Tips & Tutorials

[Pelajaran 2] Mempelajari pengaturan dasar EOS M dan saran untuk pemfokusan

Dalam pelajaran kedua, mari kita belajar tentang pengaturan dasar untuk penentuan sebelum mengambil foto dengan menggunakan EOS M, serta metode untuk menyesuaikan fokus. Jika Anda berniat untuk mulai menggunakan kamera mirrorless, atau baru saja membeli kamera baru, serial artikel ini memberikan pelajaran yang mudah dipahami tentang teknik menangkap foto mempesona dengan menggunakan EOS M yang menghasilkan gambar berkualitas tinggi yang layak dibanggakan, namun mudah mengoperasikannya, bahkan oleh para pemula. Dengan mempelajari dasar-dasar kamera dan foto, Anda dapat dengan mudah menghasilkan bidikan yang didambakan. (Ditulis & Diatur oleh: Camera Biyori Editorial Department)

Halaman: 1 2

T: Bagaimana memilih pengaturan kamera?

J: Sebelum mengambil foto, akan berguna jika menentukan pengaturan seperti format untuk merekam gambar Anda, grid display selama pemotretan, metode AF, serta mode pemotretan.

Untuk kualitas perekaman gambar, Anda dianjurkan memilih “L,” kualitas tertinggi, seperti diindikasikan oleh ikon dengan lereng yang mulus. Dengan pengaturan ini Anda dapat mempertahankan kualitas gambar yang tinggi dalam cetakan foto yang besar.

"Grid display" menampilkan garis-garis grid yang bisa digunakan sebagai referensi untuk memeriksa vertikalitas atau horizontalitas struktur arsitektural atau cakrawala, serta untuk menyusun bidikan yang seimbang.

Untuk metode pemfokusan, akan nyaman jika menetapkan "AF method" ke "FlexiZone - Single" jika subjek tidak bergerak, dan memilih "FlexiZone - Multi" jika subjek bergerak. Jika subjek bergerak, Anda juga dianjurkan untuk menetapkan "Continuous AF" ke "Enable" agar kamera dapat mempertahankan fokus pada subjek.

Bagi pemula dalam bidang fotografi, dianjurkan menggunakan mode pemotretan "Creative Auto (CA)", karena pengguna dapat mudah menyesuaikan batas bokeh dan suasana gambar yang dihasilkan.

T: Apa saran untuk menyesuaikan fokus?

J: Awali dengan "menekan separuh" tombol shutter.

1: Awali dengan menekan separuh tombol shutter untuk memperoleh fokus.
Tekan tombol shutter secara ringan (separuh jalan) untuk memperoleh fokus pada subjek, diikuti dengan menekan tombol seluruhnya untuk mengambil gambar. Jika menekan tombol shutter seluruhnya ke bawah dalam satu gerakan, hasil gambar bisa di luar fokus.

Apabila tombol shutter ditekan separuh, terdengar bunyi “bip” elektronik yang dikeluarkan serta frame titik AF berubah warnanya setelah fokus diperoleh.

Jika fokus tidak diperoleh, frame titik AF tidak berubah warna.

2: Jangan gerakkan kamera ke depan atau ke belakang setelah fokus ditetapkan!
Fokus diperoleh menurut jarak dari subjek ke kamera. Meskipun hanya frame AF kecil yang muncul di layar untuk pemfokusan, tapi sesungguhnya fokus sudah diperoleh pada semua bagian subjek yang terletak pada bidang yang sama. Oleh karena itu, hati-hati, jangan gerakkan kamera ke depan atau ke belakang setelah fokus diperoleh! Jika dilakukan, hal ini dapat menyebabkan titik dalam fokus bergeser.

1: Membidik dengan kamera menghadap ke subjek

2: Bidik dari atas subjek pada suatu sudut

Fokus jatuh pada bidang yang jauh dari kamera. Dalam contoh ini, fokus ditetapkan pada seluruh permukaan hijau (Beruang kutub dalam fokus untuk foto 1, beruang kutub dan jerapah dalam fokus untuk foto 2). Semakin jauh jarak dari bidang focal, semakin besar efek bokeh yang dihasilkan.

Kamera mirrorless pertama Canon, EOS M, tersedia dalam empat variasi warna (hitam, merah, putih dan silver). Anda bisa memilih sesuai selera.

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

Camera Biyori

Camera Biyori adalah majalah fotografi di Jepang yang memperkenalkan foto serba mempesona dan kegembiraan sehari-hari bersama kamera. Selain mengemukakan berbagai aktivitas ceria yang berkaitan dengan kamera dan fotografi, departemen editorial Camera Biyori juga menawarkan "Camera Biyori Photography School" untuk menganjurkan para pembacanya agar aktif dalam fotografi dan bergembira-ria.

http://www.camerabiyori.com

Diterbitkan oleh Daiichi Progress Inc.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.