Produk

[Bagian 2] PowerShot G5 X: Mengejar Operabilitas Tinggi Berikut Bentuk Ukuran Saku

Ada beberapa kamera saku beredar di pasar, yang bukan saja mudah digunakan, tetapi juga memungkinkan Anda mengambil foto seperti yang Anda bayangkan. Salah satunya yaitu PowerShot G5 X, dengan dilengkapi EVF dan aneka dial, berupaya mewujudkan operabilitas tinggi yang layak disejajarkan dengan seri kamera saku premium Canon. Di Bagian 2 serial wawancara ini, kami mencermati apa yang dilakukan para pengembang dalam upaya mereka mewujudkannya.

Halaman: 1 2

(Dari kiri ke kanan)

Mekanisme: Takashi Yoshida, Pengoperasian Produk Komunikasi Gambar, Pusat Pengembangan ICP 3

Elektronik: Ryuji Fukute, Pengoperasian Produk Komunikasi Gambar, Pusat Pengembangan ICP 3

Desain: Yoshihiro Miyazawa, Pusat Desain Produk, Div. Desain 1

Kepala Desain: Kenji Ito, Pengoperasian Produk Komunikasi Gambar, Pusat Pengembangan ICP 3

UI: Koki Kitaya, Pengoperasian Produk Komunikasi Gambar, Pusat Pengembangan ICP 3

Kualitas Gambar: Atsushi Fujita, Pengoperasian Produk Komunikasi Gambar, Pusat Pengembangan ICP 3

Perencanaan Produk: Yoshikazu Sakagami, Pengoperasian Produk Komunikasi Gambar Grup ICP 3

Beban pengoperasian disesuaikan menurut pemandangan atau skenario operasi yang dibayangkan.
Terdapat dial yang berlimpah untuk menanggapi tingkat tuntutan yang semakin tinggi.

- Semua dial ini memiliki penampilan yang secara khusus menonjol. Apakah dipertimbangkan juga untuk pengoperasiannya?

Kepala Desain (C di bawah) Ito Pada G5 X, kami menekankan pada pengoperasian yang senyaman mungkin sambil melihat melalui jendela bidik. Hasilnya, terdapat banyak komponen yang berputar dibandingkan model lainnya, dan kami membahas soal operabilitas berulang kali. Tepatnya, belum pernah kami melakukan pembahasan yang berulang-ulang dengan model lainnya di waktu lalu.

Mekanisme (M di bawah) Yoshida Memang betul, ini adalah model pertama yang kami bahas berulang kali tentang operabilitasnya (sambil tertawa).

C Ito Secara khusus, kami berulang-ulang membuat purwarupa untuk bentuk dan posisi dial utama di bagian depan.

M Yoshida Ya, betul. Awalnya, kami mempertimbangkan tipe horizontal seperti dial utama yang ada sekarang. Namun demikian, ketika kami melihat melalui jendela bidik, saat kami sedang mengejar, yang tadinya kami kira sungguh merupakan bentuk dan posisi termudah untuk dioperasikan, kami mulai bertanya-tanya, apakah tipe horizontal mungkin yang terbaik. Selanjutnya, setelah berulang kali melihat berbagai tipe yang berbeda, kami menghasilkan dial tipe vertikal dengan sisi miring disatukan dalam bentuknya. Dengan memutuskan pada bentuk dan posisi ini, saya yakin bahwa ini adalah cara yang amat sangat mudah untuk mengoperasikan dial. Dan, pada posisi ini, ukuran bodi dapat ditekan secara mekanis. Hasilnya, hal ini berkontribusi menjaga ketinggian yang serupa dengan G7 X, yang merupakan prestasi besar.

C Ito Selain itu, ada juga beban pengoperasian untuk tiap dial. Seraya memikirkan tentang penggunaan untuk tiap dial, kami telah melakukan banyak diskusi, tentang dial manakah yang sebaiknya kami buat lebih ringan, dan mana yang lebih berat.

M Yoshida Itu memang cukup sulit, bukan? Saya akui bahwa mode dial yang paling berisiko salah pengoperasian harus yang terberat. Contohnya, akan repot sekali jika Anda menyimpan kamera di dalam tas dan tanpa sengaja dial berputar. Sebaliknya, saya ingin membuat lampu dial kompensasi pencahayaan bisa diputar hanya dengan menggunakan satu jari. Tetapi, juga perlu untuk mendesainnya sedemikian rupa sehingga tidak mudah dioperasikan secara tidak disengaja. Kami menyesuaikan keseimbangan yang halus ini. Dari ketiga dial, maka dial yang paling banyak dibahas adalah dial utama. Ada sebagian orang yang ingin agar dial ini berat, dan sebagian lainnya menginginkan dial ini ringan (sambil tertawa). Namun demikian, agar para pengguna dapat secara cepat dan nyaman menggunakan dial utama, dan tidak meluputkan peluang foto, maka dial ini didesain sebagai dial paling ringan pada G5 X.

Main dial

Didesain dengan tujuan mengurangi upaya untuk memutar semua dial pada kamera, supaya dapat digunakan secara cepat dan aktif.

Dial exposure compensation (kompensasi pencahayaan)

Cukup ringan untuk dioperasikan secara mudah dengan satu ibu jari, bahkan sewaktu melihat melalui jendela bidik.

Mode dial

Didesain dengan tujuan mengurangi upaya untuk memutar semua dial pada kamera, untuk mencegah pengoperasian yang keliru.

Kami juga berupaya untuk menghasilkan suara dan naluri pengoperasian berkualitas tinggi.
Cincin kontrol yang dapat Anda putar secara aktif.

- Bagaimana dengan cincin kontrolnya?

C Ito Kali ini, suara pengoperasian sudah diubah secara signifikan. Mekanisme baru telah disatukan ke penghalus suara.

M Yoshida Dalam acara seremonial, seperti pernikahan misalnya, jika memutar cincin menimbulkan bunyi klik yang keras, tentu hal ini sangat tidak sesuai, jadi kami ingin mewujudkan suara yang canggih, dan naluri berkualitas tinggi yang menyerupai seri G.

Perencanaan Produk (P di bawah) Sakagami Sebuah cincin yang bekerja secara mulus, merupakan suatu opsi, tetapi harus ada sesuatu mengenai bunyi klik yang memberikan perasaan nyaman, dan ini berarti Anda bisa mengonfirmasi melalui naluri, bahwa nilai pengaturan yang dikehendaki sudah terkunci di tempatnya.
Adalah sasaran saya bahwa para pengguna akan dapat merasakan perubahan dalam nilai melalui jemari mereka serta telinga mereka. Jadi, dengan mempertahankan naluri klik, ini menghasilkan bunyi yang canggih dan membuai.

Desain (D di bawah) Miyazawa Sebagai contoh, sensasi adalah sesuatu seperti suara yang memiliki bezel (cincin dalam lingkaran) yang setara dengan yang dibuat untuk jam tangan berkualitas tinggi (sambil tertawa).

M Yoshida Itu mungkin agak berlebihan (sambil tertawa), tetapi, kualitasnya memang tinggi.

D Miyazawa Juga untuk desainnya, kami melakukan penyesuaian berulang kali untuk mencapai pengoperasian yang nyaman. Bagaimanapun, memang perlu memposisikan semua tombol dan dial ini pada bodi kecil, supaya mudah digunakan. Misalnya, untuk bentuk pegangannya, kami berulang kali melakukan penyesuaian secara cermat. Untuk dapat menghasilkan rasa genggaman yang mantap dan mudah untuk memutar dial, penyesuaian ekstrem dalam ukuran puluhan milimeter telah dibuat di bagian yang bersentuhan dengan pegangan. Pegangan ibu jari diposisikan pada bagian miring, memastikan bahwa dial kompensasi pencahayaan mudah diputar. Dan, karena berada pada kemiringan, alas ibu jari Anda terangkat ke atas. Hal ini mencegah pengoperasian yang keliru pada tombol yang terletak di permukaan belakang.

UI (U di bawah) Kitaya Sungguh, ada banyak sekali dial dan tombol. Dan, dengan menyesuaikan materi kontrol, kami bahkan dapat memperoleh keleluasaan yang lebih besar. Contohnya, apabila mengatur fungsi AE lock (kunci AE), dengan menggunakan ibu jari, mengatur AF ke tombol kunci AE, serta mengatur pengoperasian AF (One-shot / Servo AF) ke tombol movie (film), maka, Anda dapat memposisikan pengoperasian terkait AE di sekitar ibu jari, dan Anda juga bisa menikmati pemotretan dengan pra-fokus.

Dengan memanfaatkan sensor tipe 1,0 inci dan lensa aperture besar, G5 X mewarisi kualitas gambar yang tinggi dan daya ekspresi G7 X.

- Seperti apakah kualitas gambar pada G5 X?

P Sakagami Pada G5 X, pada dasarnya, kami mengikuti lensa f/1.8 (W) – f/2.8 (T) 24-100mm* 4,2x, sensor tipe 1,0 inci, dan DIGIC 6 yang sangat diunggulkan pada G7 X, mencapai kualitas gambar yang tinggi, layak untuk seri G.

* setara dengan film 35mm

Kualitas Gambar (I di bawah) Fujita Betul. Kami sangat berhati-hati agar dapat mengambil sejumlah hal yang bagus dari perangkat dengan sensor format besar tipe 1,0 inci dan lensa dengan nilai f cerah. Sama seperti pada G7 X, desain dan tuning (penalaan) dilaksanakan dengan pertimbangan untuk mewujudkan total balance (keseimbangan penuh) dari sudut lebar ke telefoto, dan dari batas luar ke tengah, memungkinkan untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi.

Kamera ini juga menangani kecepatan ISO tinggi, dan pemburaman latar belakang pun sangat indah, jadi saya berpendapat bahwa ukuran ini dikombinasikan dengan jendela bidik elektronik akan membuatnya sebagai kamera yang sungguh mudah digunakan.

Juga, keleluasaan dan daya ekspresi selama pemotretan Live View.
LCD vari-angle meluaskan berbagai kemungkinan.

- Mengapa LCD vari-angle, bukan LCD tipe miring yang disertakan?

P Sakagami Satu alasan yang kami pikirkan yaitu, karena jika Anda bisa memutarkan LCD dan menutupnya, maka sewaktu memotret dengan jendela bidik, Anda bisa lebih berkonsentrasi. Hal ini akan mengurangi risiko terbentur, terhantam, atau tergores secara sembarangan, ketika membawa kamera. Selain itu, LCD vari-angle memiliki keuntungan, yaitu mendukung pemotretan dari berbagai sudut. Di tempat pemandangan yang sulit untuk memotret sambil melihat melalui jendela bidik, maka dengan menggunakan LCD vari-angle, menurut saya, Anda akan bisa menikmati pemotretan dengan lebih leluasa pada beragam luas pemandangan.

C Ito Pada hakekatnya, monitor jenis miring akan lebih memudahkan untuk membuat ukuran bodi lebih tipis dan tidak begitu lebar. Bagaimanapun, dengan LCD vari-angle, akan ada volume yang lebih besar. Hal ini menyulitkan bagi mereka yang bertanggung jawab atas mekanisme.

M Yoshida Ya, betul. Rencana untuk memperkecil ukuran pada apa yang sudah kami kerjakan cukup lama, diterapkan di sini. Malahan, ada perbincangan untuk menggunakan kembali LCD dari G1 X, tapi saat berbicara dengan Mr. Miyazawa, dia mengatakan bahwa menurutnya, keseimbangan secara keseluruhan akan hilang. Mr. Miyazawa juga mendesain kamera, seperti EOS 5D II dan dengan menekankan serta mempertimbangkan secara jelas mengenai total balance (keseimbangan penuh), dia benar-benar berhasil membuat kamera yang terlihat bagus, jadi dia juga bekerja keras pada kamera ini (sambil tertawa).

D Miyazawa Terima kasih banyak (sambil tertawa). Anda sudah membuat mekanisme interior agak lebih tipis dan sempit, jadi saya mengejar desain yang tampak ramping dengan memangkas sebanyak mungkin dari bagian luarnya.

M Yoshida Saya dapat membuat bingkai luar agak lebih tipis, dan karena ini adalah panel sentuh, saya berpendapat bahwa kamera ini memiliki LCD berkualitas cukup tinggi, terasa seperti smartphone.

Daya ekspresi yang memanfaatkan kinerja optik.
Kamera ini dapat melakukan selfie premium yang selangkah lebih maju dari para saingannya.

P Sakagami Melengkapinya dengan layar vari-angle, juga menanggapi kebutuhan untuk pemotretan selfie. Agar pemotretan selfie jauh lebih menyenangkan, mode selfie pada PowerShot N2, juga disertakan. Kali ini, kami menyertakan fitur baru untuk juga mengontrol aperture. Dengan memanfaatkan sensor tipe 1,0 inci, Anda bisa memburamkan latar belakang secara optik, alih-alih dengan pemrosesan digital.

U Kitaya Pengoperasiannya pun sama sekali tidak sulit. Kamera ini didesain supaya Anda dapat membuat penyesuaian dengan memindahkan bilah pada panel sentuh. Selain itu, ketika dalam mode selfie, karena kami menyertakan fitur yang secara otomatis menampilkan UI secara vertikal sewaktu pemotretan pada posisi vertikal, pemotretan selfie dibuat menjadi mudah. Di samping itu, Anda juga dapat menyesuaikan kecerahan dan efek kulit mulus.

I Fujita Sampai sekarang, efek kulit mulus hanya memiliki tiga tingkat, tetapi ini diperluas menjadi lima tingkat pada kali ini. Anda bahkan dapat memilih efek yang sesuai selera Anda dengan lebih baik.

P Sakagami Ya, Anda benar. Dengan G5 X, menurut saya, Anda akan dapat menikmati pemotretan jenis selfie yang unik untuk model premium.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.