Produk

[Bagian 2] Lompatan Evolusioner dalam Live View Shooting dengan Dual Pixel CMOS AF EOS 70D

Merintis gaya pemotretan baru kamera DSLR, EOS 70D menampilkan Dual Pixel CMOS AF evolusioner yang memberikan definisi yang sama sekali baru untuk Live View AF. Di sini [Bagian 2], bacalah ulasan produk yang difokuskan pada perbandingannya dengan pendahulunya, EOS 60D. Juga lihat [Bagian 1] jika Anda terlewatkan laporan tentang fitur-fitur paling penting yang baru ditambahkan ke EOS 70D, serta berbagai manfaat yang ditawarkannya. (Dilaporkan oleh: Ryosuke Takahashi)

Halaman: 1 2

Karakteristik Desain Kerangka dan Perbedaan EOS 70D dengan EOS 60D

Fitur utama desain kerangka EOS 70D

Depan

A:Tinggi: Kira-kira 104,3mm
B:Lebar: Kira-kira 139mm

Merah: Built-in flash mencakup sudut pandang kira-kira setara dengan 17mm, dan memiliki 12 nomor panduan (ISO 100, dalam unit meter). Selain itu, ini dapat berfungsi sebagai unit "master" untuk mengontrol flash firing (bidikan lampu kilat) unit Canon Speedlite tanpa kabel melalui transmisi optik.

Belakang

C:Tebal: Kira-kira 78,5mm

Merah: Monitor LCD Vari-angle yang dapat diputar menyamping keluar, memudahkan pemotretan low-angle dan high-angle. Selain itu, fungsi layar sentuh monitor LCD memungkinkan Anda menetapkan fokus secara naluri.

Biru: Kompartemen di dasar kerangka dapat menampung Paket Baterai LP-E6 (1.800mAh), yang digunakan pada rangkaian model yang luas. EOS 60D juga menggunakan paket baterai yang sama.

Hijau: SD memory card digunakan sebagai media rekaman. Selain itu, standar SDHC, SDXC dan UHS-I juga didukung. Dengan mempertimbangkan frame rate (laju bingkai) yang lebih tinggi, kami menganjurkan untuk menggunakan kartu berkapasitas besar.

Perbaikan yang dibuat untuk menambah operabilitas

Selain mengurangi lebar sekitar 5,5mm, tidak ada perubahan besar yang dilakukan pada desain kerangka dibandingkan dengan EOS 60D. Konsep desain EOS 60D, yaitu merealisasikan ukuran ringkas sementara mempertahankan keseimbangannya dengan lensa EF besar, juga diwariskan ke EOS 70D. Sedangkan rinciannya, bentuk Mode Dial dan cara pemutaran telah diubah, dan tata letak tombol pada bagian depan juga mengadopsi desain yang sama seperti pada model EOS 6D. Penyesuaian lainnya termasuk inclination angle (sudut inklinasi) Mode Dial yang lebih lembut untuk menambah visibilitas apabila dilihat dari atas secara langsung. Ini lebih memudahkan pengguna mengenali shooting mode (mode pemotretan). Dengan lebar kerangka yang agak diperkecil, diameter Quick Control Dial juga dibuat lebih kecil dibandingkan EOS 60D, tetapi pemutaran tombol dial dan penekanan Multi-controller pada EOS 70D jauh lebih mudah.

Perbandingan Desain Kerangka EOS 70D dengan EOS 60D

Ukuran kerangka

EOS 70D

EOS 60D

Selain pengurangan lebar kamera sekitar 5.5mm, perubahan juga dilakukan pada inclination angle (sudut inklinasi) Mode Dial untuk menambah visibilitas dari atas. Tinggi dan ketebalan juga sudah dikurangi sedikit.

Mode Dial

EOS 70D

EOS 60D

Tata letak Mode Dial telah disederhanakan dengan scene mode direlokasikan di bawah SCN. Sekarang, tombol dial dapa dirotasi 360⁰ untuk mengaktifkan pemilihan shooting mode (mode pemotretan) dengan lebih cepat.

Panel Tampilan

EOS 70D

EOS 60D

Informasi yang ditampilkan pada dasarnya serupa dengan tampilan pada EOS 60D, kecuali ada tambahan fungsi Wi-Fi yang baru diterapkan. Tata letak tombol EOS 60D dekat panel atas juga dipertahankan.

Samping kanan kerangka (Belakang)

EOS 70D

EOS 60D

Diameter Quick Control Dial telah diperkecil sedikit, dan tata letak tombol juga sudah berubah. Tombol Playback (Pemutaran ulang) dan tombol Erase (Hapus) direlokasi ke sisi kanan untuk memudahkan pengoperasian dengan satu tangan.

Samping kiri kerangka (Belakang)

EOS 70D

EOS 60D

Tombol Erase (Hapus) telah dipindahkan ke sisi kanan kerangka sehingga tata letak tombol sama persis dengan tata letak tombol EOS 6D. Selain itu, tampilan On/Off tombol power (daya) dapat dikenali lebih mudah dari atas.

Mencari keseimbangan sempurna antara weight (berat) dan high-function (fungsi tinggi)

Seperti pada EOS 60D, kami menggunakan apa yang disebut ‘engineering plastic’ untuk casing luar kerangka kamera, dan berat kerangka tetap sekitar 675g. Walaupun ada yang meminta penggunaan magnesium dengan pertimbangan kekokohan dan tekstur materinya, tapi akan lebih baik untuk memiliki kerangka kamera seringkas dan seringan mungkin untuk memfasilitasi pemotretan yang menggunakan monitor LCD Vari-angle. Khususnya, EOS 60D telah sangat populer dari beragam luas penggunanya, karena keseimbangan yang istimewa antara berat dan fungsinya, oleh karena itu, pada akhirnya kami memutuskan untuk membuat perubahan minimal pada ukuran EOS 70D.

6 Fitur EOS 70D

Kemajuan hebat yang telah dibuat fungsi AF dan Viewfinder

Selanjutnya kami mencurahkan perhatian ke fungsionalitasnya, melakukan peningkatan yang signifikan untuk fitur-fitur yang berkaitan dengan AF dan viewfinder. Yang terpenting, jumlah titik AF telah dinaikkan dari sembilan pada EOS 60D menjadi 19 pada EOS 70D. Dengan memperkenalkan tombol mode pemilihan area AF secara terpisah, maka mode pemilihan area AF sekarang dapat ditentukan lebih mudah. Pada waktu yang sama, [Zone AF] mode yang juga tersedia pada EOS 7D sudah ditambahkan. "Intelligent Viewfinder" baru, yang memanfaatkan LCD transparan, telah diadopsi untuk memungkinkan tampilan berbagai informasi dalam viewfinder, sehingga viewfinder shooting menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan.

1. Tiga jenis mode pemilihan area AF

Single-point AF (pemilihan Manual)

Zone AF (pemilihan zona Manual)

19-point automatic selection AF (AF pemilihan otomatis 19 titik)

Tiga mode pemilihan area AF yang tersedia. Yang praktis khususnya adalah [Zone AF] untuk membidik benda-benda yang bergerak. Dibandingkan dengan kamera full-frame 35mm, area pada viewfinder yang tercakup oleh titik AF menjadi lebih lebar, sehingga Anda dapat memanfaatkan 19 titik AF sebaik-baiknya.

2. Intelligent Viewfinder

Grid Lines (Garis Grid)

Electronic Level (Level Elektronik)

Di samping garis grid, ikon lainnya seperti electronic level juga dapat ditampilkan di dalam Intelligent Viewfinder. Khususnya, ikon electronic level baru tidak memanfaatkan titik AF, jadi Anda dapat mengecek tilt (kemiringan) kamera sewaktu pemfokusan sedang berlangsung.

3. Fungsi Wi-Fi

Fungsi Wi-Fi hampir sama dengan fungsi pada EOS 6D. Dengan fungsi ini, foto-foto unik seperti yang diterapkan dengan efek filter Creative dapat diunggah dengan cepat ke situs web. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fungsi Wi-Fi untuk mentransfer gambar di antara dua kamera EOS.

4. Custom Controls

Salah satu fitur yang paling direkomendasikan pada EOS 70D Tampilan Custom Controls memungkinkan Anda melakukan pengaturan secara efisien. Untuk sepenuhnya memanfaatkan kamera ini, salah satu hal utama untuk dipertimbangkan adalah fungsi-fungsi yang Anda tetapkan ke [tombol SET] dan [tombol Depth-of-field preview].

5. HDR mode & Multiple exposures

Pada HDR mode, tiga bidikan dengan exposure berbeda, diambil dan digabungkan. Anda dapat juga memilih untuk menyesuaikan dynamic range (kisaran dinamis) secara otomatis atau manual (}1 hingga }3EV). Dengan efek yang cukup ringan, mode ini membantu menghasilkan gambar alami, dan dapat berlaku untuk susunan pemandangan yang lebar.

Seperti pada EOS 6D, Multiple-exposure mode dilengkapi dengan dua opsi, [Additive] dan [Average]. Anda dapat menggabungkan exposure kedua hingga kesembilan sewaktu menampilkan gambar Live View dari exposure pertama.

6. Custom AF sebanding dengan model higher-end

Fitur yang juga tersedia pada sejumlah model termasuk EOS 7D. Anda dapat menyesuaikan fungsi AF untuk menangani berbagai situasi apabila subjek bergerak dari titik AF selama AI Servo AF. Menyesuaikan menurut subjek yang akan Anda potret.

Anda dapat menetapkan kepekaan pelacakan subjek dengan mengubah karakteristik AI Servo AF menurut pergerakan dan kecepatan subjek. Untuk menangkap subjek yang bergerak atau berhenti secara mendadak, pengaturan ke nilai positif, membantu mencegah gambar di luar fokus.

Cobalah juga fitur-fitur Wi-Fi dan HDR! Fitur terbaru yang dikemas dalam EOS 70D

Fitur-fitur baru telah pula ditambahkan sesuai dengan tren terbaru, termasuk fungsi Wi-Fi, HDR mode, serta fungsi AF yang dapat disesuaikan. Filter Creative, yang diperkenalkan pertama kali pada EOS 60D, juga ditawarkan. Semua fitur ini berkontribusi dalam menambah kesempurnaan EOS 70D dari segi fungsi pemotretan dan produksi gambar. Meskipun banyak yang cenderung memfokuskan perhatian mereka semata-mata pada Dual Pixel CMOS AF, perlu diperhatikan bahwa perbaikan yang stabil telah pula dibuat pada beberapa aspek, seperti fungsi pemotretan dasar.

Jika Anda mencari kamera yang sangat mobile, yang sesuai untuk bidikan di jalan dan foto perjalanan, pilihan terbaik adalah EOS 70D. Anda dapat menikmati pemotretan Live View hingga sepenuh-penuhnya dengan Dual Pixel CMOS AF, sementara pada waktu yang sama, menggunakan fotografi viewfinder dengan memanfaatkan fungsi AF yang begitu banyak. Semua kualitas yang tidak dapat ditawarkan oleh mirrorless DSLR bisa didapatkan pada EOS 70D.

Klik di sini untuk membaca [Bagian 1] Lompatan Evolusioner dalam Pemotretan Live View dengan Dual Pixel CMOS AF EOS 70D.

Ryosuke Takahashi

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan China.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.