Tips & Tutorials

[Pelajaran 11] Picture Style

Picture Style adalah fungsi yang hanya tersedia pada DSLR dan dengan ini Anda dapat mengubah gaya foto seperti layaknya Anda mengganti film. Dalam seri EOS, Anda dapat memilih dari 7 gaya yang tersedia. (Dilaporkan oleh Ryosuke Takahashi)

Halaman: 1 2

Digitasi memungkinkan gaya foto mudah dipilih

Seperti mengganti film dalam kamera film, Anda dapat mengubah berbagai gaya foto dengan menggunakan fungsi “Picture Style” dalam kamera digital. Pada DSLRs terdahulu, Picture Style ditentukan dengan menyesuaikan setiap pengaturan, seperti saturasi, kontras, dll. Namun, Picture Style memungkinkan pengguna memilih gaya yang dikehendaki dari 7 gaya yang tersedia tanpa harus melakukan penyesuaian untuk menyempurnakannya. Di bawah “Auto” Picture Style, pemandangan yang sedang dibidik, dianalisis dan warnanya secara otomatis disesuaikan ke pengaturan optimal. Jika Anda memilih Picture Style untuk menyelaraskannya dengan subjek, Anda dapat memperoleh polesan foto yang diinginkan.

AUTO

Pemandangan yang dibidik secara otomatis, dianalisis oleh kamera untuk memperoleh warna optimal. Khususnya, langit yang biru, kehijauan, pemandangan malam, dll., dapat ditangkap dalam warna-warna yang jelas.

STANDARD

Warna dasar EOS DSLR dapat digunakan untuk sebagian besar subjek. Dengan saturasi yang lebih tinggi dan densitas warna, fungsi ini dapat digunakan tanpa perlu pemrosesan lebih jauh selama pencetakan.

PORTRAIT

Gaya ini sesuai untuk menangkap warna dan tekstur kulit subjek wanita dan anak-anak, dll. Dibandingkan dengan “Standard” Picture Style, rona kulit tampak lebih baik dan halus.

NEUTRAL

Gaya ini menangkap subjek dengan kontras dan saturasi rendah. Dibandingkan dengan gaya foto lainnya, cahaya dan hue lebih ditekan. Ini sesuai untuk memotret pemandangan yang memiliki kontras antara cerah dan gelap yang kuat.

LANDSCAPE

Seperti yang disiratkan oleh namanya, gaya ini sesuai untuk mengambil foto lanskap. Dengan ketajaman dan kontras tinggi, fungsi ini menangkap hijau sayuran dan langit biru yang cemerlang. Pemandangan yang jauh pun dapat ditangkap secara jelas.

FAITHFUL

Gaya ini mereproduksi warna subjek yang sesungguhnya di bawah cahaya langsung. Fitur ini dapat secara akurat menangkap warna subjek seperti aneka produk, bulu hewan, dll.

MONOCHROME

Gaya ini memiliki efek toning yang serupa dengan film monokrom. Selain menampilkan warna hitam dan putih saja, Anda juga dapat mengubah gaya ke sepia, monokrom biru, atau merah. Untuk mengubah efek toning monokrom, ubahlah “Toning Effect” di bawah menu opsi sewaktu memilih “Monochrome” sebagai Picture Style.

Cara Menetapkan Picture Style

Tekan tombol Picture Style untuk menampilkan menu dan menggunakan kunci silang untuk mengubah Picture Style. Jika Anda sedang berada dalam Special Scene Shooting Modes, Anda dapat memilih salah satu Picture Style yang tersedia.

Untuk memilih gaya monokrom dengan nada sepia, pilih “Monochrome” dari “Picture Style” di menu. Selanjutnya, Anda dapat memilih efek toning yang diinginkan, seperti sepia, biru, merah, dll.

Ryosuke Takahashi

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan Tiongkok. Takahashi adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.