Foto & Persona

Beragam Wajah Anime Festival Asia di Indonesia

Tanpa terasa, tahukah Anda bahwa sudah empat tahun berlalu semenjak Anime Festival Asia (AFA) mendarat di Indonesia? Dengan tema acara kepahlawanan selama tiga hari yang merayakan segalanya yang bernuansa J-Pop - dari anime, musik, cosplay, budaya kawaii, bahkan teknologi, maka tidaklah mengherankan bahwa lebih dari 55.000 penggemar tumpah-ruah di acara ini setiap tahun.

 

Dari awal mula yang bersahaja sebagai acara kecil yang memimpikan suatu pagelaran akbar, Anime Festival Asia pertama kali mengalami sukses di Singapura pada tahun 2008. Sudah tujuh tahun berlalu semenjak itu, dan festival ini telah meluas ke seluruh Asia, dan berhasil diekspor, antara lain ke Malaysia, Bangkok dan Indonesia.

Spanduk raksasa menyambut para pengunjung saat memasuki aula expo.

 

Diadakan dari 25 hingga 27 September 2015 di Jakarta International Expo, AFA Indonesia (AFA ID) 2015, para penggemar berbondong-bondong datang ke acara hiburan Jepang ini pada akhir pekan. Aula dipenuhi oleh semangat yang menggelegar, para penggemar terlihat saling berbaur dengan sejumlah merek anikultur, seperti Good Smile Company, Animax, Books Kinokuniya, Culture Japan, Pony Canyon dan banyak lagi. Lebih dari 52 gerai tersedia, dan para penggemar disuguhi arena bermain yang penuh aneka barang dagangan, game dan karya seni. Tahun ini, banyak gerai yang memilih untuk lebih berinteraktif, mendorong para penggemar mengambil foto di gerai atau bermain dengan bentuk baru teknologi.
Para penggemar dipuaskan dengan sesi temu-dan-sapa eksklusif serta kehadiran bintang tamu dari aktor suara tersohor, Junko Takeuchi (Naruto fame), dan Show Hayami (Assassination Classroom), serta artis anisong dan J-Pop yang sudah populer, seperti FLOW, GARNiDELiA, GACKT, LiSA dan fripSide.

Cosplayer regional naik ke panggung dengan kostum buatan yang serba rumit.

Puncak festival di AFA Regional Cosplay Championship, adalah ketika tim cosplay terbaik di Indonesia berjuang keras untuk mewakili negara mereka dalam babak final, yang akan diadakan pada AFA Singapore bulan November 2015. Sungguh menggembirakan melihat cosplayer memainkan kembali adegan utama dari tokoh mereka, anime atau manga, menghidupkan kembali tokoh-tokoh tersebut.

Juga ada acara ber-Selfie, dengan variasi latar belakang yang dapat dipilih!

 

Gerai Canon ternyata merupakan tempat singgah populer bagi para penggemar dan cosplayer, dan gerai ini memberikan lembar cetakan foto secara gratis bagi mereka yang keranjingan selfie. Para pengunjung pun ikut berpartisipasi dalam Kontes Foto Selfie Canon, dan pemenang yang beruntung, mendapatkan 2 Canon PowerShot N100s!

Cosplayer bisa menghidupkan peran fantasi manga mereka dengan latar belakang lukisan tangan.

Sebagian penggemar anime memanfaatkan kesempatan untuk menyalurkan mode 'super-saiyan' mereka demi mendapatkan lembar cetak foto gratis, persembahan Canon.

 
 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.