Tips & Tutorials

[Pelajaran 9] Pengaruh Pembingkaian Pada Fotografi

Dalam Pelajaran 9, saya akan menjelaskan, bagaimana pembingkaian (framing) mempengaruhi kesan foto Anda. Jika Anda berniat untuk mulai menggunakan kamera mirrorless, atau baru saja membeli kamera, serial artikel ini memberikan pelajaran yang mudah dipahami tentang teknik menangkap foto mempesona dengan menggunakan EOS M yang menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan pengoperasian mudah yang layak dibanggakan. Dengan mempelajari dasar-dasar kamera dan fotografi, Anda dapat dengan mudah menghasilkan bidikan yang diinginkan! (Foto oleh: Yuji Ogura, Ditulis & Diselenggarakan oleh: Camera Biyori Editorial Department)

T: Bagaimana pembingkaian mempengaruhi kesan foto Anda?

J: Pembingkaian merujuk ke penentuan cara subjek diposisikan di dalam bingkai. Ada tiga cara pembingkaian, "vertical," "horizontal," dan "square." Rasio antara panjang dan lebar frame disebut "aspect ratio" (rasio aspek). Masing-masing dari ketiga jenis ini memberikan kesan berbeda, jadi, Anda harus memilih satu dengan keseimbangan terbaik menurut subjeknya.

Pembingkaian

Di sini, mari kita belajar tentang beberapa cara umum pembingkaian: vertical, horizontal, dan square.

Memotret secara horizontal = Memegang kamera secara horizontal

Memungkinkan perhatian pemirsanya bergerak secara horizontal, dan teknik ini memudahkan untuk mengekspresikan alur waktu. Subjek tidak ditekankan secara berlebihan, dan gambar yang dihasilkan pada umumnya memberikan kesan lembut.

Memegang kamera secara horizontal. Tempatkan lensa pada telapak tangan kiri Anda untuk mengencangkan cengkeraman.

Memotret secara vertikal = Memegang kamera secara vertikal

Subjek cenderung menonjol, memberikan kesan subjektif yang secara jelas menyampaikan tujuan fotografer.

Memegang kamera secara vertikal. Berat kamera hampir sepenuhnya dibebankan pada tangan kiri Anda.

Memotret dalam format segi empat (square) = Menetapkan aspek rasio ke 1:1

Perhatian pemirsa dengan sendirinya diarahkan ke bagian tengah, menambahkan kestabilan ke komposisi. Metode pembingkaian ini membantu membuat bidikan yang seimbang dengan baik.

Memegang kamera secara horizontal sewaktu rasio ditetapkan ke 1:1. Perhatikan bahwa gambar pada layar LCD belakang ditampilkan dalam pengaturan 1:1.

Apakah rasio aspek itu?

Rasio aspek merujuk ke rasio atau perbandingan panjang dan lebar foto. Rasio aspek merujuk ke rasio antara panjang dan lebar foto. Seperti pada film 35mm, format paling umum adalah "3:2". Di layar menu EOS M, Anda dapat mengubah pengaturan rasio aspek ke "4:3", "16:9" atau "1:1".

Pilih "Aspect ratio" dari layar menu.

Pada EOS M, ada empat opsi rasio aspek yang bisa Anda pilih: "3:2", "4:3", "16:9", atau "1:1".

Kamera mirrorless pertama Canon, EOS M, tersedia dalam empat variasi warna (hitam, merah, putih dan silver). Anda bisa memilih favorit Anda.

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

Yuji Ogura

Karya fotografi Ogura sangat luas, dari karya fotografis pemotretan hingga pengembangan dan pencetakan film. Ia adalah salah satu pendidik di "Camera Biyori Photography School". Ia memulai kariernya sebagai engineer di laboratorium film, kemudian mendirikan lab "mogu camera" miliknya sendiri. Ia juga menjalankan studio potret "mogu sun".

Camera Biyori

Camera Biyori adalah majalah fotografi di Jepang yang memperkenalkan foto serba mempesona dan kegembiraan sehari-hari bersama kamera. Selain mengemukakan berbagai aktivitas ceria yang berkaitan dengan kamera dan fotografi, departemen editorial Camera Biyori juga menawarkan "Camera Biyori Photography School" untuk menganjurkan para pembacanya untuk aktif dalam fotografi dan bergembira-ria.

http://www.camerabiyori.com

Diterbitkan oleh Daiichi Progress Inc.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.