Produk

[Bagian 3] EOS 70D – Keuntungan Pembuatan Film dengan Lensa Aperture Besar dan STM

Perubahan revolusioner pada AF telah dihadirkan dengan memperkenalkan Dual Pixel CMOS AF pada EOS 70D, bukan hanya untuk still photography (fotogorafi diam), melainkan juga dalam pembuatan film. Dalam artikel ketiga serial ini yang menjelajahi kemajuan yang dibuat dalam fitur movie AF (AF film), saya akan menguji efeknya dalam pembuatan film dengan menggunakan lensa aperture besar dan STM, yang mencirikan seri EOS. (Diedit oleh: Video Salon, Dilaporkan oleh: Kazuhiko Saika)

Halaman: 1 2

Fokus dapat dipertahankan, bahkan dengan lensa primer aperture besar non-STM

Salah satu manfaat membuat film dengan kamera DSLR yaitu, Anda dapat mengekspresikan dengan fokus dangkal apabila menggunakan lensa aperture besar yang memiliki aperture cerah maksimum. Di waktu lalu, nyaris tidak memungkinkan untuk menggerakkan kamera dan sekaligus mempertahankan fokus secara akurat sambil menjaga depth of field (ketajaman ruang) yang dangkal. Namun demikian, sekarang hal ini bisa dilakukan pada EOS 70D dengan highly-precise AF control (kontrol AF ketepatan tinggi) yang lebih baru. Lensa yang saya gunakan di sini adalah EF85mm f/1.2L USM.

Saya mengatur tiga orang putri untuk berdiri berdampingan dan melakukan pan kamera secara horizontal untuk membuat film. Dari tautan untuk film sampel di bawah, Anda bisa mengetahui performa AF [Face + Tracking] lensa prima aperture besar apabila fokusnya dangkal. Catat footage mulai dari sekitar 00:01:11.

MOVIE SAMPEL

Dengan lensa STM tipe lead-screw (poros antar), gerakan AF nyaris senyap

Di waktu lalu, apabila merekam film EOS, suara dari gerakan elemen lensa selama pemfokusan dan pengoperasian lainnya akan ditransmisikan melalui getaran bodi kamera dan tertangkap oleh mikrofon sebagai suara bising yang keras. Ini berarti bahwa pada banyak kasus, mikrofon kamera terpasang tidak dapat digunakan untuk merekam audio film EOS. Namun, dengan memanfaatkan lensa STM tipe lead-screw, pengoperasian menjadi senyap dan suara gerakan lensa nyaris tidak ada. Mikrofon stereo yang terpasang dalam EOS 70D cukup berfungsi, dan Anda dapat merekam suara yang sangat jernih tanpa menggunakan mikrofon eksternal.

Dua mikrofon stereo terpasang di bagian atas kamera pada kedua sisi hot shoe.

MOVIE SAMPEL

Pengoperasian layar sentuh yang senyap sangat cocok untuk pembuatan film

Di samping pendeteksian wajah dalam mode AF [Face + Tracking] dan spesifikasi titik AF dalam mode AF [FlexiZone - Single], EOS 70D juga memungkinkan pengoperasian layar sentuh yang mudah dari pengaturan kamera yang berbeda-beda, seperti nilai aperture dan kecepatan rana. Hal ini menuntun saya untuk mengakui kembali bahwa antarmuka kontrol pada layar sangat cocok untuk membuat film pada kamera DSLR. Sebagian kamera, seperti EOS 5D Mark III, dilengkapi sejumlah fitur yang khususnya untuk memastikan pembuatan film secara senyap, seperti control touch-pad (bantalan sentuh kontrol) di belakang untuk mencegah suara pengoperasian terekam ketika menggunakan Quick Control Dial (Kenop Kontrol Cepat). Sebagai perbandingan, kontrol level volume melalui pengoperasian layar sentuh pada EOS 70D jauh lebih mudah. Namun demikian, harap dicatat bahwa kontrol volume pada EOS 70D dinonaktifkan ketika perekaman sedang berlangsung.

EOS 70D mendukung pengoperasian layar sentuh. Anda dapat menyentuh layar LCD untuk menyesuaikan pengaturan kamera yang berbeda-beda.

Kazuhiko Saika

Pada saat ini Mr. Saika adalah profesor di Faculty of Media and Information Resource di Surugadai University, dan sebelumnya menjabat sebagai produser perencanaan pada sebuah perusahaan periklanan serta pelatih bersertifikat untuk sistem penyuntingan high-end. Aktivitas artistiknya baru-baru ini berpusat pada videografi dengan kamera DSLR, dan sekarang tengah bereksperimen dengan video 4K.

http://mono-logue.air-nifty.com

Video Salon

Video Salon memulai publikasinya pada tahun 1980, dan merupakan satu-satunya majalah mengenai perlengkapan videografi di Jepang. Dengan menargetkan ke para pembaca yang berkisar dari para amatir yang serius hingga tingkat profesional, majalah ini meraih reputasi yang mantap, bukan hanya karena informasi yang disajikannya mengenai kamera video dan perangkat lunak penyuntingan, tetapi juga tentang ulasannya mengenai videografi dengan kamera DSLR terbaru, serta saran dan tutorial dari sang pakar.

http://www.genkosha.co.jp/vs/

Diterbitkan oleh GENKOSHA Co., Ltd

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.