Tips & Tutorials

Teknik Lampu Kilat #3: Cara Menggunakan Daylight Sync untuk Membuat Potret Wajah Gemerlap di Luar Ruangan

Dengan menggelapkan latar belakang dan mencerahkan subjek, Anda dapat mengambil potret dramatis yang membuatnya terlihat seakan bermandikan cahaya, membuatnya menjadi pusat perhatian. Dengan menggunakan teknik ini di luar ruangan, memang memungkinkan untuk mengambil gambar yang mengesankan dan terkadang terlihat surealis. Teknik ini disebut daylight sync (sinkronisasi siang), dan dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda, cara menggunakan flash exposure compensation (kompensasi pencahayaan lampu kilat) untuk menyesuaikan cahaya lampu kilat built-in untuk mendapatkan hasil yang terbaik. (Dilaporkan oleh: Teppei Kohno)

EOS 760D/ EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS STM/ FL: 18mm (setara 28mm)/ Manual exposure (f/11, 1/200 det.)/ ISO 100
Flash exposure compensation EV+2

 

Gunakan lampu kilat built-in dan terapkan positive flash exposure compensation (kompensasi pencahayaan lampu kilat positif) untuk menghasilkan efek spotlight (lampu sorot)

*Prosedur Pemotretan
A: Tetapkan mode pemotretan ke Manual, dan tingkatkan f-number. Tetapkan shutter speed (kecepatan rana) ke flash sync speed (kecepatan sinkron lampu kilat) kamera.
B: Terapkan positive flash exposure compensation (kompensasi pencahayaan lampu kilat positif) untuk bidikan.
C: Periksa hasil bidikan Anda, dan sesuaikan positive flash exposure compensation (kompensasi pencahayaan lampu kilat positif) supaya subjek tertangkap secara cerah.
D: Tingkatkan f-number untuk membuat latar belakang semakin lebih gelap.


Teknik yang ingin saya perkenalkan dalam artikel ini adalah ‘Daylight Sync’ (Sinkron Siang Hari), yang mencakup penggunaan lampu kilat di bawah cahaya cerah yang alami. Tetapkan exposure (pencahayaan) untuk membuat latar belakang lebih gelap secara keseluruhan, dan gunakan lampu kilat built-in untuk menerangi subjek. Dengan begitu, akan memastikan bahwa hanya subjek yang bermandikan cahaya lampu kilat, sehingga tampak menonjol, seakan berada di bawah lampu sorot.

Hal yang penting adalah menggunakan fungsi flash exposure compensation dari lampu kilat built-in. Jumlah cahaya yang dipancarkan oleh lampu kilat dapat disesuaikan dalam pengaturan kamera. Dengan mempercerah lampu kilat, hal ini akan meningkatkan kontras antara gelap dan terang, sehingga menghasilkan gambar yang dahsyat dan seimbang dengan baik. Selain itu, saya menyarankan pengaturan lensa ke ujung sudut lebar. Dengan meningkatkan proporsi latar belakang gelap dalam gambar, Anda dapat menghasilkan efek spotlight yang lebih kuat. Fitur lain dari ini yaitu, meningkatkan kesan keluasan dan menghasilkan gambar yang hidup.

 

Contoh negatif - Flash exposure compensation: EV±0

Contoh bagus - Flash exposure compensation: EV+2

Kiri: Flash exposure compensation: EV±0
Ada perbedaan kecil dalam pencahayaan antara latar belakang dan subjek, sehingga menghasilkan foto dengan kesan gelap secara keseluruhan.

Kanan: Flash exposure compensation: EV+2
Dengan menggunakan kompensasi positif besar untuk pencahayaan lampu kilat, akan menciptakan kontras yang lebih besar antara terang dan gelap latar belakang dan subjek, meningkatkan efek spotlight.

 

Hal yang perlu dicatat!

Gunakan manual exposure (pencahayaan manual) untuk menyesuaikan kecerahan latar belakang

f/8/ 1/200 det./ ISO 100

EOS 760D/ EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS STM/ FL: 18mm (setara 28mm)/ Manual exposure (f/8, 1/200 det.)/ ISO 100/ WB: Auto
Untuk bidikan ini, saya menetapkan kecepatan rana ke flash sync speed (kecepatan sinkron lampu kilat) 1/200. Terdapat latar belakang yang gelap pada foto dan efek spotlight yang kuat pada subjek.

 

f/8/ 1/80 det./ ISO 100

EOS 760D/ EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS STM/ FL: 18mm (setara 28mm)/ Manual exposure (f/8, 1/80 det.)/ ISO 100/ WB: Auto
Saya mengambil bidikan ini menggunakan f-number yang sama dengan kecepatan rana ditetapkan ke 1/80 detik. Di sini, latar belakang lebih cerah, dan efek spotlight pada subjek lebih sendu.

 

Hal penting untuk teknik ini yaitu meningkatkan f-number supaya latar belakang yang jauh pun dapat ditangkap dengan sesuai, sehingga menciptakan gambar surealis. Apabila foto Anda memiliki polesan akhir yang lebih gelap secara keseluruhan, maka, mode Manual ini praktis karena Anda dapat menyesuaikan f-number dan kecepatan rana.

Dalam langkah di atas, saya sudah menjelaskan tentang meningkatkan f-number untuk mempergelap latar belakang. Namun demikian, Anda dapat menetapkan kecepatan rana yang lebih lambat untuk melakukan yang sebaliknya, dan mempercerah latar belakang. Meskipun kecepatan rana yang akan digunakan sehubungan dengan lampu kilat built-in harus ditetapkan ke flash sync speed yang ditentukan oleh kamera, namun, dengan menetapkan kecepatan rana yang lebih lambat daripada itu, memungkinkan Anda menyesuaikan kecerahan gambar.

 

Cara menetapkan ke mode Manual apabila menggunakan Daylight Sync (*Untuk EOS 760D)

1. Tetapkan mode dial ke [M]

Tekan tombol "MENU" dan pilih "Flash Control" di bawah tab Shooting 1. Tetapkan ISO speed ke ISO 100.

 

2. Tetapkan kecepatan rana

Putar Main Dial untuk menetapkan flash sync speed kamera (EOS 760D: 1/200 det.).

 

3. Tetapkan f-number

Tekan dan tahan tombol Exposure Compensation di belakang bodi kamera sambil memutar Main Dial untuk menetapkan f-number. Sebagai panduan, gunakan f/8 untuk menangkap latar belakang yang sesuai, kemudian sesuaikan seperlunya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS STM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

Teppei Kohno

 

Lahir di Tokyo pada tahun 1976, Kohno lulus dengan menyandang gelar Social Work dari Fakultas Sosiologi, Meiji Gakuin University, dan magang dengan fotografer Masato Terauchi. Dia memberikan kontribusi untuk terbitan pertama majalah fotografi PHaT PHOTO, dan menjadi fotografer independen setelah itu, pada tahun 2003. Sebagai pengarang dari banyak buku, Kohno tidak hanya memotret semua jenis foto komersial, tetapi juga banyak menulis untuk majalah kamera dan lainnya.

http://fantastic-teppy.chips.jp

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.