapkan compensation level

Setelah layar “flash exposure compensation” ditampilkan, gunakan sub-dial untuk menyesuaikan jumlah cahaya lampu kilat. Setelah mengambil foto, kembalikan pengaturan ke [0].

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

 

Teppei Kohno

 

Lahir di Tokyo pada tahun 1976, Kohno lulus dengan menyandang gelar Social Work dari Fakultas Sosiologi, Meiji Gakuin University, dan magang dengan fotografer Masato Terauchi. Dia memberikan kontribusi untuk terbitan pertama majalah fotografi PHaT PHOTO, dan menjadi fotografer independen setelah itu, pada tahun 2013. Sebagai pengarang dari banyak buku, Kohno tidak hanya memotret semua jenis foto komersial, tetapi juga banyak menulis untuk majalah kamera dan lainnya.

http://fantastic-teppy.chips.jp

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.