Produk

[Bagian 1] 4 Hal yang Akan Menarik bagi Pengguna Kamera untuk Pertama Kali

Model EOS M terbaru, EOS M10, sudah diluncurkan. Dalam serial artikel ini, saya akan melaporkan mengenai sejumlah hal yang memikat pada model ini yang saya temukan setelah mengambil bidikan dengan kamera ini. Di Bagian 1, saya akan bicara tentang empat fitur yang paling mempesona bagi mereka yang pernah menggunakan kamera. (Dilaporkan oleh: Ikuko Tsurumaki)

Keseluruhan: Bodi Kamera yang Ringkas dan Mudah Ditangani dengan Performa Pemotretan yang Istimewa

EOS M10 bukan kamera penerus EOS M3. Lebih tepatnya, kamera ini diposisikan sebagai model pemula. Namun demikian, spesifikasinya menunjukkan bahwa kamera ini terlalu bagus untuk diklasifikasikan sebagai model pemula.

Bodi bundar EOS M10 menebarkan kesan lembut. Tersedia dalam dua warna, hitam dan putih.
Klik di sini untuk spesifikasi lengkap

EOS M10 dilengkapi dengan sensor gambar CMOS APS-C, kira-kira 18,0 megapiksel. Dengan mengadopsi prosesor gambar DIGIC 6, kamera mampu mengekspresikan rincian dengan kontras yang jelas, bahkan pada kecepatan ISO tinggi. Kamera ini juga menampilkan Hybrid CMOS AF II, kombinasi AF perbedaan fase dan AF pendeteksian kontras. Sama halnya seperti pada EOS M3, EOS M10 memiliki 49 titik AF, yang berarti, bahwa model ini mampu mencakup area yang lebih lebar dibandingkan EOS M.

Sebagian besar pengoperasian dapat dilaksanakan dengan layar sentuhnya, sehingga memungkinkan jumlah tombol yang minimum pada bagian belakang. Menurut saya, fitur paling baru yaitu, pengaturan mode pemotretan secara vertikal dapat digulir ke atas dan ke bawah untuk pemilihan, persis seperti smartphone. Namun, ada lagi lainnya yang menyenangkan, yaitu tombol Mobile Device Connection, yang memungkinkan Anda untuk langsung mengunggah foto ke SNS favorit Anda untuk berbagi, hanya dengan sekali sentuh. Berkat fitur-fitur seperti ini, EOS M10 dapat dioperasikan secara intuitif, bahkan jika Anda seorang pemula.

Bodi kamera yang ringkas dilengkapi dengan sensor gambar CMOS APS-C, kira-kira 18,0 megapiksel. Tombol Mobile Device Connection dan tanda N- untuk mengaktifkan fungsi Near Field Communication (NFC) yang terletak pada sisi yang sama.

Ikon dapat ditampilkan dengan ukuran besar pada layar LCD, yang dapat dimiringkan 180° ke atas. Anda dapat memilih mode pemotretan dengan cara menggulir layar ke atas dan ke bawah.

Zaman sekarang, mode self-portrait (potret diri) yang bisa mudah dioperasikan untuk foto selfie yang bagus, merupakan pertimbangan penting bagi banyak pengguna, khususnya kaum wanita ketika mereka memilih kamera. Salah satu fitur utama EOS M10 yaitu mode Self Portrait. Dengan mebalikkan layar LCD belakang 3 inci pada EOS M10, yang bisa dimiringkan 180° , Anda dapat mengambil foto selfie seraya mengecek, bagaimana Anda ditampilkan dalam gambar. Anda juga dapat menyentuh ikon yang bersangkutan untuk mengonfigurasi pengaturan keburaman latar belakang, kecerahan dan pemulusan kulit.

Bodi bentuk bundar dan penampilan yang bersahaja, yang didesain untuk memikat, khususnya para wanita pengguna kamera, cocok untuk setiap situasi pemotretan. EOS M10 tersedia dalam dua warna, putih dan hitam. Anda pasti bisa asyik menyesuaikan penampilan kamera Anda dengan memasangkan jaket wajah yang berwarna-warni (dijual terpisah).

#1: Kamera ini dilengkapi dengan prosesor DIGIC 6 (sama seperti EOS M3)

EOS M10/ EF-M22mm f/2.0 STM/ FL:22mm (setara dengan 35,2mm dalam format 35mm)/ Aperture-priority AE (f/3.2, 1/60 det., EV -0.7)/ ISO 3200/ WB: Auto

Dilengkapi dengan prosesor gambar terbaru, DIGIC 6, ekspresi rincian disempurnakan pada EOS M10. DIGIC 6 mampu mereproduksi rincian dengan kontras yang jelas hingga 30% lebih tinggi daripada yang dimungkinkan pada DIGIC 5. Bahkan, untuk pemandangan malam yang diambil pada kecepatan ISO tinggi, kamera ini mampu menghasilkan gambar yang serba istimewa. Terlebih lagi, dengan performa pengurangan noise yang terperbaiki pada DIGIC 6, hal ini membantu mengurangi noise sekitar 75% dibandingkan DIGIC 5.

#2: Mode Self Portrait, yang pertama untuk seri EOS

EOS M10/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/ FL:15mm (setara dengan 24mm dalam format 35mm)/ Self Portrait (f/3.5, 1/40 det, EV ±0)/ ISO 2000/ WB: Auto
Bidikan dengan poster yang ditemukan di toko. Sudut lebar, setara dengan 24mm dalam format 35mm, dengan mudah bisa mencakup dua orang.

Balikkan ke atas 180° monitor LCD belakang, dan tombol pintasan untuk mode Self Portrait muncul di layar. Dengan menyentuh tombol, ikon akan ditunjukkan untuk mengonfigurasi pengaturan selfie. Cek efeknya dengan menyesuaikan pengaturan, dan tekan tombol rana.

Ikon bundar adalah untuk memuluskan kulit. Memutarnya ke sisi + akan membuat kulit lebih cerah dan tampak lebih mulus.

#3: Ada Creative Assist (Bantuan Kreatif) bagi pemula yang ingin mencoba cara lebih maju untuk ekspresi fotografis

EOS M10/ EF-M18-55mm f/3.5-5.6 IS STM/ FL:50mm (setara dengan 80mm dalam format 35mm)/ Creative Assist (f/5.6, 1/50 det., EV ±0)/ ISO 1600/ WB Auto
Creative Assist adalah fitur untuk menyesuaikan defokus latar belakang dan nada warna. Nada kebiruan diterapkan ke contoh bidikan di sini, yang membuat warna dalam gambar ini tampak mencolok.

Dengan mengganti istilah teknis fotografi dengan kata-kata yang mudah dipahami, seperti “Blur” (Buram), dan “Sharpen” (Pertajam) untuk aperture, dan “Cool” (Sejuk), dan “Warm” (Hangat) untuk white balance, fungsi yang memungkinkan para pemula menangkap gambar dengan tingkat keburaman latar belakang dan nada warna yang diinginkan.

#4: Creative Filters (Filter Kreatif) untuk memproses gambar yang mengasyikkan

EOS M10/ EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM/ FL:135mm (setara dengan 216mm dalam format 35mm)/ Aperture-Priority AE (f/5.6, 1/100 det., EV ±0)/ ISO 800/ WB: Auto
Bidikan diambil dengan memilih efek “Art bold”. Nada keseluruhan dinding yang berwarna-warni terlihat lebih kaya, sehingga membuat gambarnya lebih menarik.

EOS M10 menawarkan tujuh Creative Filter, yaitu, “Grainy B/W”, “Art bold”, “Water painting”, “Fish-eye”, “Toy camera” dan “Soft focus”. Anda dapat memilih salah satu dari semua ini untuk menikmati beragam ekspresi fotografis.

Kolom: Jaket kamera untuk menciptakan EOS M10 khusus bagi Anda

Tersedia empat jaket kamera untuk dipasangkan ke bodi EOS M10 (dijual secara terpisah).

Ikuko Tsurumaki

Lahir di Tokyo pada tahun 1972, Tsurumaki mulai belajar fotografi saat bekerja di biro iklan, dan meniti karier fotografer yang diawalinya sebagai asisten. Pada saat ini, ia sibuk dalam berbagai kegiatan, termasuk melakukan pemotretan untuk majalah, menulis artikel, dan mengadakan ceramah serta seminar fotografi.

http://www.ikukotsurumaki.com/

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.