Blog Fotografer

Mengejar Ketidakkekalan: Pemotretan di Dalam & Luar Kereta Api

Perjalanan kereta api tidaklah monoton seperti yang Anda pikirkan. Sebagai seorang fotografer, terdapat banyak kesempatan untuk mengabadikan pemandangan yang terus berubah di luar kereta api serta pemandangan di dalamnya. Triknya adalah memperhatikan, merencanakan dengan baik, dan harus ekstra cepat dalam bermanuver dengan kamera Anda, karena tidak ada waktu yang boleh dilewatkan.

Canon EOS-1D X Mark II, EF35mm f/1.4L II USM lens, f/4, 1/1250sec, ISO100
Pemandangan dari sebuah kereta api dari Bangkok ke Chiang Mai

Mengadakan perjalanan dengan lokomotif kereta api memunculkan serangkaian gambar: ketika Harry dan teman-temannya melakukan perjalanan ke Hogwarts yang ajaib dalam Harry Potter, atau saudara-saudara Whitman dan perjalanan mereka dari penemuan spiritual di sepanjang pedesaan India di The Darjeeling Limited. Sementara perjalanan itu sendiri membersitkan rasa tenang sehingga seseorang memiliki waktu yang cukup untuk merenung dan mengingat kembali, sebenarnya masih ada banyak hal dalam perjalanan Anda. Lanskap pedesaan yang sempurna, pengangkut barang yang berpakaian tanpa cela, wisatawan yang penuh rasa ingin tahu... Pemandangan yang menyegarkan ini, yang jarang ada dalam perjalanan sehari-hari kita, adalah subjek yang sempurna bagi koleksi fotografi kereta api Anda.

Melihat Ke Luar

Saat kereta api melintas di atas rel, amati hal-hal ini: pohon yang terhembus oleh angin, hamparan sawah yang diselimuti air setinggi pergelangan kaki, pegunungan yang megah, pondok yang unik dan penghuninya... Pemandangan ini berubah dengan cepat dan tak terduga, yang muncul dalam perbedaan tipis antara pemotretan yang bagus atau yang biasa-biasa saja. Tetapi sebelum kita bicara tentang kamera, mari kita bicarakan tentang posisi pemotretan. Untuk mendapatkan yang terbaik dari pemandangan ini, pastikan ada tempat yang bagus dari kedua sisi kereta. Beralihlah ke sisi lain jika pemandangannya terulang terus, tetapi pastikan Anda tidak mengganggu sesama penumpang. Setelah Anda mendapatkan tempatnya, pastikan jendelanya terbuka. Panel kaca mencerminkan pola dari dalam kereta, dan kadang-kadang ternoda oleh sidik jari dan kotoran yang dapat merusak gambar yang bagus. Jika perlu, tekan lensa Anda secara datar terhadap kaca untuk mendapatkan hasil pemotretan yang bersih.

Canon EOS-1D X Mark II, EF35mm f/1.4L II USM lens, f/4.5, 1/1000sec, ISO100
Pemandangan lanskap yang indah dari kereta api

Bagian terbaik dari pengalaman naik kereta api adalah untuk melihat ke luar dari jendela yang terbuka, merasakan hembusan angin, mencium udara segar, dan menikmati momen tersebut. Sementara Anda menikmati perjalanan, carilah bukaan pada rel atau subjek yang menarik yang akan muncul, persiapkan diri Anda untuk melakukan pemotretan. Cobalah untuk berfokus pada detail yang lebih kecil, seperti sapi mengantuk yang merumput di ladang atau candi dengan atap runcing, yang akan membantu Anda menghasilkan berbagai gambar ketimbang gambar-gambar yang serupa.

Gunakan lensa dengan pembesaran medium hingga panjang untuk meningkatkan fleksibilitas Anda. Ini memungkinkan Anda untuk memotret dengan cepat dari pemandangan yang luas hingga pemotretan yang lebih detail. Mengganti lensa akan memperlambat proses pemotretan dan bahkan menyebabkan Anda melewatkan beberapa gambar yang bagus. Pertahankan kecepatan rana minimum sebesar 1/125 dari satu detik atau lebih cepat untuk menangkap pemandangan secara efektif. Sebagai alternatif, gunakan pergerakan untuk menciptakan efek kabur dengan kecepatan rana yang lebih lambat. Ini akan menjaga subjek Anda tetap dalam fokus sambil menghasilkan latar belakang dengan efek kabur yang indah.

Canon EOS-1D X Mark II, EF16-35mm f/4L IS USM lens, f/4.5, 1/500sec, ISO100
Pemandangan sawah dari kereta api

Amati Bagian Dalam

Meskipun terpesona oleh pemandangan indah di luar kereta api, tetapi jangan lewatkan detail di dalamnya. Sebuah perjalanan dengan kereta api tidaklah lengkap tanpa mengabadikan orang-orang di dalamnya. Dekati kondektur, kuli angkut, pelayan, dan bahkan penumpang, dan mintalah izin mereka untuk pengambilan foto. Beberapa foto tertentu terlihat bagus jika posenya tepat, sementara ada foto lain yang terlihat lebih baik jika dipotret secara candid. Janganlah takut untuk memulai percakapan karena Anda tidak akan pernah tahu foto apa yang akan Anda peroleh dari orang-orang ini.

Canon EOS-1D X Mark II, EF35mm f/1.4L II USM lens, f/1.8, 1/1600sec, ISO100
Seorang biksu Buddhis membaca koran di kereta api

Manfaatkan panjang kereta api dengan memotret dari gerbong terakhir sehingga Anda dapat memotret ke depan dan mengabadikan sebagian besar kereta api dalam satu pemotretan. Kereta api yang melengkung memberikan kesan pergerakan (berlaku juga dari luar jika Anda bersandar keluar dari jendela) dalam sebuah gambar yang diam.

Pilihlah lensa EF35mm f/1.4L II USM saat pemotretan secara vertikal dari orang-orang, yang menciptakan kedalaman ruang yang besar dengan subjek yang terfokus tajam, atau lensa EF16-35mm f/4L IS USM untuk pemotretan sudut lebar. Lensa sudut lebar berfungsi dengan baik di ruangan yang sempit dan memberikan pandangan penuh dari kehidupan di ruangan, kereta makan, atau area pemandangan.

Canon EOS-1D X Mark II, EF35mm f/1.4L II USM lens, f/1.4, 1/5000sec, ISO400
Seorang pria membaca koran sambil menunggu keretanya di stasiun Bangkok, Thailand

Turun Dari Kereta

Setiap kali ada kesempatan untuk turun dari kereta api, lakukan saja. Ambil kesempatan untuk meregangkan kaki Anda, dan juga lakukan pemotretan sesuatu yang lain yang akan membantu Anda memperluas variasi foto Anda. Ubahlah perspektif dengan memotret dari luar kereta, penumpang yang naik dan turun dari kereta besar itu, dan bahkan kota-kota kecil tempat Anda mampir. Jika Anda jeli, di tempat mana pun terdapat kesempatan untuk pengambilan foto.

Canon EOS-1D X Mark II, EF35mm f/1.4L II USM lens, f/1.4, 1/4000sec, ISO400
Seorang biksu Thailand menunggu kereta api yang akan menuju ke Chiang Mai

 

Jika Anda jeli, di tempat mana pun terdapat kesempatan untuk pengambilan foto.

 

Kiat Singkat:

  • Pastikan ada seseorang yang mengawasi barang-barang bawaan Anda saat Anda sedang melakukan pemotretan
  • Aktifkan Stabilisasi Gambar Anda untuk mengurangi guncangan kamera karena pergerakan kereta api
  • Gunakan kecepatan rana yang cepat untuk meghentikan gambar, dan kecepatan rana yang lambat untuk menciptakan efek kabur pada latar belakang yang bagus
  • Jika memungkinkan, usahakan untuk selalu memotret melalui jendela yang terbuka
  • Lensa sudut lebar adalah yang terbaik untuk ruang sempit terutama dalam kereta api

 

Saksikan keseluruhan video di sini:

 

 

 

 

Daftar dan dapatkan update terbaru tentang berita, kiat dan trik fotografi!

 

Justin Mott

Justin adalah seorang fotografer dokumenter, editorial dan komersial pemenang penghargaan yang lahir di Rhode Island AS dan tinggal selama lebih dari delapan tahun di Asia Tenggara. Hasil karyanya telah ditampilkan dalam beragam publikasi seperti The New York Times, TIME, The Wall Street Journal, Newsweek, The Guardian, BBC, CNN, Bon Appetit, Forbes dan berbagai publikasi internasional lainnya.

Askmott.com
justinmott.com

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Comments (2)

Thank you Snapshot and Canon for featuring me and thank you everyone for reading these articles, I hope you enjoy them. For more tips visit http://www.justinmott.com and follow me on Instagram at https://www.instagram.com/askmott/.

@Justin Mott

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.