Tips & Tutorials

Cara Menangkap Tetesan Hujan untuk Menciptakan Potret yang Terlihat Surealis

Anda dapat mengubah kesan foto secara signifikan dengan memanfaatkan curahan air hujan secara efektif. Dalam artikel ini, saya akan memperkenalkan beberapa saran profesional untuk menghasilkan bidikan indah yang tampak surealis, dengan menggunakan lampu kilat eksternal untuk menangkap tetesan air hujan. (Dilaporkan oleh: Shoichi Asaoka)

EOS 5D Mark III/ EF24-70mm f/2.8L II USM/ FL: 41mm/ Manual exposure (f/2.8, 1/15 det.)/ ISO 800/ WB: Auto
Dengan bentangan malam sebagai latar belakang, saya memanfaatkan teknik slow sync flash (lampu kilat sinkronisasi lambat) dengan memperlambat kecepatan rana untuk menonjolkan kesan mistis pada model. Selain itu, saya juga menggunakan unit lampu kilat tambahan untuk mempercerah tetesan air hujan sehingga menciptakan penampilan yang fantastis.

Langkah 1: Tentukan posisi model setelah mendapatkan gagasan mengenai gambar akhir

Langkah 2: Tentukan pengaturan pencahayaan yang memungkinkan bentangan malam ditangkap tanpa lampu kilat

Langkah 3: Siapkan satu unit lampu kilat, masing-masing di belakang dan kiri depan model

 
 

Langkah 1: Tentukan posisi model setelah mendapatkan gagasan mengenai gambar akhir

Hal pertama yang disiapkan sebelum membidik yaitu menentukan posisi model sambil memeriksa detailnya, seperti latar belakang, pantulan cahaya dari permukaan jalan. Saya mempertimbangkan, bagaimana panel yang disinari secara bertahap akan menjadi lebih kecil satu per satu, serta keseimbangannya dengan warna cahaya, lalu yang terakhir, menentukan komposisi yang menciptakan ruang di sebelah kiri apabila dilihat dari depan. Perhatikan, bahwa setiap kali kita mengubah posisi model atau kamera, kita perlu menyesuaikan posisi lampu kilat dan cahaya, oleh karena itu disarankan agar kita menuntaskan posisinya secepat mungkin.

Langkah 2: Tentukan pengaturan pencahayaan yang memungkinkan bentangan malam ditangkap tanpa lampu kilat

Berikutnya, tentukan pengaturan pencahayaan yang memungkinkan bentangan malam ditangkap dengan indah tanpa menggunakan lampu kilat. Karena cahaya dari lampu kilat tidak menjangkau latar belakang, dan jika dilakukan, hal ini juga menentukan kecerahan gambar secara keseluruhan. Contoh yang diilustrasikan di sini adalah bidikan genggam, tetapi jika kecepatan rana menjadi terlalu lambat, dianjurkan untuk menggunakan tripod.

Langkah 3: Siapkan satu unit lampu kilat, masing-masing di belakang dan kiri depan model

Terakhir, siapkan unit lampu kilat dan sesuaikan kecerahan lampu kilat yang digunakan untuk menyinari model. Transmiter nirkabel akan praktis dalam kasus ini, karena memungkinkan kontrol cahaya lampu kilat tanpa kabel.

Saya menggunakan lampu kilat eksternal yang ditaruh di belakang untuk mempercerah tetesan air hujan dan sekaligus menerpakan cahaya secara langsung pada model. Sementara itu, untuk menyinari model dari depan, saya memasangkan bouncer ke lampu kilat di bagian depan dan membiarkannya berdiri dengan sendirinya. Jika Anda belum begitu menguasai prosedur ini, sebaiknya menyesuaikan satu unit lampu kilat setiap kali, sampai Anda betul-betul menguasai prosedurnya. Jika AF tidak dapat berfungsi akibat keadaan sekelilingnya gelap, sinari model dengan hanya menggunakan cahaya LED ketika Anda menetapkan fokus. Selain itu, tata rambut dan pakaian subjek bisa kusut jika hujannya sangat deras, jadi disarankan agar Anda menuntaskan bidikan secepat mungkin dalam kasus ini.

Barang Wajib Dimiliki
Rogue FlashBender S

FlashBender adalah barang yang sangat berguna, yang memudahkan fotografi lampu kilat pantulan. Kabel fleksibel dibuat dan dimasukkan ke bagian belakang, yang memungkinkan Anda mengubah bentuknya secara leluasa.

 
 
Shoichi Asaoka

Lahir pada tahun 1973 di Tokyo. Selain memotret subjek sebagai model dan merchandise untuk iklan, Asaoka juga menghasilkan serangkaian karya yang memotret model dalam bidikan langsung, atau bersama dengan pemandangan larut senja atau malam hari.

 
Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

 
 
 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.