Tips & Tutorials

Memotret Subjek Tak Terduga - Olahraga

1) Memotret dengan kecepatan rana tinggi

Subjek kecepatan tinggi memerlukan kecepatan rana tinggi, biasanya 1000 atau lebih, tergantung pada olahraganya.

Mungkin, Anda perlu meningkatkan ISO sedikit untuk mengompensasi, khususnya jika Anda tidak berada di stadion dengan cahaya yang berlimpah. Lampu kilat tidak diizinkan di sebagian besar acara olahraga utama.

2) Memotret dalam mode JPEG

Secara mengejutkan, kadang kecepatan lebih penting daripada kualitas RAW.  Walaupun kualitasnya tidak akan begitu bagus, kemungkinan untuk mendapatkan bidikan pada momen yang tepat, jauh lebih besar, dan Anda dapat menaruh lebih banyak foto pada kartu Anda.  Anda akan memotret banyak hal selama acara olahraga.

3) Dua lebih baik daripada satu

Jika Anda serius mengenai fotografi olahraga, membawa serta kamera kedua adalah wajib. Tidak saja Anda memiliki dua lensa berbeda yang siap dibidikkan secara seketika, lensa ini juga berfungsi sebagai kamera cadangan kalau-kalau kamera satunya mengalami masalah atau baterainya maupun memorinya habis pada momen yang menentukan.

4) Pengetahuan adalah kekuatan – Kenali kamera Anda, ketahui segalanya tentang olahraga

Seorang fotografer yang kompeten harus mengetahui tentang kameranya, termasuk hafal tombol apa saja yang dapat ditentukan sebelumnya. Anda tidak akan sempat melakukan pengaturan apabila atlet tiba-tiba menunjukkan performa puncaknya dalam pertandingan.

Pengetahuan olahraga pun sama penting. Mengetahui kapan momen yang menentukan akan terjadi, dapat membantu fotografer olahraga mengamati dan berada di tempat yang tepat pada saat yang tepat.

5) Memanfaatkan teknologi

Kemajuan teknologi dalam pemrosesan kamera memungkinkan pengaturan ISO tinggi dengan noise minimal.  Lensa telefoto termutakhir dengan stabilisasi built-in yang berpasangan dengan stabilisasi pada kamera dapat melakukan hal-hal yang luar biasa, khususnya dengan sekian banyak aksi cepat yang sedang berlangsung.

Kamera yang dapat membidik sekurangnya 6 frame per detik, juga direkomendasikan.  Momen yang akan Anda tangkap adalah saat yang terjadi sekali seumur hidup, jadi sebaiknya persiapkan diri Anda.

Semua foto dibuat oleh Stanley Cheah.

 

Isaiah Tan
Profil Penulis

Seorang videografer profesional yang mencintai fotografi, Isaiah Tan menjalankan perusahaan produksi video dan sebuah bar kecil di Singapura, di antara bisnis lainnya. Ia menikmati bereksperimen dengan teknik fotografis yang berbeda-beda, dan selalu ingin belajar dan menemukan dunia lain di seputarnya.
Stanley Cheah
Profil fotografer

Kisah cinta Stanley dengan dunia fotografi diawali dengan mengagumi sejumlah bidikan pemandangan pada kartu pos. “Saya ingin bisa mengambil foto seperti itu," kenangnya. Pada tahun 1992, ia membeli SLR Minolta X7 pertamanya untuk belajar fotografi. Tapi, baru setelah 15 tahun kemudian, pada tahun 2007, ia mulai serius dan mengikuti kursus yang diadakan oleh Photography Society of Singapore. Kini, ia jarang bepergian ke berbagai tempat eksotis karena harus bekerja dan lebih berkonsentrasi pada peristiwa olahraga dan karya seni di Singapura.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.