Tips & Tutorials

[Bagian 2] Tampilkan Mata Indah Cemerlang Bagaikan Selebriti!

Pernahkah Anda mengalami penampilan yang kusam dalam foto, tidak berkesan, meskipun sudah berpose yang menawan dan mata Anda tampak besar dan cerah? Jika memang pernah, hal itu mungkin akibat tangkapan cahaya. Kiat untuk membuat Anda tampak cemerlang bagaikan selebriti, yaitu menangkap "cahaya" di mata Anda! (Dilaporkan oleh: Oliya T. Yabuta)

Dua foto di atas diambil pada lokasi yang sama dengan ekspresi wajah yang sama pula. Kesan yang dihasilkannya sangat berbeda, tergantung pada cahaya yang tertangkap di mata.

Pilih lokasi yang menampilkan cahaya cerah

Jika kita amati secara dekat foto para selebriti yang diambil oleh fotografer profesional, kita bisa tahu bahwa cahaya yang tertangkap dalam mata mereka membuatnya tampak cemerlang. Cahaya ini yang secara umum dikenal sebagai “catchlight” (tangkapan cahaya), adalah elemen yang harus ada dalam karya fotografer profesional, karena kehadirannya bisa mengubah kesan wajah subjek secara drastis. Sungguh sangat mudah memanfaatkan catchlight: cukup dengan menemukan lokasi di mana terdapat objek yang cerah atau sumber cahaya.

Temukan lokasi yang menampilkan cahaya cerah

  • Untuk bidikan siang hari, pilih tempat yang menampakkan langit
  • Untuk bidikan malam hari atau di dalam ruangan, pilih tempat yang menghadirkan cahaya
  • Jangan lihat secara langsung ke sumber cahaya cerah
  • Jangan menerpakan cahaya berwarna pada wajah

Jenis catchlight sempurna tidak lain dari “langit” di siang hari. Berfungsi sebagai catchlight yang besar, bentangan langit luas membuat mata Anda tampak cemerlang. Pastikan saja bahwa langit terlihat pada arah yang Anda pandang. Tidak perlu melihat secara langsung ke langit, karena mata Anda akan tampak kecil jika langit terlalu menyilaukan.

Sementara itu, untuk bidikan di dalam ruangan, Anda harus memperhatikan orientasi wajah, karena ini dapat menyebabkan mata Anda menjadi gelap apabila memotret di dalam ruangan pada siang hari. Seperti diilustrasikan dalam contoh di atas yang buruk, catchlight tidak tertangkap apabila wajah Anda melihat ke arah yang gelap. Jika Anda memotret di dalam ruangan pada siang hari, sertakan jendela yang diterangi sinar matahari pada arah yang sedang Anda lihat, karena ini membantu menciptakan catchlight yang efektif.

Untuk bidikan di dalam ruangan pada malam hari, sertakan lampu dengan tudung besar di arah yang sedang Anda lihat. Anda mungkin tidak dapat memperoleh efek catchlight yang diinginkan jika cahayanya terlalu kecil.

KIAT: Ciptakan catchlight bentuk hati atau bintang di mata Anda!

Dengan menempatkan potongan karton besar warna putih dalam bentuk hati atau bintang pada arah yang sedang Anda lihat, Anda dapat menciptakan catchlight bentuk hati atau bintang! Menerpakan cahaya pada karton putih akan menghasilkan catchlight cerah dan membuat bentuknya terlihat jelas.

IXUS 240 HS

Dilengkapi dengan sensor CMOS 16,1-megapixel dan fungsi Wi-Fi. Monitor LCD belakang lebar 3,2 inci mendukung pengoperasian layar sentuh.

Klik di sini untuk spesifikasi terperinci

Oliya T. Yabuta

Setelah berkarier di perusahaan produksi TV dan manufaktur periferal komputer di bagian perencanaan produk dan produksi iklan, Yabuta kemudian menjadi penulis dan fotografer potret. Ia ulung dalam menulis komentar yang mudah dipahami oleh pemula.
Web: http://www.yabuta.biz/
Facebook: https://www.facebook.com/oliya.yabuta

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.