Foto & Persona

Thanying: Demokratisasi Masakan Kerajaan Thailand

Jika Anda ingin 'makan bak seorang raja', masakan kerajaan Thailand mungkin bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk dicoba. Masakan tersebut tidak hanya akan lezat, tetapi juga disiapkan dengan sangat hati-hati dan memperhatikan berbagai detail kecil.

Bumbu diseimbangkan dengan sangat teliti sehingga tidak ada yang terlalu manis, asam, asin, atau pedas (meski definisi ‘terlalu pedas’ Anda mungkin sangat berbeda dengan selera para penyuka pedas Thailand).

A portrait of Queen Rambhai Barni at Thanying Restaurant.

EOS M6, lensa EF-M28mm, f/5,6, 28mm, 1/40 dtk, ISO1600

Potret Ratu Rambhai Barni ini menunjukkan peralatan makan kompleks yang digunakan oleh bangsawan Thailand. Sudut pengambilan potret juga menangkap pesona dunia lama restoran di mana lukisan inilah yang menjadi kebanggaan tempat ini.

Daging dan makanan laut sepenuhnya dikupas atau dibuang tulangnya. Buah-buahan dibuang bijinya, kulitnya dikupas secara terampil dan dilipat menjadi hiasan; daging buahnya diukir menjadi bentuk yang indah. Waktu dan perhatian ekstra juga dicurahkan untuk menghidangkan kue dan makanan penutup pilihan yang diiris dengan penuh cinta menjadi potongan menggoda yang berwarna cerah dan bak permata.

Dan poin terbaiknya adalah: Anda bahkan tidak perlu memotong makanan Anda karena semuanya dihidangkan dalam keadaan sudah dipotong sempurna, berseni, dan seukuran gigitan.

Tapi di Restoran Thanying Bangkok, yang mengklaim menghidangkan ‘masakan Thailand asli’, bukan makanan ini yang akan Anda dapat. Dan kami akan memberitahu Anda mengapa ini adalah hal yang baik.

A look at the dining room of Thanying Restaurant from the restaurant’s beautiful garden.

EOS M6, lensa EF-M28mm f/3,5 MACRO IS STM, f/5,6, 28 mm, 1/6 dtk, ISO1600

Saat pengunjung mendekati restoran, mereka dapat melihat ruang makan yang elegan. Ada selembar daun pada bingkai dan bayangan halus pada kaca jendela yang mengingatkan pada kebun hijau di luar potret.

The elaborate main entrance to Thanying Restaurant.

EOS M6, lensa EF-M28 mm f/3,5 MACRO IS STM, f/3,5, 28 mm, 1/40 dtk, ISO6400

Dalam potret pintu masuk restoran yang menakjubkan ini, kami mengatur filter kamera untuk menciptakan warna biru guna memproyeksikan perasaan tenang – sesuatu yang menembus seluruh pengalaman bersantap di Thanying.

Saat Anda makan di Thanying, Anda akan menikmati hal yang paling penting: makanan yang rasanya persis seperti hidangan yang disajikan di istana. Jika Anda mau, Anda akan disuguhi dengan hidangan daging yang dengan susah payah dihias dan dibuang bagian-bagian tidak pentingnya seperti tulang

Beautifully presented rice partially wrapped with banana leaf cones.

EOS M6, lensa EF-M22m f/2 STM, f/2,8, 22 mm, 1/50 dtk, ISO1600

Bahkan dengan sesuatu yang biasa seperti nasi, sedikit perhatian ekstra pada penataan makanan dan komposisi penuh pertimbangan dapat menghasilkan gambar yang indah dengan kedalaman bidang yang bagus.

An appetiser of minced shrimp with green peas and sweet corn in a crispy pastry shell.

EOS M6, lensa EF-M22mm f/2 STM, f/2,8, 22 mm, 1/60 dtk, ISO1600

Agar penonton benar-benar bisa terpaku pada detail dalam hidangan pembuka satu gigitan ini, satu potong makanan hendaklah dibingkai menggunakan sendok dengan piring penuh yang diburamkan pada latar belakang.

Dengan cara ini, mereka mampu menurunkan harga hingga 80% atau lebih sehingga masakan kerajaan Thailand menjadi lebih terjangkau dan mudah diakses oleh masyarakat awam.

Bagaimana mereka memastikan bahwa rasa makanan mereka asli? Pemilik bersama, Sorut Visuddhi, mengetahui rasa masakan Thailand kerajaan dengan sangat baik – dia sudah sejak kecil menyantap makanan tersebut.

Winged bean salad with pork and shrimp.

EOS M6, lensa EF-M22mm f/2 STM, f/2,8, 22mm, 1/80 dtk, ISO1600

Potret makanan bisa terlihat rumit dan berantakan. Efek bokeh membantu meminimalkan kekacauan dengan memusatkan perhatian pada elemen kunci dalam sebuah piring sambil memudarkan sisanya dengan lembut agar tetap memberikan kesan dari keseluruhan hidangan.

Ibunya adalah Yang Mulia Putri Sulabh-Valleng Visuddhi, cucu perempuan Raja Mongkut (dikenal dunia sebagai Raja di The King and I). ‘Thanying’ adalah singkatan lisan dari gelar bangsawannya dan dia pernah menjadi Kepala Koki di dapur Istana Sukhothai untuk saudara tirinya, Ratu Rambhai Barni dari Raja Rama VII.

A family photo showing Thanying Sulabh-Valleng Visuddhi with Queen Rambhai Barni.

EOS M6, lensa EF-M28 mm f/3,5 MACRO IS STM, f/3,5, 28 mm, 1/40 dtk, ISO5000

Barang-barang pribadi seperti foto keluarga Thanying Sulabh-Valleng Visuddhi dengan Ratu Rambhai Barni ini membantu menciptakan perasaan bahwa kita sedang makan di rumah kerajaan, bukan restoran.

Ibu Sorut mengajarkan kepadanya tentang seluk-beluk pengalaman masakan kerajaan Thailand – mulai dari bahan dan bumbu hingga persiapan dan penghidangan.

Sorut membuka Restoran Thanying saat seorang raja baru naik takhta dan membawa rombongannya sendiri ke istana, termasuk seorang staf dapur lengkap untuk menggantikan juru masak ibunya. Restoran tersebut terus mempekerjakan para koki terampil itu dan saat mereka pensiun, Sorut secara langsung melatih penggantinya di dapur dan di ruang makan.

Crispy noodles with pork and shrimp.

EOS M6, lensa EF-M28 mm, f/3,5, 28mm, 1/40 dtk, ISO2000

Saat mengambil foto makanan, tangkapan tekstur yang akurat bisa seolah 'memberi makan' penonton melalui mata mereka.

Ketika kami mengunjungi Thanying, standar pelatihannya yang tinggi menjadi sangatlah jelas.

Ya, kami harus mengupas udang kami sendiri dan memilah daging ayam dari tulangnya sendiri, tapi rasanya memang sangat enak. Setiap item dimasak dan dibumbui dengan sempurna dan mungkin lebih baik lagi jika kita tidak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk memotret.

Green chicken curry accompanied by a serving of fried Indian bread.

EOS M6, lensa EF-M22mm f/2 STM, f/2,8, 22 mm, 1/50 dtk, ISO1600

Cobalah sudut yang berbeda saat memotret makanan. Dalam contoh ini, sudut yang lebih tinggi menunjukkan dengan jelas hubungan antara hidangan kari utama dan roti goreng yang berfungsi sebagai iringannya.

Dan pelayanannya? Sempurna. Meskipun tidak terbiasa dengan banyaknya pertanyaan kami, semua staf mencoba yang terbaik untuk menjawabnya. Mengetahui bahwa kami sedang memotret, mereka langsung menawarkan kami untuk pindah ke meja yang lebih terang. Mereka bahkan ingin memanggilkan taksi untuk kami ketika kami membayar tagihan. Perhatian yang kami dapatkan membuat kami merasa seperti tamu kehormatan di rumah kerajaan.

Prawns in chilli sauce with a deep-fried Thai basil topping.

EOS M6, lensa EF-M22mm f/2 STM, f/2,8, 22 mm, 1/60 dtk, ISO3200

Warna komplementer seperti merah dan hijau yang saling berhadapan di roda warna membuat kontras yang indah pada foto. Misalnya pada hidangan udang pedas dengan topping basil Thailand yang mencolok ini.

Beberapa dari kita akan pernah makan atau hidup seperti bangsawan. Tapi di Thanying, setidaknya kami bisa menikmati sedikit rasa yang autentik seperti aslinya.

The front cover of Thanying Restaurant’s menu.

EOS M6, lensa EF-M28 mm f/3,5 MACRO IS STM, f/4,0, 28 mm, 1/40 dtk, ISO3200

Warna yang tegas di menu Thanying adalah cerminan bagus dari rasa lezat yang disajikan.

Restoran Thanying
10 Thanon Pramuan
Silom Road
Bang Rak
Bangkok 10500
Thailand

http://thanying.com


Menerima update terbaru tentang berita fotografi, tips dan trik.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar sekarang!

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.