Tips & Tutorials

[Pelajaran 10] Pengaruh Lensa Zoom Wide-angle pada Foto Anda

Dalam Pelajaran 10, saya akan menjelaskan, bagaimana lensa zoom wide-angle mempengaruhi kesan foto Anda. Jika Anda berniat untuk mulai menggunakan kamera mirrorless, atau baru saja membeli kamera, serial artikel ini memberikan pelajaran yang mudah dipahami tentang teknik menangkap foto mempesona dengan menggunakan EOS M yang menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan pengoperasian mudah yang layak dibanggakan. Dengan mempelajari dasar-dasar kamera dan fotografi, Anda dapat dengan mudah menghasilkan bidikan yang diinginkan! (Foto oleh: Yuji Ogura, Ditulis & Diselenggarakan oleh: Camera Biyori Editorial Department)

T: Bagaimana lensa zoom wide-angle mempengaruhi kesan foto Anda?

J: Lensa wide-angle mampu menangkap area tampilan yang lebih lebar. Di samping itu, lensa ini pun praktis ketika Anda mencoba memotret di tempat sempit yang membatasi gerak fotografer. Lensa wide-angle yang ekstrem mendistorsi dan membungkus gambar yang dapat menyebabkan objek yang dekat dengan kamera akan tampak lebih besar sedangkan objek di kejauhan akan tampak lebih kecil.

EF-M11-22mm f/4-5.6 IS STM

Konstruksi lensa: 12 elemen 9 kelompok
Jarak pemfokusan terdekat: Kira-kira 0,15m
Max. magnification: Kira-kira 0,3x
Ukuran filter: φ55mm
Ukuran: Kira-kira φ60,9×72,9mm
Berat: Kira-kira 220g

Klik di sini untuk melihat rincian EF-M11-22mm f/4-5.6 IS STM

Dirancang untuk EOS M, EF-M11-22mm f/4-5.6 IS STM adalah lensa zoom wide-angle yang memberikan sudut pandang setara dengan sekitar 18mm hingga 35mm dalam format 35mm. Di samping menangkap area yang lebar, jarak pemfokusan terdekat sekitar 15cm memungkinkan fotografer mengambil bidikan pada jarak dekat dari subjeknya.

Perbandingan Sudut Pandang

Bandingkan sudut pandang dalam bidikan berikut, di mana struktur arsitektural yang ditangkap dari jarak yang sama, masing-masing pada sudut pandang 18mm dan 11mm.

Ujung Wide-angle Zoom Standar (18mm)

Pada 18mm, kedua sisi bangunan dikrop.

Ujung Wide-angle Zoom Standar (11mm)

Pada 11mm, bangunan ditangkap seluruhnya. Efek perspektif membuatnya tampak lebih besar daripada yang sesungguhnya.

Menjelajahi Foto dengan Naluri Keluasan

Apabila Anda menangkap bidikan bangunan tinggi dari level tanah, atau apabila sulit mempertahankan jarak yang mencukupi dari subjeknya di lokasi dalam ruangan, gunakan lensa wide-angle yang bisa membantu Anda menangkap seluruh penampilannya sehingga menghasilkan keluasan atau kedalamannya. Foto yang dihasilkan menampakkan kesan objektif seakan-akan sang fotografer sedang berdiri pada jarak yang jauh dari subjeknya.

Kamera mirrorless pertama Canon, EOS M, tersedia dalam empat variasi warna (hitam, merah, putih dan silver). Anda bisa memilih warna favorit Anda.

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

Yuji Ogura

Karya fotografi Ogura sangat luas, dari karya fotografis pemotretan hingga pengembangan dan pencetakan film. Ia adalah salah satu pendidik di "Camera Biyori Photography School". Ia memulai kariernya sebagai engineer di laboratorium film, kemudian mendirikan lab "mogu camera" miliknya sendiri. Ia juga menjalankan studio potret "mogu sun".

Camera Biyori

Camera Biyori adalah majalah fotografi di Jepang yang memperkenalkan foto serba mempesona dan kegembiraan sehari-hari bersama kamera. Selain mengemukakan berbagai aktivitas ceria yang berkaitan dengan kamera dan fotografi, departemen editorial Camera Biyori juga menawarkan "Camera Biyori Photography School" untuk menganjurkan para pembacanya agar aktif dalam fotografi dan bergembira-ria.

http://www.camerabiyori.com

Diterbitkan oleh Daiichi Progress Inc.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.