Foto & Persona

Fotografi Pemandangan Malam bersama Keith Liew

Ketika kebanyakan dari kita tertidur pulas, Keith Liew memotret pemandangan malam yang luar biasa yang menceritakan berbagai kisah yang berbeda - pengalaman ajaib ketika matahari terbenam dan menghilang, dan menciptakan visual dari fotografer lanskap lainnya.

EOS 6D, EF16-35mm f/2.8L II USM lens, f/2.8, 25sec, 20mm, ISO3200
Langit Malam Rinjani, Lombok, Indonesia

Hai Keith! Ceritakan sedikit tentang dirimu.

Saya berasal dari Penang, Malaysia namun saat ini tinggal di Singapura. Saya memulai perjalanan saya dalam dunia fotografi pada lima tahun yang lalu dengan kamera DSLR pertama saya, EOS 550D. Sementara itu saya melakukan pemotretan pemandangan pada malam hari, astrofotografi adalah kegemaran saya.

Bagaimana Anda memulai fotografi pemandangan malam?

Pertama kali saya jatuh cinta pada fotografi pemandangan malam setelah menonton video time-lapse yang dibuat oleh Dustin Farrell, seorang videografer dan fotografer pemandangan profesional yang tinggal di Phoenix, Arizona. Videonya memicu minat saya dan menginspirasi saya untuk mengejar pemandangan dan astrofotografi.

Pelajari dasar astrofotografi dalam artikel: Pengenalan terhadap Astrofotografi - Panduan bagi Pemula

EOS 6D, EF16-35mm f/2.8L II USM lens, f/2.8, 20sec, 16mm, ISO3200
The Arch, Cameron Highland, Malaysia

Seberapa pentingkah pencahayaan?

Kualitas cahaya mungkin merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi keberhasilan dari suatu fotografi pemandangan malam. Secara pribadi saya menyukai pemotretan dengan pencahayaan yang natural selama golden hour atau blue hour. Cahaya bulan terkadang menjadi teman terbaikmu, karena akan membantu menerangi latar depan daripada harus meningkatkan ISO Anda.

Temukan hal yang diperlukan untuk memotret gambar menakjubkan dari langit malam dalam artikel: Astrofotografi: Wawancara bersama Mark Gee

EOS 6D, EF16-35mm f/2.8L II USM lens, f/2.8, 20sec, 16mm, ISO3200
Church of the Good Shepherd, Danau Tekapo, Selandia Baru

Seberapa jauh fotografi pemandangan malam telah membawa Anda dan apa yang menjadi favorit Anda?

Saya telah melakukan perjalanan ke negara-negara yang berbeda, salah satu favoritku adalah Selandia Baru. Perjalanan itu sendiri sangat menarik dan negara ini juga memiliki banyak pemandangan yang indah dan langit gelap.

Bahkah, pada perjalanan saya ke Selandia Baru pada bulan Oktober, saya sangat beruntung dapat memotret Bimasakti dan Aurora Australis pada satu gambar yang sama. Itu merupakan sebuah pemotretan yang beruntung karena Cahaya Selatan merupakan pemandangan yang langka, jika dibandingkan dengan Cahaya Utara.

EOS 6D, EF16-35mm f/2.8L II USM lens, f/2.8, 25sec, 16mm, ISO3200
Starry Australis, Kaikoura, Selandia Baru

Siapakah fotografer yang menginspirasi Anda?

Ada beberapa, seperti Jimmy Chin (fotografer, pembuat film dokumenter), Paul Zizka (fotografer petualangan dan pemandangan gunung) dan Chris Burkard (penjelajah dan fotografer). Mereka terus menginspirasi saya untuk ke luar dan memotret lebih banyak lagi.

Apa yang Anda bawa dalam tas kamera ketika Anda melakukan pemotretan malam?

Saya mencoba untuk tetap sederhana - hanya sebuah tripod, remote shutter, sebuah lensa sudut lebar dan EOS 6D.

EOS 6D, EF16-35mm f/2.8L II USM lens, f/13, 25sec, 16mm, ISO100
Natal di Gardens By The Bay, Singapura

Apakah Anda memiliki lensa favorit?

Saya menyukai lensa EF16-35mm f/2.8 L USM II. Lensa ini sangat lebar dan juga memiliki kemampuan zoom yang hebat ketika saya memerlukan potretan close-up. Canon melakukannya dengan baik pada aberasi kromatis untuk lensa ini. Sebuah aperture maksimal f/2.8 memungkinkan lensa ini untuk memotret lebih banyak cahaya pada saat pemotretan astrofotografi saya.

EOS 6D, EF16-35mm f/2.8L II USM lens, f/13, 10sec, 16mm, ISO100
Kota Cahaya, Singapura

Peralatan kamera apa yang Anda inginkan untuk melakukan pekerjaan Anda?

EOS 5D Mark IV dengan lensa EF14mm f/2.8L II USM dan EF70-200mm f/2.8L IS II USM. Saya selalu ingin mendapatkan rincian dan ketajaman yang lebih dalam gambar saya. Dengan resolusi 30.4m terbaru dari kamera ini, tentu saja ini adalah sesuatu yang sedang saya cari.

Apakah ada hal lain yang Anda inginkan untuk melakukan fotografi?

Saat ini saya sedang menjelajahi satwa liar dan fotografi udara, dua jenis fotografi ini benar-benar sangat menarik bagi saya.

Temukan lebih banyak tentang astrofotografi di sini: Astrofotografi: Kiat & Trik Untuk Memulai

 

Daftar dan dapatkan update terbaru tentang berita, kiat dan trik fotografi!

 

Profil Fotografer

Keith Liew

Sekitar 80 persen dari penduduk bumi saat ini tidak pernah menyaksikan dengan jelas tentang Bimasakti. Saya beruntung untuk menjadi 20 persen yang pernah melihatnya dengan mata saya sendiri. Saya adalah seorang astrofotografer pemandangan yang suka memotret gambar pada malam hari. Saya merasa beruntung untuk bisa melakukan perjalanan dan terinspirasi oleh orang-orang di sekitar saya. Hal paling berharga adalah untuk berbagi pengalaman saya dan menginspirasi orang-orang untuk keluar dan memotret.

https://500px.com/keithliew

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.