Tips & Tutorials

[Bagian 2] Menangkap mimik lucu anak dan memberikan penampilan segar pada foto Anda!

[Bagian 2] dari artikel serial ini, “Mengambil foto anak-anak yang serba lucu” akan menunjukkan kepada Anda betapa efektifnya membingkai dan menyusun bidikan untuk mengabadikan momen berharga anak Anda. Marilah menyelami lebih jauh tentang cara-cara "mengabadikan masa kanak-kanak", “menghasilkan foto yang berdampak”, “komposisi”, “kecerahan”, dan “bokeh” bagi pemula yang sama sekali baru mengenal kamera, dan pengguna tingkat pemula SLR digital. Dengan penggunaan foto, fotografer profesional, Yuji Ogura akan memberikan berbagai saran tentang cara mengambil foto yang lucu dan menarik. (Ditulis & Diatur oleh: Camera Biyori Editorial Department)

Bayi laki-laki usia tujuh bulan. Kami menarik perhatiannya dengan membuatnya "menatap seperti ini".

Menangkap Mimik Lucu Anak Menambah Dampak pada Foto Anda

Tangan dan kaki kecil menggemaskan, kulit yang halus – Mimik lucu balita dapat diabadikan lebih impresif dengan hanya memfokuskan pada bagian tertentu.

Bidikan tangan dan kaki mungil – Seprei di latar belakang diburamkan secara halus.

Saran Berguna!

Pengaturan Kamera: AUTO Mode

Dalam mode “AUTO”, kamera akan menganalisis kondisi keadaan sewaktu memotret, dan memilih pengaturan paling sesuai untuk mengambil foto. Pilih ikon yang bertanda “Auto” pada Mode Dial atau layar menu. Karena Anda hanya perlu menekan shutter untuk membidik, Anda dapat fokus sepenuhnya untuk menangkap kesempatan membidik foto.

Saran mengambil foto
Memahami jarak pemfokusan yang terdekat!

Untuk memburamkan latar belakang, ambil bidikan dari jarak yang lebih dekat ke subjek Anda. Perhatikan “jarak pemfokusan yang terdekat” yang tertera dalam spesifikasi dalam “interchangeable lens” (lensa dapat dipertukarkan) Anda. Ini mengacu ke jarak terdekat yang memungkinkan kamera mampu menetapkan fokus pada subjek. Jarak pemfokusan diukur dari tanda focal plane di bagian atas kerangka kamera ke subjek yang sedang difoto.

Mengubah Komposisi Agar Foto Anda Tampak Segar

Dengan menempatkan subjek di tengah-tengah foto, atau agak ke samping, akan memberikan impresi berbeda bagi pemirsanya. Cobalah mengambil sejumlah bidikan berbeda dari pemandangan yang sama dan temukan satu bidikan yang memiliki keseimbangan terbaik.

Diambil sewaktu berkejaran melalui pipa tanah liat di arena bermain. Saya menyusun bidikan dengan subjek yang ditempatkan di tengah.

Dalam komposisi ini, saya menempatkan subjek agak ke kanan. Panjang pipa juga disorot.

Saran Berguna!

Pengaturan Kamera: AUTO Mode

Dalam mode “AUTO”, kamera akan menganalisis kondisi keadaan sewaktu memotret, dan memilih pengaturan paling sesuai untuk mengambil foto. Pilih ikon yang bertanda “Auto” pada Mode Dial atau layar menu. Karena Anda hanya perlu menekan shutter untuk membidik, Anda dapat fokus sepenuhnya untuk menangkap kesempatan membidik foto.

Saran Pengambilan Foto 1

Menempatkan anak di tengah

Dengan menempatkan subjek utama di tengah, “apa yang ingin Anda tunjukkan” dapat secara jelas diekspresikan dan dipahami. Selain itu, dengan menyajikan komposisi sederhana, ini akan efektif apabila Anda ingin menekankan bentuk (misalnya, pose) subjeknya.

Saran Pengambilan Foto 2

Menciptakan ruang kosong

Pindahkan subjek agak ke samping dan ciptakan ruang kosong di seberangnya, dan foto yang biasa akan menjelma menjadi sesuatu yang menyegarkan. Ruang-ruang kosong menciptakan keluasan dalam foto, dan juga mempengaruhi pemanduan garis penglihatan pemirsanya.

Ingatkah dengan hal berikut ini?

Tantangan dan kegagalan umum dalam mengambil foto anak

Q1: Bayangan pinggiran topi pada wajah anak.

A: Apabila mengambil foto di luar ruangan pada hari cerah, masalah yang paling mungkin terjadi adalah bayangan topi yang akan menerpa wajah anak.  Anda dapat menghindari situasi tersebut dengan menyesuaikan topinya dan memindahkannya ke samping ketika mengambil foto.

Q2 Hasil foto gelap.

A: Menghasilkan foto yang lebih gelap dari yang kita inginkan adalah masalah umum lainnya. Anda dapat menghindarinya dengan meningkatkan jumlah "exposure compensation". Dengan cara ini, kecerahan foto Anda akan ditingkatkan.

Q3: Di manakah seharusnya menempatkan fokus ketika mengambil foto wajah?

A: Apabila mengambil foto wajah anak-anak, fokuskan pada matanya. Jika tidak, foto akan menghasilkan impresi yang kabur atau buram.

Kamera dan Lensa yang Digunakan

EOS 100D & EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS STM (setara format 35mm: kira-kira 29-88mm)

Klik di sini untuk spesifikasi terperinci

Model terbaru dalam seri EOS tiga digit, yang populer untuk digunakan bersama di antara anggota keluarga. Kerangka kamera yang ultra ringkas terasa pas dan nyaman dalam tangan, begitu ringan, dengan berat hanya sekitar 370g. Disesuaikan secara sempurna untuk mengambil foto anak, ini adalah model kamera yang tidak bisa Anda lepaskan, walaupun hanya sejenak.

* Artikel ini dibuat berdasarkan trial model (model percobaan). Aspek-aspek seperti kualitas penampilan dan gambar mungkin sedikit berbeda dari produk yang sesungguhnya.

Untuk mengetahui selengkapnya mengenai saran pemotretan dari kami, kunjungilah situs web kami dan edisi terbaru majalah "Camera Biyori".

Camera Biyori

Camera Biyori adalah majalah fotografi di Jepang yang memperkenalkan foto serba mempesona dan kegembiraan sehari-hari bersama kamera. Selain mengemukakan berbagai aktivitas ceria yang berkaitan dengan kamera dan fotografi, departemen editorial Camera Biyori juga menawarkan “Camera Biyori Photography School” untuk menganjurkan para pembacanya agar aktif dalam fotografi dan bergembira-ria.

http://www.camerabiyori.com

Diterbitkan oleh Daiichi Progress Inc.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.