Produk

Panduan Fitur Baru pada EOS M5 #5: Mode Panning dan pemotretan BULB

Dengan EOS M5, pemotretan dibuat semakin mudah dengan berbagai fitur, seperti mode Panning dan pencahayaan bohlam untuk menangkap jejak cahaya dan kembang api. Mari kita ketahui selengkapnya mengenai kedua mode pemotretan baru ini. (Dilaporkan oleh: Kazuo Nakahara)

 

Panning dibuat mudah untuk semua orang

Panning adalah teknik pemburaman latar belakang sekaligus membekukan subjek yang bergerak. Ini memerlukan keterampilan yang mahir, jadi memang tidak mudah untuk berhasil menggunakan teknik ini tanpa latihan. Namun demikian, EOS M5 memiliki mode Panning yang memungkinkan Anda mengambil bidikan yang sulit secara mudah dengan menggunakan mode tersebut.

Dalam mode ini, kamera secara otomatis menetapkan kecepatan rana berdasarkan kecepatan panning dan panjang fokus lensa. Anda bisa memilih dari 3 level efek panning: “Min.”, “Med.” dan “Max.”. Fitur ini memungkinkan siapa pun menikmati kemudahan panning yang sarat fitur, hanya dengan menempatkan subjek dalam bingkai (posisi dapat disesuaikan) yang muncul di layar, dan menggerakkan kamera seiring subjeknya.

Tinggal tetapkan efek panning dan kamera akan menuntaskan semuanya!
EOS M5/ EF-M18-150mm f/3.5-6.3 IS STM/ FL: 57mm (setara 91mm)/ mode Scene: Panning (f/5.6, 1/40 det., EV+0,7)/ ISO 160/ WB: Auto
Bidikan ini diambil dengan efek panning yang ditetapkan ke “Max.”. Setelah itu, saya hanya perlu menempatkan subjek dalam bingkai, menggerakkan kamera dan melepaskan rana.

 

Cara menetapkan mode Panning

1. Tetapkan mode pemotretan ke mode Scene.

 

2. Tekan tombol [Quick Set menu].

 

3. Sentuh mode Panning.

 

4. Gerakkan kamera bersama subjek dalam bingkai AF untuk menuntaskan bidikan.

 

Saran: Gunakan lensa yang kompatibel dengan mode Panning untuk lebih jauh mengurangi keburaman subjek

Semua jenis lensa bisa digunakan dengan mode Panning. Namun demikian, lensa yang kompatibel dengan mode akan dapat menggunakan informasi gambar untuk mendeteksi pergerakan subjek dan karenanya mengurangi keburaman subjek. EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM kompatibel dengan mode Panning jika firmware ditingkatkan ke Ver 2.0.0.

Untuk memeriksa versi lensa, pilih "firmware Ver." dalam Function Setting Menu (Menu Pengaturan Fungsi) 4.

 

(Lensa kompatibel)

EF-M18-150mm f/3.5-6.3 IS STM

 

EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM

 

Sakelar jauh berkabel memberikan ketenangan pikiran untuk pencahayaan bohlam

Salah satu alasan, mengapa EOS M5 merupakan kamera yang lengkap sepenuhnya karena, kamera ini dilengkapi dengan terminal sakelar jauh.

Pada EOS M3, tidaklah mungkin membidik jarak jauh dengan menggunakan remote controller RC-6, walaupun ini akan lebih nyaman kalau penerima remote control telah ditempatkan di suatu tempat selain dari posisi sekarang di depan. Dengan EOS M5, Anda bisa menggunakan koneksi berkabel yang sangat bisa diandalkan, RS-60E3 dengan pikiran yang tenang, bilamana sering menggunakan pencahayaan bohlam ketika memotret kembang api.

RS-60E3 memiliki mekanisme penguncian, jadi ini efektif, bahkan untuk pencahayaan bohlam dengan kecepatan rana lambat yang melampaui 30 detik. Ini juga praktis untuk memotret jejak cahaya lampu mobil atau bintang gemintang.

Gunakan pencahayaan bohlam untuk menggambarkan jejak cahaya !
EOS M5/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/ FL: 15mm (setara 24mm)/ Manual exposure (f/22, 180 det.)/ ISO 100/ WB: Auto
Dibidik menggunakan kecepatan rana lambat yang ekstrem, 180 detik. Saya menggunakan sakelar jauh untuk melepaskan rana.

 

Cara membidik dengan pencahayaan bohlam

1. Tetapkan mode pemotretan ke Manual Exposure.

 

2. Gunakan Main Dial untuk menetapkan kecepatan rana ke "BULB".

 

3. Putar sub-dial untuk menetapkan nilai aperture.

 

4. Dengan menggunakan sakelar jauh, tekan dan tahan tombol rana selama panjang waktu yang ingin Anda tetapkan untuk pencahayaannya. Waktu pencahayaan akan ditampilkan di bagian bawah layar.

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

 

EF-M18-150mm f/3.5-6.3 IS STM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

Kazuo Nakahara

 

Lahir di Hokkaido pada tahun 1982, Nakahara berpaling ke fotografi setelah bekerja di perusahaan manufaktur bahan kimia. Ia mengambil jurusan fotografi di Vantan Design Institute dan ia juga berprofesi sebagai penceramah untuk lokakarya serta seminar fotografi, selain bekerja dalam bidang fotografi komersial. Ia juga merupakan perwakilan dari situs web informasi fotografi, studio9.

http://photo-studio9.com/

 

Digital Camera Magazine

 

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.