Produk

Panduan Fitur Baru pada EOS M5 #4: Servo AF

One Shot AF dan Servo AF tersedia sebagai mode AF untuk EOS M5. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan sejumlah keunggulan Servo AF, yang memang praktis apabila memotret subjek yang bergerak. (Dilaporkan oleh: Kazuo Nakahara)

 

Servo AF melacak subjek yang bergerak sekaligus mempertahankan fokus

Jika mode AF ditetapkan ke One Shot AF (AF Satu Bidikan) apabila memotret subjek yang bergerak dengan menggunakan EOS M5, fokus tetap terpaku pada titik yang Anda fokuskan, meskipun Anda melepaskan rana dengan segera. Oleh karena itu, terdapat risiko subjek yang bergerak pada kecepatan tinggi menjadi di luar fokus akibat ada sedikit jeda waktu antara waktu fokus dan waktu membidik. Dalam situasi semacam itulah, mode Servo AF akan bermanfaat.

EOS M5 menyediakan dua mode AF: One Shot AF dan Servo AF.

 

Servo AF, tidak hanya mempertahankan fokus pada subjek sewaktu tombol rana ditekan separuh, tetapi juga memperhitungkan jeda waktu, karena mode ini memprediksi pergerakan subjek selama pemfokusan otomatis. Mode ini efektif untuk memotret subjek yang sangat dekat dan bergerak menjauhi kamera, serta bekerja secara efektif untuk subjek yang khususnya bergerak pada arah tertentu, misalnya kereta api, mobil dan pesawat udara. Harap diingat, bahwa kecepatan pemotretan beruntun dibatasi hingga 7 fps apabila menggunakan Servo AF. (Ini adalah 9 fps apabila menggunakan One Shot AF)

EOS M5 telah menyempurnakan sejumlah fungsi yang menunjukkan kekuatannya dalam memotret subjek yang bergerak, dengan Servo AF, Touch & Drag AF, Smooth Zone AF, dan pemotretan beruntun kecepatan tinggi. EOS M5 kemungkinan menghasilkan performa pemotretan yang melampaui hasil yang dicapai oleh kamera mirrorless Canon yang ada saat ini.

 

Dalam mode Servo AF, pemotretan beruntun pada 7 fps dimungkinkan

 

 

 

 

EOS M5/ EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM/ FL: 70mm (setara 112mm)/ Shutter-priority AE (f/5, 1/640 det., EV+0,3)/ ISO 160/ WB: Auto
Apabila menggunakan Servo AF (yang memprediksi pergerakan subjek), kamera terus memfokus pada kereta api yang mendekat pada pemotretan beruntun kecepatan tinggi, 7 fps.

 

Melacak pesawat udara bisa dilakukan dengan Servo AF!
EOS M5/ EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM/ FL: 200mm (setara 320mm)/ Aperture-priority AE (f/6.3, 1/1.250 det., EV+0,3)/ ISO 100/ WB: Auto
Setelah pesawat udara masuk ke bingkai, saya menggunakan Servo AF untuk melacaknya, dan menekan tombol rana setelah pesawat terbang mencapai bagian tengah bingkai. Kamera memfokus secara sesuai pada subjeknya.

 

Mode pengoperasian AF

Servo AF

Saya menggunakan Servo AF untuk menangkap gambar gelembung sabun yang bentuknya senantiasa berubah-ubah karena terbawa angin. Meskipun gelembung sabun tembus cahaya dan pergerakannya tidak terduga, namun EOS M5 mampu mempertahankan fokus padanya. Dalam Servo AF, apabila fokus sudah ditetapkan, bingkai AF berubah menjadi biru muda.

 

One Shot AF

Saya menggunakan lensa makro untuk menangkap gambar bunga dengan benang sari kuning yang jelas. Untuk mengandalkan fokus pada ujung benang sari dalam depth of field yang dangkal, saya menggunakan mode One Shot AF.

 

Mengonfigurasi Servo AF

1. Tekan tombol [Quick Set menu].

 

2. Pilih “SERVO” dalam mode AF.

 

Catatan: Jika ukuran bingkai AF ditetapkan ke "Small" (Kecil), Servo AF tidak dapat digunakan

Apabila menggunakan mode Servo AF, kecepatan pemotretan beruntun akan terbatas, dan ukuran bingkai AF "Small" (Kecil) untuk AF 1-titik dan self-timer tidak dapat digunakan.

Jika ukuran bingkai AF ditetapkan ke "Small" (Kecil), Servo AF tidak dapat dipilih.

 

Bacalah Ulasan EOS M5 Bagian 2: Fungsi AF yang Disempurnakan untuk mengetahui selengkapnya mengenai sistem AF pada EOS M5.

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

 

EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

Kazuo Nakahara

 

Lahir di Hokkaido pada tahun 1982, Nakahara berpaling ke fotografi setelah bekerja di perusahaan manufaktur bahan kimia. Ia mengambil jurusan fotografi di Vantan Design Institute dan ia juga berprofesi sebagai penceramah untuk lokakarya serta seminar fotografi, selain bekerja dalam bidang fotografi komersial. Ia juga merupakan perwakilan dari situs web informasi fotografi, studio9.

http://photo-studio9.com/

 

Digital Camera Magazine

 

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.