Tips & Tutorials

[Bagian 1] Memotret Ikan yang Berenang tanpa Buram

Pernahkah Anda mengalami keinginan untuk memotret ikan yang berenang dalam akuarium, tetapi ternyata hasil bidikannya buram, karena keadaan sekeliling yang terlalu gelap, atau Anda tidak dapat menangkap segalanya dalam gambar, karena ruangannya sempit dan Anda tidak bisa mundur lebih jauh? Dalam artikel ini, Seiji Mizuno, seorang penceramah untuk Lokakarya “Camera Biyori”, akan berbagi cara memotret foto akuarium yang memikat, menggunakan EOS M, model mirrorless yang memberikan jaminan yang mendukung pemotretan di lokasi cahaya redup. Kamera dipasangkan dengan EF-M11-22mm f/4-5.6 IS STM, lensa zoom wide-angle yang dikenal dapat menghasilkan bidikan wide-angle yang mempesona. (Ditulis & Diatur oleh: Camera Biyori Editorial Department)

Menghasilkan Rincian dan Pergerakan Secara Memuaskan

Tangki ubur-ubur. Cahaya biru yang mempercerah seluruh tangki air, bersama dengan cahaya yang masuk ke dalam air dari udara, menambah kesan fantastik pada ubur-ubur.

Gambaran yang Memikat!

Dengan mengkombinasikan EOS M dengan lensa EF-M11-22mm f/4-5.6 IS STM, saya dapat menghasilkan gambar high-definition yang bersih. Sungut ubur-ubur yang halus dan transparan direproduksi secara jelas, dan tetap tajam, bahkan apabila gambar diperbesar.

Penguin yang berenang secara lincah dalam air. Dengan pembaruan firmware EOS M, AF speed telah semakin cepat, sehingga memungkinkan bidikan hidup seperti ini pun diambil dengan baik.

Saran untuk Foto Akuarium yang Sukses

Saran 1: Tinggikan sensitivitas untuk mencegah keburaman

Pada tempat bercahaya redup, di mana shutter speed cenderung melambat, goyangan kamera dan keburaman subjek sangat mungkin terjadi. Oleh karena itu, untuk meningkatkan shutter speed, pilih "ISO speed" tinggi. Namun demikian, perhatikan bahwa peningkatan ISO speed secara berlebihan dapat menimbulkan noise, jadi dianjurkan agar pengaturan ISO speed pada sekitar ISO 3200.

Saran 2: Menggunakan fungsi Image Stabilizer (IS) untuk mencegah keburaman

Dengan efek koreksi yang setara dengan sekitar tiga stop shutter speed, fitur ini memberikan jaminan yang mendukung fotografi di bawah kondisi cahaya rendah. Untuk memastikan hasil bidikan tanpa gagal, cukup lakukan tindakan pencegahan, seperti memegang erat kamera, dan kedua siku ditekan pada tubuh Anda, menyandarkan lengan pada dudukan atau susuran tangan di sekitar, atau sandarkan tubuh Anda ke dinding.

Saran 3: Mencegah tangkapan pantulan dari tangki

Jika Anda mencemaskan pantulan dari tangki akan tertangkap, ambil bidikan dengan lensa yang mengenai permukaan kaca tangki. Sewaktu melakukan itu, pastikan bahwa lensa berada pada sudut yang tepat ke tangki untuk mencegah gambar tampak terdistorsi. Dengan menggunakan wide-angle, Anda dapat menangkap area lebar secara memadai, bahkan apabila lensa mengenai permukaan tangki.

EOS M (Firmware diperbarui) & EF-M11-22mm f/4-5.6 IS STM (setara format 35mm: kira-kira 17,6-35,2mm)

Klik di sini untuk rincian selengkapnya dari pembaruan firmware EOS M

EF-M11-22mm f/4-5.6 IS STM, lensa yang dirancang untuk mirrorless EOS M yang ringkas dan ringan, adalah lensa zoom wide-angle yang menangkap area lebar. Lensa ini memiliki daya ekspresif yang jelas, sekaligus memungkinkan Anda menikmati efek bokeh memikat dalam bidikan close-up pada jarak pemfokusan terdekat, sekitar 15cm. Karakteristik lainnya yaitu, keringkasan dan keringanannya yang sebanding dengan zoom standar EF-M18-55mm f/3.5-5.6 IS STM. Dengan pembaruan firmware EOS M, kamera menjadi semakin mudah digunakan daripada sebelumnya, dengan AF speed yang lebih cepat. Dengan mengkombinasikan penggunaan lensa baru, tidak diragukan lagi, pengalaman fotografi Anda akan lebih maju!

* Artikel ini dibuat berdasarkan trial model (model percobaan). Aspek-aspek seperti kualitas penampilan dan gambar mungkin sedikit berbeda dari produk yang sesungguhnya. Selain warna kerangka yang diperkenalkan di sini untuk EOS M, sekarang tersedia hanya di area yang terbatas.

Untuk mengetahui selengkapnya mengenai saran pemotretan dari kami, kunjungilah situs web kami dan edisi terbaru majalah “Camera Biyori”.

Camera Biyori

Camera Biyori adalah majalah fotografi di Jepang yang memperkenalkan foto serba mempesona dan kegembiraan sehari-hari bersama kamera. Selain mengemukakan berbagai aktivitas ceria yang berkaitan dengan kamera dan fotografi, departemen editorial Camera Biyori juga menawarkan "Camera Biyori Photography School" untuk menganjurkan para pembacanya untuk aktif dalam fotografi dan bergembira-ria.

http://www.camerabiyori.com

Diterbitkan oleh Daiichi Progress Inc.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.