Produk

[Bagian 2] Model Ringkas dengan Fitur yang Sesuai untuk Kamera “Premium”

"PowerShot series" Canon menawarkan dua jajaran high-end, "G" dan "S". "PowerShot G7 X", yang baru saja ditambahkan ke jajaran ini memiliki desain yang layak dibanggakan, karena lebih mewah daripada kamera SLR sehingga memberikan definisi baru pada konsep "premium" seri ini. Artikel ini merangkum wawancara kami dengan para pengembang desain "premium" kamera. (Diedit oleh: Camera Biyori, Foto oleh: Toru Matsushima)

Halaman: 1 2

5 Elemen Lensa dalam Kelompok untuk Lensa Ringkas Namun Cerah

― Ukuran bodi kamera ini kecil, padahal memiliki sensor satu inci yang besar. Bagaimana cara Anda menentukan ukurannya?

Ichino Memang akan sulit untuk mengoperasikan layar LCD peka-sentuhan jika terlalu kecil, jadi diperlukan ukuran yang relatif besar. Kami juga mempertahankan control ring (cincin kontrol) hadap belakang pada ukuran yang tidak mengorbankan daya operasinya ketika menentukan ukuran kamera.

― Jadi, Anda memilih ukuran yang sekecil mungkin dengan mempertimbangkan daya operasinya. Apakah ukuran besar sensor memiliki dampak apa pun pada lensa?

Ichino Ya, ini tugas yang menantang, mencoba mengurangi ukuran lensa. Pertama-tama, kami mencapai keputusan mengenai sensor, setelah itu, tim perencanaan menentukan focal length target dan f-number sebelum memasuki tahap desain. Di waktu lalu, satu perancang akan bertanggung jawab atas desain yang merujuk ke model terdahulu. Namun, kali ini, kami memiliki dua perancang untuk menghasilkan dua desain berbeda sekaligus, dan membuat pemilihan berdasarkan pertanyaan “manakah di antara keduanya yang akan menjadi lensa paling baik setelah disempurnakan lebih jauh”.

Yamada Pada awalnya, ada kekhawatiran bahwa “mengejar ukuran ringkas akan menghasilkan nilai aperture maksimum yang lebih gelap”. Namun demikian, keputusan untuk melanjutkan spesifikasi dengan mempertimbangkan konsep “premium”. Saya masih ingat, betapa saya tercengang dan galau, karena saya tidak yakin apakah hal ini dapat dicapai.

Para anggota tim pengembangan, Kenji Takahashi (kiri) dan Kazushige Ichino (kanan)

Kenichi Nishimura (kiri), anggota tim desain, dan Tatsuya Yamada (kanan), anggota tim perencanaan

― Jadi, Anda mencemaskan tentang perlengkapan pabrik selain lensa? Apa manfaat dari mengadopsi sensor (BSI) CMOS pencahayaan sisi belakang satu inci?

Takahashi Performa noise ditingkatkan berkat sensitivitas yang lebih baik. Dengan adanya keleluasaan, kami tiba pada tahap merevisi kebijakan reproduksi gambar yang ada saat ini untuk “PowerShot G7 X”. Meskipun fokus model konvensional merupakan kesan pertama foto yang dihasilkan, namun penyesuaian telah dilakukan pada “PowerShot G7 X” untuk menghasilkan suasana yang lebih wajar serta gradasi highlight (bagian yang terang) yang lebih mulus, yang bahkan lebih mendekati apa yang kita lihat secara kasat mata. Dengan melakukan hal itu, membantu mengurangi area di mana blowout terjadi di latar belakang ketika menangkap langit biru bersama matahari yang disertakan dalam komposisi, atau ketika memotret subjek potret cahaya latar. Membuat perubahan tersebut pada reproduksi gambar mempengaruhi proses internal yang berbeda pada kamera dalam banyak cara. Ini memang merupakan tantangan yang tangguh. Saya meragukan bahwa ada model lain apa pun yang menjalani begitu banyak bidikan uji yang berkali-kali.

Ichino Anda akan melihat perbedaannya selama musim bunga cherry memekar. Bunga yang Anda tangkap akan menjadi putih. Dengan "PowerShot G7 X", bahkan warna merah muda pucat pun dapat diekspresikan sesuai warna aslinya.

Takahashi Subjek utama fotografi saya adalah anak-anak. Dengan menggunakan "PowerShot G7 X", menciptakan keburaman latar belakang yang besar, yang membantu menonjolkan subjeknya.

― Bagi para pembaca, “efek bokeh” juga merupakan titik kunci. Banyak pengguna membeli kamera SLR dengan harapan mendapatkan efek bokeh yang dikehendaki. Memang luar biasa, bahwa “PowerShot G7 X” dapat mencapai ini meskipun merupakan kamera digital ringkas.

Takahashi Anda juga sebaiknya memperhatikan bentuk aperture.

Ichino Ini dilengkapi dengan sembilan bilah aperture yang membentuk lingkaran yang bahkan lebih bundar. Pada banyak kasus, tipe enam bilah tampak lebih menyerupai bentuk heksagonal ketimbang lingkaran apabila dilakukan stop down pada aperture. Sebagai perbandingan, bentuk lingkaran yang indah dipertahankan apabila Anda melakukan stop down pada aperture sembilan bilah, jadi Anda bisa mendapatkan "bokeh bundar" yang sempurna.

"PowerShot G7 X" (atas) dan "PowerShot S120" (bawah). Meskipun “PowerShot G7 X” agak lebih tebal, namun lebarnya hampir sama dengan “PowerShot S120”. Sensor satu inci dan lensa cerah hingga ujung telefoto dikemas dalam bodi kecil yang mengagumkan ini.

Bagian periferal lensa kamera terdiri atas sejumlah besar elemen lensa. Kami melakukan penyesuaian berulang kali untuk menyelesaikan masalah ketidaksejajaran sewaktu zooming, yang kemungkinan besar terjadi pada lensa yang lebih kecil.

Kualitas bokeh ditentukan oleh jumlah bilah aperture. Sembilan bilah diadopsi pada kamera ini, dibandingkan dengan desain enam bilah konvensional. Jumlah bilah yang besar membentuk lingkaran yang lebih bundar, sehingga dapat menciptakan "bokeh bundar" yang lebih indah.

Layar LCD tilt-up yang dapat diputar 180° sekarang lebih tipis dengan bodi yang lebih ringkas. Dial pada sisi kanan mengadopsi desain dua tingkat untuk mencapai operabilitas dan keringkasan yang disempurnakan.

Satu contoh yang diambil dengan menggunakan fitur “Star Trails” (Jejak Bintang) dalam mode “Starry Skies” (Langit Berbintang). Fitur ini telah disertakan dengan harapan dapat memberikan dukungan untuk ekspresi fotografi.

Casing (selubung) kedap air yang mempertahankan operabilitas dial dan komponen lainnya. Seri “PowerShot” sangat dicintai oleh banyak penyelam, karena mampu menghasilkan foto bawah air dengan warna yang serba indah.

Mengadopsi Fitur untuk Mendukung Ekspresi Foto

― Ketika saya sedang meliput seri “S”, saya mendengar tentang konsep “kamera yang tidak menyebabkan goyangan kamera, bahkan selama pembidikan di dalam ruangan”. Apakah konsep ini diwarisi oleh “PowerShot G7 X”?

Takahashi Ya. “PowerShot G7 X” memperlebar cakupan ekspresi fotografi lebih jauh lagi. Sekarang, Anda dapat menggunakannya untuk menangkap bidikan langit berbintang dengan jernih.

Yamada Starry sky (Langit berbintang) memiliki daya untuk menggugah pemirsanya, tapi, menangkapnya dalam foto merupakan tugas yang menantang. Kami mulai memperkenalkan mode “Starry Skies” sejak “PowerShot G16”, karena kami ingin memberikan opsi mudah untuk menghasilkan foto yang dimaksudkan pada kamera yang memiliki kemampuan melakukannya. Menurut kami, ini adalah cara yang bagus bagi kamera untuk memberikan dukungan ekspresi fotografi.

Analisis PowerShot G7 X

Desain yang tidak berkompromi yang menambah kegembiraan memiliki kamera

Bahan logam digunakan untuk sebagian besar komponen eksterior. Desain sederhana dan cermat dengan sejumlah tombol dan dial dua tingkat yang dipertegas oleh garis merah. Kamera "premium" dalam semua aspek, termasuk desain, performa, dan operabilitas.

Nada kulit dengan kesan elegan

Banyak tipe pola polesan butiran, termasuk tekstur, kehalusan dan warna lapisan, semuanya dipertimbangkan. Keputusan akhir adalah mengadopsi satu yang memiliki polesan agak mengkilap pada bagian permukaan yang timbul, yang memiliki efek anti-selip selain tekstur yang disempurnakan.

Semua bagian dibuat dengan keahlian yang cermat

Dengan penekanan menyeluruh untuk menonjolkan kesan "premium", lekukan bundar diukir pada tombol, sekrup, dan roda pada wajah belakang. Kami mengalami kesulitan mencetak ikon dan karakter secara jelas pada lekukannya.

Ringkas namun kualitas gambarnya mengesankan

Dengan sensor satu inci yang besar dan lensa cerah dengan aperture f/1.8 pada ujung wide-angle dan f/2.8 pada ujung telefoto, Anda dapat menikmati kualitas gambar yang sungguh luar biasa dan efek bokeh yang indah dengan kamera digital ringkas ini. Level noise yang amat sangat rendah pada ISO speed tinggi, juga mengesankan.

― Fitur lain yang layak dicatat termasuk high-speed AF (AF kecepatan tinggi), penambahan jumlah titik AF menjadi 32, dan pengenalan fungsi Wi-Fi untuk menyinkronisasikan dengan smartphone.

Yamada Kamera memiliki sejumlah fungsi yang tidak terdapat pada smartphone dan sebaliknya, jadi kami sebagai produsen kamera berpendapat bahwa hal ini penting untuk memastikan koordinasi di antara sejumlah perangkat.

― Saya memahami bahwa selubung kedap air juga disertakan dalam rangkaian aksesori kamera.

Yamada Secara pribadi, saya ingin sekali memiliki satu untuk kegiatan penyelaman saya. Dengan lensa cerah dan sensor satu inci, foto yang dulu tidak dapat ditangkap, sekarang dimungkinkan, jadi saya berencana untuk membelinya. Yang saya rasakan melalui keterlibatan saya dalam fase perencanaan yaitu, bahwa Canon memiliki sejarah panjang dan pengalaman dalam mengembangkan seri "G" dan "S", yang juga mencakup komunikasi dengan sekian banyak pelanggan yang menumpuk seiring waktu. Landasan tersebut memungkinkan kami mencapai konsensus secara cepat, mengenai "apa yang harus kami ciptakan", dan mengemas level performa yang tinggi ke dalam "PowerShot G7 X". Saya berharap semoga para pengguna "PowerShot G7 X" akan memanfaatkannya sebagai kamera yang secara dekat berhubungan dengan kehidupan mereka setiap hari.

Camera Biyori

Camera Biyori adalah majalah fotografi di Jepang yang memperkenalkan foto serba mempesona dan kegembiraan sehari-hari bersama kamera. Selain mengemukakan berbagai aktivitas ceria yang berkaitan dengan kamera dan fotografi, departemen editorial Camera Biyori juga menawarkan “Camera Biyori Photography School” untuk menganjurkan para pembacanya agar aktif dalam fotografi dan bergembira-ria.

http://www.camerabiyori.com

Diterbitkan oleh Daiichi Progress Inc.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.