Produk

[Bagian 1] Performa Pembuatan Gambar Sensor Tipe 1,0 inci dengan Zoom 25x

PowerShot G3 X adalah kamera saku berperforma tinggi yang dilengkapi dengan sensor tipe 1,0 inci dan mendukung kisaran zoom yang merentang dari ujung sudut lebar ke ujung telefoto. Di sini, saya ingin mengambil sejumlah foto untuk uji-coba keunggulannya. Di Bagian 1, saya ingin memverifikasi kemampuan pembuatan gambar dasarnya, seperti perbedaan dalam cuplikan gambar pada kisaran panjang fokus, nilai aperture, dan perubahan dalam cuplikan gambar akibat perubahan dalam kecepatan ISO. (Dilaporkan oleh: Masakatsu Nagayama)

Halaman: 1 2

Performa pemotretan telefoto mengungguli performa para pesaingnya

Pada 8.8–220mm, panjang fokus lensa PowerShot G3 X setara dengan nilai konversi film 35mm, 24–600mm. 3 bidikan berikut ini diambil dari tempat yang sama dengan menggunakan ujung lebar, posisi tengah, dan ujung telefoto lensa zoom.

Walaupun kamera menggunakan sensor tipe 1,0 inci dan zoom pembesaran tinggi, yang sudah pula dirilis oleh perusahaan lain, namun panjang fokus PowerShot G3 X pada ujung telefoto lebih panjang daripada para pesaingnya, sehingga memungkinkan pemandangan jauh ditangkap lebih dekat dan lebih besar. Ini adalah salah satu daya pikat PowerShot G3 X.

Ujung lebar (24mm pada kesetaraan 35mm)

Posisi tengah (300mm pada kesetaraan 35mm)

Ujung telefoto (600mm pada kesetaraan 35mm)

Aperture lensa bersangkutan dengan nilai f/2.8 pada ujung sudut lebar, dan f/5.6 pada ujung telefoto. Dengan nilai-nilai aperture ini, gambar tampak memiliki resolusi yang mencukupi pada ujung lebar dan ujung telefoto. Jangan mempersempit aperture terlalu banyak, karena ketajaman akan menurun akibat dampak difraksi, jika Anda menyempitkannya melampaui f/8.

Walaupun terdapat sedikit distorsi dan aberasi kromatik, semua ini sudah dikurangi untuk membuatnya kurang kentara. Kisaran ini bisa dikatakan merupakan kekuatan lensa terpadu. Namun demikian, saya mendapatkan bahwa, tergantung pada pemandangannya, terjadi pergeseran dan pembloboran warna di area sekitar bagian yang disoroti ketika saya mengambil bidikan yang diperbesar. Jika hal ini mengganggu, Anda bisa membidik terlebih dahulu dalam RAW, kemudian memperbaiki gambar setelah gambar dikembangkan.

Juga terdapat ketajaman yang mencukupi sewaktu fotografi makro pada ujung telefoto

Jarak pemfokusan terdekat PowerShot G3 X adalah 5cm dari ujung lensa pada ujung lebar lensa zoom, dan 85cm dari ujung lensa pada ujung telefoto. Foto di bawah ini (bola dunia) diambil pada jarak sekitar 90cm, menggunakan ujung telefoto. Saya berhasil mendapatkan kesan ketajaman yang memadai dengan mempersempit nilai aperture seluruhnya dari f/5.6 hingga f/8.

f/5.6

f/8

f/11

Juga tidak ada noise yang signifikan jika dibidik pada ISO 1600

Di samping Auto mode (mode Otomatis) yang mana kecepatan ISO dikendalikan secara otomatis, Anda juga dapat memilih kecepatan ISO pada interval 1/3 stop pada kisaran ISO 125–12800. Foto berikut ini (karya seni ikan) diambil dengan cara yang persis sama sambil mengubah kecepatan ISO. Saya memilih pengaturan awal standar dari 3 tingkat—‘Low’ (Rendah), ‘Standard’ (Standar) dan ‘High’ (Tinggi)—yang dapat Anda pilih untuk pengurangan noise ISO tinggi.

ISO 125

ISO 200

ISO 400

ISO 800

ISO 1600

ISO 3200

ISO 6400

ISO 12800

Semakin tinggi kecepatan ISO, gambar tampak semakin berbutir. Pada saat yang sama, perbedaan antara rincian halus dikurangi akibat efek proses pengurangan noise. Walaupun tingkat yang diperbolehkan efek ini bergantung pada foto yang digunakan, saya secara pribadi berpendapat bahwa kisaran praktis adalah kisaran yang meluas ke ISO 1600.

Masakatsu Nagayama

Menjalankan studio periklanan, dan mulai menjadi fotografer freelance pada tahun 1998, di mana dia terutama aktif menggeluti bidang periklanan, memotret untuk majalah dan media online. Spesialisasinya adalah bidikan kehidupan kota.

Digital Camera Watch

Menyampaikan berita harian yang terkait topik,misalnya tentang kamera digital dan perangkat periferal, serta perangkat lunak imaging. Juga menerbitkan berbagai artikel, seperti ulasan tentang penggunaan model kamera digital yang sesungguhnya, dan sampel foto yang diambil dengan menggunakan model baru.

http://dc.watch.impress.co.jp/

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.