Produk

[Bagian 1] Terlahir Berkat Penghayatan yang Kuat – Desain Baru EOS M3

Bodi ringkas kamera mirrorless seri EOS M dikemas dengan performa tinggi yang dapat ditawarkan oleh EOS. Model terbaru, EOS M3, telah menjalani perubahan yang signifikan, khususnya dalam AF dan berbagai alat kendalinya. Berikut ini, kami akan mengungkapkan antusiasme yang ditunjukkan oleh para pengembang terhadap model ini. (Diedit oleh: Camera Biyori, Foto oleh: Toru Matsushima)

Halaman: 1 2 3

Perencana: Takenari Kawano

Perancang: Hironori Oishi

Engineer: Jiro Yamamoto

Engineer: Shinobu Watanabe

Engineer: Takaaki Fukui

Engineer: Hiroyuki Ogino

Bentuk baru genggaman yang disempurnakan

- Kami di komite editorial "Camera Biyori" juga menggunakan EOS M. Kamera ini terlihat seperti EOS M3 yang dikemas dengan sejumlah fitur baru dan sangat mudah ditangani.

Kawano Terima kasih banyak. Model mirrorless EOS M kami didesain dengan konsep yang memungkinkan para penggunanya menikmati “Kecepatan”, “Kenyamanan” dan “Kualitas” seri kamera EOS SLR dengan lebih mudah. Pada EOS M3, kami telah menambahkan sejumlah fitur yang dicari pengguna, seperti monitor LCD tilt-type yang memberikan kenyamanan untuk ber-selfie, flash built-in, dan external Electronic Viewfinder (EVF). Sedangkan untuk alat kendalinya, dial dipisahkan agar kamera menjadi lebih mudah digunakan. Kami juga memperkenalkan fungsi baru yang dinamai "Creative Assist" (Bimbingan Kreatif) bagi mereka yang tidak banyak mengetahui tentang fotografi, tetapi ingin mengambil foto yang lebih baik. Dengan "Creative Assist", para pemula secara alami akan mampu memperbaiki keterampilan fotografi mereka.

- Terlihat sangat berbeda dari model terdahulu. Kamera ini memiliki kesan yang lebih canggih.

Oishi EOS M3 diperlengkapi dengan banyak fitur, dan juga mewarisi "kecerdasan", identitas seri ini. Kami berpendapat, bahwa dengan menggabungkan kedua faktor, yaitu, kemudahan membawa kamera ke mana saja, dan level performa profesional yang memungkinkan penggunanya menikmati sepenuhnya pengalaman fotografi mereka.

Bodi ringkas EOS M3 dikemas dengan performa tinggi, fungsi serba unggul, dan desain termutakhir untuk sebuah kamera SLR.

- Soal apa yang paling Anda perhatikan?

Oishi Area di sekitar tombol shutter dibentuk sedemikian rupa sehingga memungkinkan jari telunjuk tangan kanan Anda bersandar secara wajar padanya.

- Genggamannya tidak seperti pada model terdahulu. Ini lebih mudah dipegang.

Oishi Kelompok sasaran utama untuk kamera mirrorless SLR yaitu kaum wanita, oleh karenanya kami mempertimbangkan juga pendapat mereka. Tekstur bahan kulit yang digunakan untuk cengkeraman baru saja dikembangkan, dan kami mencari yang terbaik dari segi penampilan dan tekstur melalui penyesuaian dalam satuan mikron. Di waktu lalu, bodi model EOS M dicirikan oleh tekstur yang mulus. Untuk EOS M3, kami memberikan polesan yang agak kasar untuk memperkaya ekspresi desainnya.

Sebagian gambar desain EOS M3. Dari gambar inilah kami bisa mengetahui bahwa terdapat beberapa pola untuk tata letak dial. Selain itu, ada juga usulan untuk memberikan warna cokelat pada cengkeramannya di samping versi hitam dan abu-abu.

EOS M3 diperlengkapi dengan dial untuk exposure compensation, Tidak terlalu menonjol keluar dari bodi, dan diletakkan pada posisi yang membuatnya mudah berputar. Kami juga mencurahkan perhatian ke ukurannya, nuansa bunyi klik, dan suara mekanis ketika dial diputar.

Foto menunjukkan perubahan dalam desain untuk area di sekitar tombol shutter. Kemudahan menekan tombol menjadi prioritas utama, dan mereka menguji-coba sudut dan bentuk yang berbeda-beda untuk permukaan pemotongan secara diagonal. Dial elektronik ditempatkan di sekitar tombol shutter untuk daya operasi yang disempurnakan.

Cermat dan menyeluruh

- Warna putih membantu menambah sentuhan yang sangat indah.

Oishi Yang kami tuju adalah menciptakan nuansa putih yang dalam dan canggih dengan menambahkan lapisan mutiara di atas cat putih. Pada saat yang bersamaan, kami memilih warna krem abu-abu untuk cengkeramannya, karena kami tidak ingin terlihat terlalu feminin. Sebagian besar komponen eksternal diproduksi secara terpisah untuk bodi putih dan hitam.

Yamamoto Itu memerlukan banyak sekali pekerjaan yang harus kami lakukan. Kami bahkan membuat lensa pancake silver baru, dan menggunakan warna yang agak berbeda untuk pemasangan logam pada tali ikatnya. Walaupun secara pribadi saya berpendapat bahwa dengan menggunakan warna yang sama pun sudah cukup (sambil tertawa).

Contoh warna cat untuk bodi hitam. Tekstur lebih kasar, yang digunakan pada model SLR, telah diadopsi untuk memancarkan nuansa canggih dan profesional.

Untuk bodi putih, lensa warna silver telah didesain yang baru. Begitu banyak desain yang kami pertimbangkan, tidak hanya untuk tabung lensa, tetapi juga untuk hue silver pegangan lensa.

Kami juga telah mengadopsi berbagai warna berbeda untuk pemasangan tali ikat bodi hitam dan putih. Warna silver (perak) digunakan untuk bodi putih, sedangkan untuk bodi hitam dihadirkan dalam nada gelap. Sejumlah komponen, termasuk dial dan tombol, juga diproduksi secara terpisah menurut warna bodinya.

- Jadi, jumlah warna sudah dipersempit menjadi dua.

Yamamoto Dengan pengerjaan yang secermat ini, pasti akan menjadi masalah besar kalau kami menghadirkan empat atau lima warna (sambil tertawa).

Oishi Kami telah memilih warna yang paling cocok dengan konsep kami, yaitu "model berkualitas tinggi".

- Anda lebih suka warna apa?

Oishi Saya memilih putih, karena upaya yang saya curahkan selama pengembangannya. Kami mulai dengan memilih warna bahan resin.

Yamamoto Pemilihan warna merupakan proses yang sangat teliti, karena kalau hanya sekedar menggunakan warna putih untuk bahan resin, hal ini akan mengurangi efek pemblokiran cahaya, menyebabkan cahaya sekitar memasuki sensor gambar. Masalah besar lainnya adalah cara membuat celah di antara sejumlah komponen agar tampak samar-samar, karena ketebalan lapisan saputannya dibutuhkan untuk warna putih dan hitam supaya memperoleh hue yang tepat.

- Dengan dial yang lebih banyak, EOS M3 jauh lebih mudah untuk dioperasikan.

Yamamoto Gagasan kami semula yaitu hanya memiliki dial depan untuk mengubah nilai aperture, dan tidak ada dial exposure compensation. Seiring dengan pembahasan yang terus berkembang, kami memutuskan bahwa akan lebih baik untuk memungkinkan penyesuaian manual serta menyertakan dial exposure compensation. Langkah kami berikutnya adalah menjajaki tata letak terbaik untuk mengoperasikan dial exposure compensation, dial depan dan dial mode. Kami juga membutuhkan desain sederhana, karena kami tidak ingin membuatnya terlihat terlalu rumit untuk dioperasikan. Mungkin tidak begitu sulit untuk membuat dial mudah diputar jika bentuknya lebih besar, tetapi ada permintaan dari perancang untuk membuatnya sedatar mungkin. Karena dial yang datar perlu dioperasikan dengan bola jari, kami mencurahkan segenap perhatian untuk menentukan kekencangan dial ketika diputar.

Halaman: 1 2 3

Karakteristik EOS M3

  1. Sensor format APS-C besar
  2. Cengkeraman untuk pegangan yang mantap
  3. Deskripsi menu yang mudah dipahami
  4. Flash built-in
  5. Dial dan tombol yang memungkinkan pengoperasian intuitif
  6. Layar sentuh LCD yang sangat responsif, yang bisa dibalik 180°

Model EOS M mirrorless menambah sentuhan “kelancaran” hingga “kecepatan”, “kenyamanan”, dan “kualitas” seri EOS. Diperlengkapi dengan berbagai fitur, seperti sensor gambar dengan resolusi sekitar 24,2 megapixel, dial dan alat kendali lainnya, monitor LCD tilt-type, dan flash built-in, EOS M3 terbaru menawarkan performa dan daya operasi yang ditingkatkan secara signifikan. Dengan mempertahankan layar sentuh dan menu yang mudah digunakan, EOS M3 memungkinkan Anda menikmati pengalaman fotografi hingga sepenuh-penuhnya. Inilah model yang direkomendasikan, baik bagi pengguna berpengalaman maupun pemula.

Image sensor/ 22,3×14,9mm CMOS
Effective pixel/ kira-kira 24,2 megapixel
Dimensi (P×T×L)/ kira-kira 110,9 × 68,0 × 44,4mm
Bobot (termasuk baterai dan kartu memori)/ kira-kira 366g
Monitor LCD/ Monitor LCD (tilt type) warna TFT Lebar 3.0”

Camera Biyori

Camera Biyori adalah majalah fotografi di Jepang yang memperkenalkan foto serba mempesona dan kegembiraan sehari-hari bersama kamera. Selain mengemukakan berbagai aktivitas ceria yang berkaitan dengan kamera dan fotografi, departemen editorial Camera Biyori juga menawarkan “Camera Biyori Photography School” untuk menganjurkan para pembacanya agar aktif dalam fotografi dan bergembira-ria.

http://www.camerabiyori.com

Diterbitkan oleh Daiichi Progress Inc.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.