Produk

PowerShot G9 X: Kamera Ultra Ramping dengan Sensor tipe 1,0 inci

Dikemas dengan sensor gambar tipe 1,0 inci yang besar dalam desain bodi ramping, berbobot 209g, PowerShot G9 X adalah kamera saku high-end dengan kualitas gambar yang tinggi, yang dapat menemani Anda ke mana saja. Saat saya diberikan kesempatan untuk mendapatkan kamera yang sesungguhnya, saya ingin menyampaikan laporan secara rinci tentang penampilan dan berbagai fungsinya. (Dilaporkan oleh Takeshi Ohura)

Halaman: 1 2

Meskipun memiliki sensor tipe 1,0 inci, ukuran bodinya masih seimbang dengan kamera yang memiliki sensor tipe 1/1,7 inci

Sudah lama dikatakan bahwa smartphone telah menggantikan kamera saku yang harganya murah. Namun demikian, kamera saku digital sudah mulai menetapkan dirinya berbeda dari smartphone, menjadi lebih individual daripada sebelumnya, dengan berbagai fitur seperti lensa zoom high-magnification (pembesaran tinggi).

Ada sejumlah kamera semacam itu di toko, dengan berbagai fitur seperti sensor gambar besar untuk kualitas gambar yang lebih baik, atau lensa zoom berdiameter besar yang memperluas lebar foto. PowerShot G9 X adalah salah satu dari kamera tersebut. Meskipun dilengkapi dengan sensor tipe 1,0 inci, tapi tetap mempertahankan bodi seukuran saku yang seimbang dengan kamera yang dilengkapi sensor tipe 1/1,7 inci.

PowerShot G9 X yang juga dilengkapi dengan sensor tipe 1,0 inci, bahkan lebih ramping daripada pendahulunya, PowerShot G7 X, dan mendekati PowerShot S120 (juga dikenal sebagai S120), dilengkapi dengan sensor tipe 1/1,7 inci.

Dimensi spesifik PowerShot G9 X adalah 98 × 57,9 × 30,8mm (L x T x P), membuatnya agak lebih ramping daripada S120, yang memiliki dimensi 100,2 × 59 × 29mm Bobotnya 209g, 8g lebih ringan daripada S120. Kebetulan, ukuran PowerShot G7 X adalah 103 × 60,4 × 40,4mm dan berbobot 304g, yang sangat kontras dengan PowerShot G9 X.

Berkat ukuran ringkas dan bobot PowerShot G9 X, Anda nyaris tidak melihatnya, bahkan saat disimpan dalam saku Anda. Tidaklah berlebihan apabila dikatakan, sungguh mengagumkan bahwa ukuran bodi kamera ini bisa dicapai meskipun sensor tipe 1,0 inci yang dimilikinya, hampir tiga kali lebih besar daripada sensor tipe 1/1,7 inci. Selain warna hitam, kamera ini juga dilengkapi dengan pegangan berbahan kulit sintetis warna cokelat dan bodinya berwarna silver.

PowerShot G9 X tersedia dalam 2 warna. Hitam atau Silver (Perak)

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

Menghilangkan cross keys (tombol silang), dan mewarisi cincin kontrol dari mode terdahulu

Hal yang patut diperhatikan mengenai pengoperasian kamera yaitu, cross key (tombol silang) telah dihilangkan dan digantikan dengan pengoperasian layar sentuh pada monitor LCD. Namun demikian, hal ini tidak berarti bahwa kamera dioperasikan hanya dengan menggunakan pengoperasian layar sentuh. Tombol di sisi kanan belakang digunakan untuk mengakses menu, mengonfirmasi pengaturan, dan lain sebagainya.

Desain kamera sangat disederhanakan, dengan dihilangkannya tombol silang yang sudah akrab dan digantikan oleh hanya 4 tombol kontrol yang diatur secara vertikal di sisi belakang kamera.

Misalnya, untuk memutar kembali gambar yang sudah Anda ambil, Anda tinggal menarik jari Anda melintasi layar untuk bergulir di antara gambar, atau zoom in dan zoom out gambar dengan gerakan mencubit. Namun demikian, Anda harus menekan tombol Playback (Putar ulang) yang terletak di bagian atas kamera agar dapat masuk ke mode Playback. Oleh karenanya, kamera menggunakan sistem hybrid dengan kombinasi pengoperasian tombol fisik dan pengoperasian layar sentuh yang menggunakan monitor LCD.

Layar Menu. Tab dan opsi dapat dipilih dengan tindakan mengetuk.

PowerShot G9 X telah mewarisi cincin kontrol, yang bisa kami katakan sudah menjadi fitur tetap pada semua modek kamera saku high-grade sejak dirilisnya PowerShot S90. Sensasi mengeklik terasa menyenangkan, sama seperti pada model terdahulu, dan tidak ada perubahan berarti dalam penentuan fungsi: Anda dapat menyesuaikan fungsi, seperti model terdahulu.

Cincin kontrol dipasang pada alas lensa. Selain mengaktifkan pengoperasian intuitif, cincin ini juga memberikan sensasi pengeklikan dial yang sangat menyenangkan.

Dial mode (terletak di bagian pelat atas) tetap mudah digunakan, tanpa perubahan berarti dari model terdahulu. Salah satu fitur unik kamera ini adalah polesan akhir tonjolannya yang halus pada lingkaran cincin kontrol dan dial mode, sehingga memberikan genggaman yang lebih baik.

Desain pelat atas juga sederhana. Ukuran dial mode pemotretan pun sesuai, dan memiliki rabaan operasional yang bagus. Tombol Playback juga terletak di sini.

Kamera dilengkapi dengan lampu kilat pop-up terpasang.

Lensa dengan spesifikasi minimal untuk kamera ukuran saku

PowerShot G9 X menggunakan Sensor CMOS sinar latar tipe 1,0 inci dengan kira-kira 20,2 megapiksel efektif, yang sama seperti PowerShot G7 X. Kisaran pengaturan sensitivitas adalah ISO 125-12800. Perbedaan paling terlihat antara PowerShot G9 X dengan G7 X adalah lensanya. PowerShot G7 X mencakup kisaran panjang fokus setara dengan film 35mm sebesar 24-100mm dengan aperture f/1.8-2.8, sedangkan PowerShot G9 X mencakup kisaran setara dengan film 35mm sebesar 28-84mm dengan aperture f/2.0-4.9. Spesifikasi lensa yang konservatif, kemungkinan besar merupakan salah satu alasan utama, mengapa hal ini mampu menghasilkan desain bodi ultra ramping yang seimbang dengan kamera yang memiliki sensor tipe 1/1,7 inci. Jarak pemfokusan terdekat adalah 5cm untuk ujung sudut lebar, dan 35cm untuk ujung telefoto. Fitur unik lainnya pada lensa ini adalah diafragma aperture 9-blade, yang menyediakan aperture yang nyaris bundar, sehingga bokeh tampak mulus.

PowerShot G9 X dilengkapi dengan lensa zoom optik 3x dengan kisaran panjang fokus setara dengan film 35mm sebesar 28-84mm. Dengan menurunkan spesifikasi aperture maksimum, telah memungkinkannya mencapai ukuran yang lebih ringan dan ringkas dibandingkan PowerShot G7 X.

Fungsi pemotretan baru [Auto ND]. Filter ND terpasang meredupkan foto dengan ekuivalen hingga 3 shutter speed stop, dan karenanya praktis apabila Anda ingin membuka aperture sedikit di luar ruangan yang terang, atau apabila Anda ingin membidik pada kecepatan rana yang selambat mungkin. Pada model sebelumnya, memang perlu untuk menampilkan menu dan menetapkan fitur ini ke [On] atau [Off] secara manual. Namun demikian, PowerShot G9 X memungkinkan fitur untuk diaktifkan [On] atau dinonaktifkan [Off] secara otomatis, yang bahkan membuat pengoperasiannya lebih nyaman.

PowerShot G9X juga menggunakan sistem fokus otomatis 31 titik, yang sama seperti pada PowerShot G7 X, dan memiliki kecepatan pemotretan beruntun hingga 6 frame per detik. Monitor LCD sebesar 3,0 inci dengan 1,04 juta dot. Meskipun monitornya tidak bisa dimiringkan, dan juga bukan vari-angle, namun monitor ini memiliki sudut tayangan lebar, jadi saya perkirakan tidak akan menyebabkan rasa tak nyaman bagi penggunanya, kecuali melakukan pemotretan pada sudut ekstrem.

Kamera ini juga mewarisi fungsi Wi-Fi dari model terdahulu. Fitur ini sekarang dianggap wajib untuk kamera digital, jadi dengan sendirinya, kamera ini juga memilikinya. Pemotretan dari jarak jauh pun dimungkinkan dengan menggunakan aplikasi smartphone Camera Connect khusus, dan sebagai tambahan untuk tiap mode pemotretan, Anda juga dapat menetapkan pengaturan untuk zoom, lampu kilat, self-timer, dll., dari layar aplikasi pada smartphone Anda. Lebih jauh lagi, Anda dapat menyesuaikan posisi fokus, jadi, selain mengambil foto kenangan yang memungkinkan pengguna kamera berada dalam foto, Anda juga dapat menikmati fotografi sepenuhnya, seperti fotografi kehidupan liar, dan lain sebagainya.

PowerShot G9X juga mendukung NFC pairing, jadi, dengan hanya menyentuh kamera dan perangkat cerdas secara bersama-sama, aplikasi akan diluncurkan, yang secara nyaman memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat. NFC juga memungkinkan Anda terhubung dengan Connect Station CS100 untuk mengelola, melihat dan berbagi foto serta video Anda secara mudah.

Kamera ini juga memiliki tombol Mobile Device Connection (Koneksi Perangkat Mobile) seperti ditunjukkan dalam foto. Cukup dengan menekan tombol ini akan menyelesaikan proses koneksi dan meluncurkan aplikasi Camera Connect khusus pada smartphone Anda. Kamera ini juga dilengkapi dengan penggantungan tali ikat di sisi kiri dan kanan, jadi Anda dapat memasangkan tali ke kedua sisi jika dikehendaki.

Pengisian USB adalah fitur baru kamera ini. Cukup dengan menghubungkan kamera ke terminal USB komputer atau adaptor USB, Anda akan dapat mengisi baterai kamera. Menurut saya, para pengguna akan sering membawa kamera saku bersama laptop di dalam tas, sehingga memungkinkan untuk mengisi secara langsung dari laptop ketika baterai kamera mulai melemah. Aksesori charger baterai tersendiri (CB-2HL) merupakan kelengkapan yang menyenangkan.

Antarmuka pada sisi kamera mencakup (dari atas) port USB (Micro-B) dan port HDMI (Tipe D).

Kamera ini menggunakan baterai NB-13L. Apabila terisi penuh, Anda bisa mengambil hingga 220 bidikan dengan monitor LCD tetap menyala, atau hingga 335 bidikan dalam Eco Mode.

Antarmuka pengguna yang dipikirkan secara cermat.

UI PowerShot G9 X memang mengesankan, karena tombol silang tidak ada lagi, yang selama ini dianggap sebagai bagian penting dari pengoperasian kamera digital sampai sekarang. Apabila mempertimbangkan ukuran kamera yang diperkecil, dan monitor LCD yang diperbesar, UI ini sangat efisien. Meskipun sebagian besar kamera digital lainnya hanya mengandalkan pada pengoperasian layar sentuh pada monitor LCD, namun PowerShot G9 X membiarkan fitur penting untuk dilakukan dengan menggunakan pengoperasian secara fisik, sehingga memberikan keberagaman dalam pengoperasian dan rasa keakraban. Menurut saya, ini sungguh dipikirkan secara cermat.

Sebagai hal yang menarik bagi para penggemar, soket tripod sejajar dengan sumbu optik lensa. Saya merasa bahwa ini juga menunjukkan pengabdian produsen kamera terhadap rincian yang halus.

Saya harus mengembalikan kamera uji-coba ini pada saat saya mulai terbiasa dengannya, dan saya merasa akan menjadi terbiasa dengan kamera ini setelah menggunakannya terus-menerus. Konsep pengembangan PowerShot S90 (dirilis 2009) yang populer, dan dipandang sebagai pelopor kamera saku high-end dalam beberapa tahun belakangan ini, adalah "kamera yang dapat mengambil gambar serba memuaskan, bahkan dalam keadaan gelap." Model ini telah mewarisi asal-usul itu, dan terus teguh terhadap konsep tersebut dengan kecepatan ISO tinggi yang superior berkat sensor tipe 1,0 inci, penstabil gambarnya yang dahsyat, serta lensa dengan aperture cerah maksimum pada ujung sudut lebar.

Takeshi Ohura

Lahir pada tahun 1965 di Prefektur Miyazaki, Ohura lulus dari Jurusan Fotografi, College of Art, Nihon University. Setelah mengembangkan kariernya di bagian editorial majalah sepeda motor dan perusahaan perencanaan desain, dia menjadi seorang fotografer freelance. Dia banyak menulis, terutama untuk majalah fotografi berdasarkan pengalamannya menggunakan kamera digital untuk bidikan komersial. Di luar kerjanya, dia senang melihat berbagai foto dan meniatkan untuk mengunjungi banyak galeri secara rutin. Ohura adalah anggota Camera Grand Prix Selection Committee.

Digital Camera Watch

Menyampaikan berita harian yang terkait topik,misalnya tentang kamera digital dan perangkat periferal, serta perangkat lunak imaging. Juga menerbitkan berbagai artikel, seperti ulasan tentang penggunaan model kamera digital yang sesungguhnya, dan sampel foto yang diambil dengan menggunakan model baru.

http://dc.watch.impress.co.jp/

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.