Produk

[Bagian 2] Kaya Variasi Fitur dan Aksesori Pemotretan

PowerShot G3 X diperlengkapi dengan variasi fitur pemotretan yang berlimpah, ideal untuk fotografi serius, seperti pencahayaan bola lampu dan kemampuan mengubah serta menyesuaikan pengoperasian tombol. Dalam ulasan kedua ini, kita akan menyimak sejumlah fungsi dan aksesori yang patut dicatat yang akan memperluas berbagai kemungkinan pemotretan yang tersedia bagi Anda. (Dilaporkan oleh: Masakatsu Nagayama)

Halaman: 1 2

Kamera ini, dilengkapi dengan external electronic viewfinder (jendela bidik elektronik eksternal), EVF-DC1 dan Lens Hood LH-DC100 opsional & Filter Adapter FA-DC67B (yang memungkinkan Anda memasangkan filter 67mm), semuanya dijual secara terpisah.

Menyertakan Full HD movies, transmisi Wi-Fi dan bahkan Creative Shot

AF dilakukan melalui metode pendeteksian kontras, dan kecepatan AF bergerak cukup cepat pada ujung wide-angle dan telefoto zoom. Jika Anda menyukai fotografi jalanan, maka, AF ini tidak akan mengecewakan.

PowerShot G3 X dapat mengambil hingga sekitar 5,9 bidikan per detik dalam mode pemotretan beruntun, apabila mode AF ditetapkan ke ‘One Shot’ dan format file rekaman ditetapkan ke JPEG.

Movie (Film) dapat direkam pada kualitas gambar maksimum 1.920 × 1.080/60p Full HD dalam format MP4. Sewaktu pembuatan film, selain optical image stabilizer (penstabil gambar optik), juga terdapat electronic image stabilizer (penstabil gambar elektronik) yang bisa mengoreksi goyangan kamera yang disebabkan oleh pergerakan yang paralel dengan kamera, serta koreksi distorsi yang disebabkan oleh rotasi horizontal dan vertikal.

Di samping semua itu, kamera ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur lainnya, seperti Zoom Memory (Memori Zoom), yang bisa mengingat posisi zoom dan fokus, filter ND internal yang mengurangi intensitas cahaya dengan 3 stop; Star mode (mode Bintang), yang bisa menangkap langit berbintang dalam bentuk uji-coba bintang; dan Creative Shot (Bidikan Kreatif), yang bisa merekam 6 gambar diam untuk satu bidikan, 5 di antaranya memiliki efek khusus. Kompatibilitas Wi-Fi dan NFC juga berarti bahwa Anda bisa melakukan pemotretan jarak jauh dari perangkat lain, seperti smartphone.

Ini adalah pertama kali fitur bulb exposure (pencahayaan bola lampu) tersedia pada kamera saku Canon. Bidikan dapat disoroti cahaya hingga maksimum 256 detik.

Selama fokus manual, Anda dapat memperbesar tampilan hingga 4x serta menunjukkan puncaknya. Desain layar menu mirip dengan kamera EOS.

Fungsi penyesuaian khusus dapat ditentukan, tidak hanya ke dial (kenop) dan wheel (roda), tetapi juga ke tombol shortcut belakang, tombol Movie dan tombol MF pada alas laras lensa, antara lain.

Di samping mematikan tampilan gambar setelah dibidik, Anda juga dapat mengubah lama waktu gambar ditampilkan ke ‘Cepat’, ‘2 detik’, ‘4 detik’, ‘8 detik’ dan ‘Tahan’.

Kamera ini memiliki flash (lampu kilat) pop-up manual yang terpasang dalam kamera. Anda juga dapat memasang flash eksternal atau transmiter flash eksternal ke hot shoe.

Kamera merekam pada kartu memori SDXC/ SDHC/ SD, dan menggunakan baterai lithium ion NB-10L. Kamera bisa mengambil kira-kira 300 bidikan berdasarkan pada panduan pengukuran CIPA. Dalam Eco Mode, kamera bisa mengambil kira-kira 410 bidikan.

Layar LCD tilting (miring), mudah untuk Selfie

Monitor LCD TFT tipe 3.2, dengan jumlah piksel efektif 1,62 megapiksel, dapat dimiringkan hingga 180 derajat ke atas dan 45 derajat ke bawah serta dilengkapi dengan panel layar sentuh tipe kapasitif. Layar LCD cukup cerah dan memiliki definisi tinggi yang membuatnya mudah untuk memeriksa, meskipun saat di luar ruangan.

Layar LCD tipe tilt (miring) berguna untuk memotret dari posisi rendah atau tinggi. Dengan memutarnya 180 derajat ke atas, Anda bahkan bisa mengambil selfie.

Tidak ada viewfinder elektronik, tetapi viewfinder ini tersedia sebagai aksesori opsional. Apabila Anda menginginkan stabilitas sewaktu pemotretan, Anda dapat menyiapkan EVF-DC1 untuk digunakan.

Dengan EVF-DC1 sebagai aksesori opsional pada hot shoe. Ini lebih memudahkan untuk mengamankan dan membingkai bidikan selama pemotretan telefoto.

EVF-DC1 dapat dimiringkan hingga 90 derajat. Eye sensor (sensor mata) yang terpasang di kamera memungkinkan pengalihan otomatis ke dan dari monitor LCD.

Berdaya tinggi, memiliki fungsionalitas yang tinggi, dan sesuai untuk beragam luas pemandangan

Pokoknya, menurut saya, inilah kamera yang memungkinkan kebebasan fotografis yang sangat luas. Selain kisaran zoom optiknya yang luas, yang katanya hingga 25 kali, kamera ini memiliki beragam luas fitur yang berkisar dari otomatis hingga manual, yang membuatnya sesuai untuk berbagai macam penggunaan.

Viewfinder elektronik yang hanya tersedia sebagai aksesori opsional, kemungkinan akan menuai opini yang berbeda-beda. Meskipun begitu, kompetisi yang mengalahkan saingan kamera saku ringan, bisa juga dikatakan akibat viewfinder yang dibuat sebagai aksesori eksternal.

Daya pikat terbesar PowerShot G3 X yaitu, kemampuannya membuat fotografi setara 600mm, yang merupakan suatu rintangan untuk DSLR, menjadi sesuatu yang menyenangkan seperti mengambil bidikan langsung. Sedangkan, hingga sejauh mana efektivitas jumlah piksel 20,2 megapiksel, sensor CMOS tipe 1,0 inci dan prosesor DIGIC 6 mampu menghasilkan kualitas gambar—kami akan memberi tahu Anda dalam serial ulasan penggunaan uji-coba secara terpisah.

Masakatsu Nagayama

Menjalankan studio periklanan, dan mulai menjadi fotografer freelance pada tahun 1998, di mana dia terutama aktif menggeluti bidang periklanan, memotret untuk majalah dan media online. Spesialisasinya adalah bidikan kehidupan kota.

Digital Camera Watch

Menyampaikan berita harian yang terkait topik,misalnya tentang kamera digital dan perangkat periferal, serta perangkat lunak imaging. Juga menerbitkan berbagai artikel, seperti ulasan tentang penggunaan model kamera digital yang sesungguhnya, dan sampel foto yang diambil dengan menggunakan model baru.

http://dc.watch.impress.co.jp/

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.