Tips & Tutorials

Fotografi Lanskap: Pemotretan Pemandangan Laut

EOS 5D Mark II, EF17-40mm f/4L USM lens, f/14, 0.6sec, 17mm, ISO200 oleh Jopetsy

Dari sebuah sinar berkilau biru kehijauan yang membentang hingga cakrawala pada lautan yang penuh gejolak yang dibatasi oleh buih putih, lautan menyajikan keagungannya dalam berbagai bentuk. Terdapat seni dalam memotret energi yang murni dan tak terduga. Jika Anda ingin mengarahkan lensa Anda pada lautan, pelajari lebih banyak tentang pemotretan pemandangan laut di sini.

EOS 6D, EF24-105mm f/4L IS USM lens, f/18, 11sec, 24mm, ISO100 oleh Andrew Thackway

Secara teknis merupakan subgenre dari fotografi lanskap, seni dalam pemotretan lautan tidak semudah yang dibayangkan. Seperti fotografi lanskap, jika Anda memotret di luar ruangan, Anda harus menerima dunia yang Anda temui, karena Anda tidak memiliki kendali terhadap elemen-elemen tersebut. Satu hal yang dapat Anda kendalikan adalah penampilan dari gelombang, apakah Anda lebih memilih mereka untuk tampil seperti kaca yang halus atau bergelombang dengan gerakan dan kekuatan.

Pelajari kiat fotografi lanskap dalam artikel ini: Menguasai Seni Fotografi Pemandangan

EOS 60D, EF24-105mm f/4L IS USM lens, f/11, 1/8sec, 47mm, ISO800 oleh Jonathan Dinh

Pemandangan laut bisa menjadi tantangan utama, namun pantai menyediakan sebuah paduan yang unik antara elemen dan kondisi cuaca yang tidak terlihat di tempat lainnya. Anda akan perlu berusaha untuk dapat melakukannya dengan baik. Dengan sedikit kesabaran dan latihan, Anda akan dapat menghasilkan gambar yang sangat menakjubkan.

 

Peralatan Utama

EOS 5D Mark III, EF16-35mm f/2.8L II USM lens, f/2.8, 1/8000, 35mm, ISO100 oleh Davide D’Amico

Lensa wide angle dan lensa hood: Pilihan lensa Anda ditentukan oleh efek yang Anda inginkan; kebanyakan fotografer pemandangan laut memilih lensa sudut lebar untuk memotret sebanyak mungkin pemandangan yang bisa didapatkan. Lensa sudut lebar juga akan membantu mendapatkan kesan kemegahan – sebuah jarak fokus yang lebih luas dari 35mm, meskipun Anda masih bisa mendapatkan pemotretan yang bagus melalui jarak fokus lainnya. Lensa hood adalah pilihan lain jika Anda memiliki filter UV, namun ini dapat membantu menghilangkan kilauan, meningkatkan kontras dan memberikan beberapa

Contoh lensa sudut lebar:
Canon EF11-24mm f/4L USM
Canon EF16-35mm f/2.8L III USM

EOS 5D Mark III, EF17-40mm f/4L USM lens, f/11, 0.6sec, 17mm, ISO100 oleh Gemma Stiles

Tripod dan remote kontrol: kemungkinan besar Anda akan memotret banyak gambar dengan eksposur panjang, dalam hal ini tripod akan sangat berguna. Pertimbangkan untuk berinvestasi sedikit lebih banyak jika Anda ingin membelinya, karena tripod akan membantu dalam pengambilan elemen secara terus menerus. Remote kontrol akan membantu untuk mengurangi goncangan, meskipun Anda juga dapat menggunakan self-timer di kamera Anda.

Baterai cadangan : Terus menerus melakukan pemotretan eksposur panjang akan menghabiskan baterai Anda dan tentunya Anda tidak ingin berada dalam situasi di mana kamera Anda mati di saat Anda baru saja akan mendapatkan potretan gelombang yang luar biasa!

EOS 7D, EF-S15-85mm f/3.5-5.6 IS USM lens, f/16, 1/60sec, 15mm, ISO100 oleh Graeme Law

Penyaring/Filter : Terdapat 3 jenis filter yang dapat digunakan untuk fotografi pemandangan laut. Filter polarisasi membantu Anda mengurangi kilauan dan pantulan cahaya, menghasilkan warna yang lebih redup dan membuat langit menjadi biru tua. Hal ini mengurangi sekitar 2 pemberhentian pada eksposur Anda jika Anda menginginkan efek kabur pada air. Filter densitas mengurangi jumlah cahaya yang melewati dan memungkinkan Anda untuk memotret dengan kecepatan shutter yang lebih rendah, terdapat kekuatan yang bervariasi dari 1 hingga 10. Filter ini tidak mempengaruhi warna, nada atau saturasi. Terakhir, Filter Graduated Neutral Density membantu eksposur antara latar depan dan latar belakang, merupakan sebuah masalah rumit ketika Anda memotret pemandangan langit.

Larutan pembersih lensa dan kain: memotret di sekitar pantai berarti peralatan Anda akan sering terkena pasir. Selalu bersihkan peralatan Anda setelah pemotretan berakhir dan harus dilakukan secara lembut karena pasir kering akan mudah membuat lensa Anda tergores.

 

Hal Untuk Dipertimbangkan

EOS 5DS R, EF16-35mm f/4L IS USM lens, f/8, 2sec, 16mm, ISO50 oleh The Narratographer

Waktu pada hari pemotretan: Kesabaran adalah kunci utama ketika membicarakan tentang pemotretan pemandangan laut, karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi! Salah satu faktor yang paling penting dari fotografi pemandangan laut adalah pencahayaan, jadi pertimbangan waktu pada hari saat Anda akan melakukan pemotretan.

Baca lebih lanjut tentang bagaimana kondisi pencahayaan mempengaruhi fotografi pemandangan Anda: Menangkap Lanskap yang Mencengangkan di Bawah Kondisi Cahaya yang Selalu Berubah

EOS 5D Mark II, EF17-40mm f/4L USM lens, f/14, 1/4sec, 17mm, ISO50 oleh Jopetsy

Kecepatan Shutter: Karena semua gambar akan melibatkan air, kecepatan shutter sangatlah penting bagi hasil akhir dari gambar Anda. Kecepatan shutter yang lebih cepat akan membekukan aksi dan ideal untuk pemotretan gelombang ataupun arus yang melewati, dan kecepatan shutter yang lebih lambat akan membantu mengaburkan air dan memberikan Anda sebuah gambar dengan efek "berkabut". Tidak ada aturan pasti tentang kecepatan shutter apa yang harus Anda gunakan, jadi bermainlah dan lakukan percobaan.

EOS 6D, EF24-105mm f/4L IS USM lens, f/20, 135sec, 24mm, ISO100 oleh Andrew Thackway

Kedalaman ruang dan komposisi: Jangan hanya memotret lautan sebagaimana mestinya - carilah elemen menarik yang dapat digabungkan ke dalam gambar Anda untuk melakukan pemotretan akhir. Carilah batu, akar yang menonjol dari pasir atau bahkan dermaga di kejauhan untuk memberikan garis-garis lain pada gambar. Seperti pada kebanyakan fotografi lainnya, jangan abaikan aturan sepertiga.

 

Bekerja Bersama Elemen

EOS 6D, EF24-105mm f/4L IS USM lens, f/16, 120sec, 28mm, ISO100 oleh Brian Roberts

Tebing: Tempatkan pemotretan Anda pada sebuah tebing. Jika terdapat tebing di sekitar, maka dapat memberikan titik pandang yang hebat, Anda akan dapat mengambil gambar yang luar biasa di atasnya. Memotret ke bawah pantai sambil memastikan untuk memasukkan batu besar di antaranya akan menjadi sebuah pemandangan yang sangat menarik secara visual.

Pasir: Bermain dengan pasir basah dapat memberikan refleksi yang menarik, dan terlihat sangat bagus ketika dalam kondisi monokrom.

EOS 400D, EF-S18-55mm f/3.5-5.6 lens, f/6.3, 1/160sec, 31mm, ISO800 oleh Jeremy Segrott

Cuaca: Meskipun Anda tidak dapat mengendalikan cuaca, Anda dapat memanfaatkannya. Hari badai memungkinkan untuk mengambil gambar yang dramatis - pikirkan tentang gemuruh awan badai dan gelombang, sementara pada hari yang cerah, Anda bisa mendapatkan hasil gambar yang sempurna untuk kartu pos.

Pertimbangan pasang laut - Pasang rendah memberikan Anda kesempatan untuk memotret lebih banyak tentang pantai, dengan kemungkinan untuk menemukan makhluk hidup kecil dan objek lainnya seperti kayu apung dan rumput laut untuk memberikan Anda lebih banyak dimensi, sedangkan pasang tinggi memberikan Anda kesempatan untuk memotret gelombang yang sedang menabrak bebatuan

 

Utamakan Keselamatan

Meskipun fotografi pemandangan laut sangat menyenangkan, ingatlah bahwa hal ini juga berbahaya. Kemungkinan Anda akan mendaki permukaan yang licin dan saat air pasang, peralatan Anda kemungkinan akan tersapu oleh arus. Berhati-hatilah dan lanjutkan pemotretan.

Kiat Singkat:

  • Kecepatan shutter menentukan efek lautan yang akan Anda dapatkan - tentukan apakah Anda ingin gambar terlihat halus seperti kaca atau memotret ombak dan sesuaikan kebutuhan Anda.
  • Lensa sudut lebar akan memberikan rasa kemegahan pada gambar Anda, pilihlah jarak fokus yang lebih luas dari 35mm
  • Semua elemen adalah teman Anda. Sebuah tebing yang mengapit lautan atau sebuah kayu apung di tepi pantai dapat meningkatkan komposisi pada gambar Anda
  • Lindungi peralatan Anda dan pastikan tetap kering!

 

Daftar dan dapatkan update terbaru tentang berita, kiat dan trik fotografi!

 

 

Profil penulis

Mona Teo

Mona Teo adalah seorang penulis yang tinggal di Singapura yang percaya bahwa tidak ada yang lebih hebat daripada kata-kata yang tertulis (kecuali kopi). Sebagai penggemar kegiatan menyelam serta jalan-jalan, semangatnya yang menyala membawanya terbang ke seluruh dunia, untuk mencari inspirasi.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.