Foto & Persona

Pemotretan di Islandia dengan lensa EF11-24mm f/4L USM

Justin Ong, sang produser/fotografer mendapatkan peluang dalam pekerjaannya untuk melakukan perjalanan menjelajahi dan memotret momen yang dapat menarik bagi banyak orang. Dari hutan Indonesia hingga labirin konstruksi di China, Justin tidak pernah menyerah untuk memotret pemandangan indah melalui lensanya. Dalam perjalanan terakhirnya ke Islandia, dia berjalan melalui negara yang menakjubkan ini bersama lensa EF11-24mm f/4L USM dan menjelajahi semuanya dari Aurora Borealis hingga gletser di pantai pasir hitam.

EOS 5D Mark III, lensa EF11-24mm f/4L USM, f/4.5, 11mm, 30secs, ISO2500

Mengapa Anda memilih untuk mengunjungi Islandia?

Islandia adalah salah satu negara yang paling indah di dunia dan kami memilih waktu saat turis agak sedikit. Saya merekomendasikan untuk mengunjungi negara ini dua kali - satu kali pada musim panas untuk pemandangan sinar matahari yang megah dan satu lagi pada musim dingin untuk menyaksikan Aurora Borealis.

Apa saja momen terbaik Anda di Islandia?

Suatu malam di pedesaan saat saya memutuskan untuk mencoba memotret Bima Sakti, yang bukanlah suatu pemandangan yang dapat terlihat di Singapura. Ketika saya sedang menyesuaikan pengaturan dan memeriksa foto, saya melihat sebuah cahaya hijau pada foto terakhir. Cahaya tersebut semakin jelas dalam foto ketika saya terus memotret, dan sebelum saya mengetahuinya, Aurora telah tiba di atas saya! Saya berteriak dengan gembira dan membangunkan banyak tamu di hotel. Kami semua berdiri terkagum ketika menyaksikan Aurora tersebut bergerak dan menari-nari.

Pada malam terakhir di Islandia, kami menuju sebuah jalan raya yang sepi pada tengah malam, dan sekali lagi Aurora muncul memenuhi seluruh langit, seperti sedang mengucapkan selamat tinggal kepada kami.

EOS 5D Mark III, lensa EF11-24mm f/4L USM, f/4.5, 11mm, 30secs, ISO2500

Seberapa banyak persiapan Anda untuk perjalanan ini?

Saya membawa pakaian hangat, syal dan kupluk untuk melindungi wajah saya dari angin dingin. Untuk perlengkapan, saya membawa lensa sudut lebar saya yang terpercaya, EF11-24mm f/4L USM - sesuatu yang dapat dibawa dalam cuaca apa pun - dan sebuah tripod serat karbon (yang logam akan terlalu dingin untuk disentuh saat pengaturan). Dan tidak lupa memperhatikan pengaturan pada kamera (misalnya eksposur panjang) untuk memotret Aurora, namun tidak ada yang dapat dipersiapkan ketika Anda menghadapi hal yang sesungguhnya saat Anda mencoba melawan cuaca yang dingin.

Apa yang paling Anda sukai tentang lensa EF11-24mm f/4L USM?

Saya suka pada sudut lebar yang mampu ditangkapnya. Di saat kebanyakan fotografer dalam grup saya memotret tiga per empat dari suatu pemandangan yang ada, saya bisa mendapatkan keseluruhan pemandangan dalam satu bingkai, seperti pemotretan saya pada air terjun tersebut. Lensa ini sangat tajam pada f/4 tanpa harus menurunkannya, memungkinkan lebih sedikit waktu eksposur untuk mengurangi efek kabur, yang juga merupakan hal penting dalam pemotretan langit di malam hari.

EOS 5D Mark III, lensa EF11-24mm f/4L USM, f/5.6, 11mm, 1/50sec, ISO320

Apa perbedaannya dengan lensa sudut lebar lainnya, katakanlah lensa EF16-35mm f/2.8L II USM?

Keuntungan terbesar dibandingkan lensa EF16-35mm f/2.8L II USM adalah lensa tersebut memiliki sudut yang lebih lebar dan dengan sudut lebar khusus ini, distorsi (pada lensa EF11-24mm f/4L USM) akan lebih rendah dan tetap mempertahankan ketajaman serta kontras yang baik.

Apa saja foto favorit Anda dalam koleksi Anda?

Favorit saya adalah foto Bima Sakti dengan Aurora Borealis. Saya tidak percaya pada mata saya sendiri ketika Aurora Borealis mulai muncul - Itu adalah suatu momen dalam fotografi ketika semua hal datang secara bersamaan dan momen tersebut telah diabadikan.

EOS 5D Mark III, lensa EF11-24mm f/4L USM, f/4.0, 11mm, 30secs, ISO1250

Di manakah tempat terbaik untuk melakukan pemotretan?

Air Terjun Skogafoss adalah air terjun yang paling megah di antara semua yang akan pernah Anda temui; Pantai Diamond dengan pecahan gletser yang terdampar di atas pantai pasir hitam, pecahan-pecahan ini berkilau di bawah cahaya matahari bagaikan kumpulan berlian: atau di mana pun Anda bisa menghentikan mobil Anda dengan aman, pemandangan di negara ini sangat sempurna untuk diabadikan.

EOS 5D Mark III, lensa EF11-24mm f/4L USM, f/8.0, 11mm, 1/2500sec, ISO320

Apa saran terbaik dalam fotografi yang pernah diberikan oleh orang lain kepada Anda?

Selain berfokus pada pemandangan di hadapan Anda, lihatlah di sekeliling Anda - lihat ke kiri, ke kanan, dan ke belakang - di sana mungkin terdapat pemandangan indah yang sedang menanti Anda.

 

 

 

Daftar dan dapatkan update terbaru tentang berita, kiat dan trik fotografi!

 

 

Profil Fotografer

Justin Ong

Justin Ong adalah seorang produser dan fotografer yang menemukan kegemarannya dalam fotografi dengan menjadi fotografer keluarga yang tidak resmi sejak muda. Ia berfokus dalam fotografi pada usia 30-an ketika mendapatkan Canon DSLR-nya yang pertama dan kemudian menguasai keterampilan dalam fotografi pemandangan dan jalanan. Karena kecintaannya dalam bepergian, ia selalu memilih tempat-tempat yang tidak umum untuk fotografi dan sering kali mengajak istrinya dalam perjalanan fotografinya.

http://www.bluemango.com.sg

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.