Tips & Tutorials

Lensa FAQ #2: Sungguhkah Lensa Cerah Dapat Lebih Memudahkan Untuk Melihat Melalui Viewfinder?

Serial ini semuanya tentang menjawab pertanyaan mengenai kamera yang Anda kira Anda ketahui (padahal tidak). Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan, mengapa menggunakan lensa EF cerah akan membuat Anda ingin lagi mengambil gambar yang lebih banyak. (Dilaporkan oleh: Ryosuke Takahashi)

 

Anda akan terkesan, betapa cerah gambar yang tampak dalam viewfinder

Viewfinder dipasangi lensa f/1.4

Viewfinder dipasangi lensa f/4

 

Dengan membandingkan gambar viewfinder dari EF24mm f/1.4L II USM & EF24-105mm f/4L IS USM, Anda bisa tahu bahwa f-number lensa yang berbeda, secara langsung terkait dengan kecerahan viewfinder. Walaupun perbedaannya relatif lebih sulit untuk dilihat pada pemandangan yang cerah, seperti bidikan di luar ruangan, ketika memotret pemandangan yang gelap, semakin kecil f-number, semakin jelas kecerahannya dalam viewfinder.

Pada kamera yang dilengkapi dengan viewfinder optik, cahaya yang masuk dari lensa dipantulkan oleh cermin utama, dll., ke viewfinder, sehingga memungkinkan gambar ditangkap pada layar pemfokusan untuk dilihat secara langsung. Akibatnya, apabila lensa cerah (yaitu, lensa dengan f-number minimum kecil) digunakan, gambar viewfinder akan secara wajar tampak lebih cerah karena jumlah cahaya yang masuk ke viewfinder meningkat secara proporsional.
Mekanisme ini memang unik pada viewfinder optik. Secara kontras, untuk viewfinder elektronik, gambar yang ditangkap oleh sensor gambar dialihkan ke, dan ditampilkan pada layar LCD. Oleh karena itu, kecerahan gambar dalam viewfinder elektronik tidak berbeda dengan kecerahan lensa.
Dengan tampilan yang lebih cerah dalam viewfinder optik, tidak saja dapat lebih mudah melihat detail subjeknya secara wajar, tapi Anda pun memiliki keuntungan yang lebih besar ketika memotret di tempat gelap.

Walaupun viewfinder cerah tidak akan memiliki efek buruk dalam fotografi Autofocus (AF), namun dapat menyulitkan bagi mata untuk mengecek fokus puncak secara jelas apabila menggunakan Manual Focus (MF) untuk pemandangan yang cerah. Dalam kasus seperti ini, alihkan ke layar pemfokusan khusus (khusus pada model yang kompatibel) dan sesuaikan supaya fokus puncak dapat dicek dengan mudah.

A: Pentaprisma atau pentamirror
B: Viewfinder
C: Cermin utama

Ini adalah ilustrasi tentang apa yang terjadi apabila Anda melihat subjek dengan viewfinder melalui lensa DSLR. Karena cahaya yang melintasi lensa DSLR ditentukan oleh aperture lensa, jumlah cahaya yang terlihat oleh mata, tergantung pada aperture maksimum lensanya. Jika merupakan lensa cerah, viewfinder akan tampak cerah, karena setiap kali tersedia lebih banyak cahaya.

 
 
Ryosuke Takahashi

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan Tiongkok. Takahashi adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

 
Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.