Foto & Persona

Membuat Karya Seni Abadi

Apa pun dapat dibuat menjadi karya seni, bahkan buah alpukat atau popcorn. Ahli perancang Rose Claudel dan seniman Antonio Pierre Fernandez sangat menyukai mengubah sesuatu yang begitu bersahaja dan bertahan sekilas, menjadi karya seni yang bertahan lebih lama daripada sebelumnya.

Ahli perancang buah alpukat, Rose Claudel, memandangi buah alpukat di tangannya. Buah yang mudah hancur, warna daging alpukat cepat berubah menjadi warna cokelat setelah terkena udara. Rose sangat menyadari kenyataan ini. Tenggelam dalam angan-angan menciptakan karya seni, Rose mengukir daging buah secara cepat dan terampil, mengubah buah menjadi kepingan karya seni. “Untuk mengabadikan momen terbaiknya, saya harus memfotonya dulu," katanya.

Dibidik dengan EOS M3; EF-M18-55mm f/3.5-5.6 IS STM Canon

Selembar foto memberi seseorang kesempatan untuk melihatnya secara leluasa; foto tidak dibatasi oleh tanggal kedaluwarsa. Jika seseorang akan memamerkan karya seni buah alpukat asli, pameran itu tidak akan bertahan selama satu hari. Namun, pajangan fotografis berfungsi dengan cara yang lebih praktis, menargetkan khalayak yang lebih luas dan jumlah pemirsanya pun lebih tinggi.

Seniman popcorn, Antonio Pierre Fernandez berbagi kesan serupa. “Popcorn mungil ini memiliki potensi yang tidak terhingga, seperti alam semesta. Jika dibakar, biji jagung ini akan mengubah sendiri bentuknya,” katanya. Biji demi biji, ia mengatur popcorn, dan melihatnya berubah, dari satu biji biasa menjadi kepingan karya seni yang halus.

Meskipun bahan pengawet bukan pilihan terbaik untuk melestarikan karya seni popcorn, namun fotografi membuktikan sebaliknya. Dalam video, Antonio mengeluarkan DSLR Canon miliknya untuk memotret kreasi popcorn-nya, kemudian mencetaknya dengan printer PIXMA. Pelestarian yang cukup lama untuk memamerkan karyanya, jauh melampaui masa hidupnya semula yang cepat sirna.

 
 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.