Tips & Tutorials

Fotografi Olahraga: Cara Menegaskan Kecepatan Dengan Mengontraskan Suasana yang Tenang dengan Suasana yang Bergejolak

Untuk memotret olahraga pertandingan 1-lawan-1, seperti anggar, biasanya Anda ingin agar bidikan Anda menggambarkan betapa seru pertandingan tersebut. Dalam artikel ini, kita akan mencermati, bagaimana kita bisa secara efektif melakukannya dengan menggunakan panning untuk memperlihatkan suasana yang tenang dan pergerakan sang atlet dalam satu bidikan. (Dilaporkan oleh: Shugo Takemi)

Gambar dengan rana lambat yang menyandingkan suasana tenang dengan pergerakan

EOS-1D X Mark II/ EF70-200mm f/2.8L IS II USM/ FL: 150mm/ Manual exposure (f/6.3, 1/10 det.)/ ISO 50/ WB: Auto

 

Dalam permainan anggar, hanya diperlukan satu detik untuk menentukan siapa yang menang dan siapa yang kalah. Saya ingin menggambarkan keadaan yang sekilas itu, saat salah satu atlet bergerak dan atlet lainnya diam, dalam satu foto. Apabila kedua subjek bergerak, untuk bisa menangkap keadaan diam dan pergerakan secara berturutan, kecepatan rana Anda tidak bisa terlalu pesat, tapi juga jangan terlalu lambat. Saya ingin menghindari bidikan yang menampilkan kedua subjek terhalangi oleh buram gerakan, tapi saya juga tidak ingin aksi kedua subjek dibekukan.

Meskipun hal ini bisa bervariasi, tergantung pada kecepatan pergerakan subjek, Anda bisa mengubah kecepatan rana berdasarkan kecepatan mereka bergerak. Dalam kasus ini, saya dapat menciptakan suatu buram gerakan dari pemain anggar yang sedang bergerak, menggunakan kecepatan rana 1/10 detik, pada saat pemain anggar melakukan gerakan kecil yang dapat ditangkap secara jelas dengan kecepatan rana sekitar 1/2 detik.

Saran lainnya yaitu, menggunakan panning pada bidikan Anda. Apabila melakukan panning, fokuskan bidikan Anda pada atlet yang tidak bergerak alih-alih mengikuti atlet yang banyak melakukan gerakan. Karena atlet yang diam masih bisa melakukan gerakan halus, bidikan panning seyogianya akan berupaya mengantisipasi dan mengikuti pergerakannya. Dengan melakukan itu, atlet yang lebih banyak melakukan gerakan pada arah yang berlawanan dari pergerakan panning Anda, akan menciptakan efek buram yang lebih bagus, sedangkan atlet yang Anda fokuskan akan tetap terpaku dalam gerakannya.

Cara lain menggunakan panning untuk menangkap aksi laga dalam fotografi olahraga, bacalah:
Kamera FAQ #22: Bagaimana Membuat Foto Olahraga Terlihat Lebih Dinamis?

 

Membekukan momen yang menentukan

Memang, ada pesona tertentu yang bisa ditemukan dalam kecepatan dan pergerakan selama satu momen yang menentukan dalam permainan anggar. Namun demikian, cara lain untuk menangkap momen sekilas itu, saat kedua pemain anggar berhadapan—yaitu, membekukan seluruh gerakan dengan kecepatan rana yang pesat. Untuk foto di bawah ini, bidikan pada 1/2.000 detik, saya terlebih dulu memfokuskan pada salah satu pemain anggar, kemudian melepaskan rana setelah saya siap.

Berikut ini bacaan lainnya yang berguna: Cara Menggunakan High-speed Continuous Shooting untuk Membekukan Momen Secara Lihai

Bidikan permainan anggar pada kecepatan rana yang pesat

EOS-1D X Mark II/ EF400mm f/2.8L IS II USM + Extender EF 2x III/ FL: 800mm/ Manual exposure (f/5.6, 1/2.000 det.)/ ISO 10000/ WB: Auto
Membekukan kedua pemain yang sedang berlaga dengan menggunakan kecepatan rana yang pesat 1/2.000 detik, menonjolkan ketegangan pada momen yang menentukan.


Saran lainnya ada di sini: Olahraga – Penyesuaian Khusus Fungsi AF untuk Menangkap Momen yang Tepat

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

 

EOS-1D X Mark II (Body)

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

EF70-200mm f/2.8L IS II USM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Shugo Takemi

Lahir pada tahun 1985, Takemi lulus dari Department of Photography di Nihon University’s College of Art. Setelah menyelesaikan pendidikannya, ia direlokasi ke Vancouver di Canada, dan di sana ia bekerja untuk surat kabar lokal, MINKEI NEWS VANCOUVER. Setelah kembali ke Jepang, ia terlibat dalam berbagai aktivitas fotografi berbagai genre. Karyanya termasuk fotografi untuk majalah, poster untuk peristiwa olahraga dan aneka program. Ia juga seorang fotografer untuk komite aplikasi, Tokyo 2020 Olympic Games dan Paralympic Games. Pada saat ini, ia aktif sebagai fotografer freelance.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.