Produk

[Bagian 2] EOS 70D – Pengoperasian Layar Sentuh dan AF Pendeteksian selama Pembuatan Film

Meskipun fitur pembuatan film kamera DSLR menduduki peringkat yang sangat tinggi untuk kualitas gambarnya yang istimewa, namun salah satu kekurangannya secara umum menunjukkan ke performa AF-nya. Namun demikian, pengenalan AF CMOS Piksel Ganda pada EOS 70D telah membawa perubahan revolusioner pada AF film. Dalam artikel kedua dari serial ini yang mengupas fitur AF film pada EOS 70D, saya ingin menguji, sebaik apakah fokus dapat ditetapkan melalui pemfokusan yang dioperasikan melalui layar sentuh dan memanfaatkan bidikan "fall-down" crane (bidikan dari atas yang kemudian diarahkan ke bawah secara vertikal) untuk memperkirakan fitur pendeteksian wajah. (Diedit oleh: Video Salon, Dilaporkan oleh: Kazuhiko Saika)

Halaman: 1 2

AF melalui pengoperasian layar sentuh memungkinkan Anda untuk membuat film berkualitas profesional

Apabila menggunakan mode AF “FlexiZone – Single” pada EOS 70D, Anda dapat menggunakan layar sentuh untuk menetapkan fokus pada titik yang dipilih sewaktu pembuatan film dengan menggunakan fungsi Live View. Dengan melakukan itu, fokus dapat bergeser secara mulus selama pembuatan film. Walaupun Anda juga dapat menggeser fokus dengan menggunakan pemfokusan manual sewaktu perekaman sedang berlangsung, namun ini melibatkan pemutaran lensa dengan tangan untuk menyesuaikan fokus, menyebabkan goyangan sehingga menghasilkan gambar yang tidak stabil. Menggeser fokus melalui pengoperasian fokus sentuh pada EOS 70D membantu meminimalkan kemungkinan goyangan kamera, sehingga penggunanya dapat mencapai kualitas tingkat profesional dalam “rack focusing” (teknik mengubah fokus lensa saat perekaman video).

1. Saya mulai merekam dengan fokus yang ditetapkan pada bagian gambar paling ujung.

2. Ketika saya mengetuk gambar subjek potret di layar pada sisi kanan, kamera menetapkan fokus padanya.

3. Saya mengetuk subjek potret di sisi kiri untuk menggeserkan fokus padanya.

4. Dengan mengetuk subjek di kanan sekali lagi, ini akan memindahkan fokus kembali kepadanya.

Pemotretan AF dimungkinkan, bahkan apabila Anda tidak dapat mencapai focusing ring (gelang fokus) dalam bidikan crane (bidikan dari atas)

MOVIE SAMPEL

Film ini dibuat menggunakan EOS 70D dengan mode AF ditetapkan ke [Face + Tracking AF]. Saya ingin memeriksa hingga sejauh mana kamera ini mampu menangkap gambar apabila autofocusing (pemfokusan otomatis) sepenuhnya dibiarkan untuk melakukannya. Saya menyesuaikan fokus menggunakan pengoperasian layar sentuh hanya apabila subjek terlalu jauh dari kamera dan wajahnya tampak terlalu kecil. Atau, saya membiarkan AF kamera untuk menetapkan fokus. Face detection AF (AF pendeteksian wajah) dan automatic tracking (pelacakan otomatis) menawarkan keuntungan yang signifikan dalam situasi di mana pengoperasian pemfokusan sulit, misalnya dalam pemotretan yang memanfaatkan crane (bidikan dari atas), atau yang melibatkan sudut tinggi atau rendah yang ekstrem.

Pemfokusan yang tidak mengandalkan pada pendeteksian wajah juga diperlukan untuk bidikan "fall-down" crane

Di [Bagian 1] Performa AF Revolusioner EOS 70D, saya menulis tentang keuntungan performa AF film EOS 70D. Dalam pengaturan [Face + Tracking AF], EOS 70D menetapkan fokus menggunakan titik AF optimal (atau, yang sebaik mungkin) dengan beralih ke [FlexiZone – Multi] untuk sementara saat kehilangan jejak pelacakan wajah subjek. Namun demikian, tergantung pada situasinya, sebagian permasalahan masih belum terselesaikan. Ketika saya menguji kamera dalam pemandangan yang menggunakan bidikan crane untuk melakukan pan kamera, ke atas dan ke bawah subjek manusia, seperti diilustrasikan di bawah, EOS 70D beralih ke [FlexiZone – Multi] apabila kamera gagal mendeteksi wajah subjek. Tindakan ini akan menyebabkan kamera menggeserkan fokus ke bagian tengah gambar. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda dapat memanfaatkan [FlexiZone – Single] untuk menetapkan fokus. Akan lebih baik jika memiliki fungsi yang dapat disesuaikan, yang menghentikan mekanisme pemfokusan untuk sementara sampai kamera mendeteksi lagi wajah subjek apabila fitur pendeteksian wajah kehilangan jejak pelacakan wajah.

1. Saya mulai mengambil bidikan fall-down crane dalam pengaturan [Face + Tracking AF].

2. Fokus sangat tepat apabila kamera dapat mendeteksi wajah subjek.

3. Saya menurunkan crane lebih jauh supaya wajah subjek tidak lagi berada dalam bingkai. Fitur pendeteksian wajah kamera yang kehilangan jejak pelacakan wajah subjek.

4. Kamera beralih ke [FlexiZone – Multi] apabila gagal mendeteksi wajah, dan menetapkan fokus pada apa yang dianggapnya sebagai subjek.

* Kecuali dinyatakan lain, EOS 70D Kit II (EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS STM) digunakan untuk pengujian ini.

Kazuhiko Saika

Pada saat ini Mr. Saika adalah profesor di Faculty of Media and Information Resource di Surugadai University, dan sebelumnya menjabat sebagai produser perencanaan pada sebuah perusahaan periklanan serta pelatih bersertifikat untuk sistem penyuntingan high-end. Aktivitas artistiknya baru-baru ini berpusat pada videografi dengan kamera DSLR, dan sekarang tengah bereksperimen dengan video 4K.

http://mono-logue.air-nifty.com

Video Salon

Video Salon memulai publikasinya pada tahun 1980, dan merupakan satu-satunya majalah mengenai perlengkapan videografi di Jepang. Dengan menargetkan ke para pembaca yang berkisar dari para amatir yang serius hingga tingkat profesional, majalah ini meraih reputasi yang mantap, bukan hanya karena informasi yang disajikannya mengenai kamera video dan perangkat lunak penyuntingan, tetapi juga tentang ulasannya mengenai videografi dengan kamera DSLR terbaru, serta saran dan tutorial dari sang pakar.

http://www.genkosha.co.jp/vs/

Diterbitkan oleh GENKOSHA Co., Ltd

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.