Foto & Persona

Kejelian Mata

Bagaimana foto Anda tampak menonjol dibandingkan ribuan foto lainnya sewaktu kompetisi nasional? Kami memeriksa pemilihan foto pemenang dari rangkaian Canon PhotoMarathon 2015 Singapura, serta perlengkapan yang digunakan untuk memotret, mengungkapkan keajaiban di balik gambar yang serba mencengangkan ini.

Setiap tahun, ribuan fotografer di seluruh Asia sangat menanti-nanti kompetisi fotografi terbesar di kawasan. Canon PhotoMarathon adalah kompetisi di tempat sehari penuh, dan para fotografer amatir harus memotret sesuai tiga tema yang diungkapkan sepanjang hari. Para peserta diberi waktu tiga jam untuk tiap tema dan menyerahkan gambar mereka. Foto mereka juga dinilai berdasarkan kreativitas interpretasi serta komposisi, penggunaan cahaya, warna, dan bayangan.

Di samping membekali diri Anda dengan perlengkapan terbaik, Anda bisa mendapatkan pengalaman langsung dan banyak kesempatan mempraktikkan keterampilan Anda. Apa lagi yang bisa dipersiapkan para peserta yang bercita-cita tinggi ini? Tentu saja meneliti foto pemenangnya!

Mari kita cemati sebagian foto dari para pemenang Singapura.

Pertama, kita menjumpai Cheong Jun Hong, yang memenangkan Best in Show dalam Kategori Pelajar.

Cheong Jun Hong

Mahasiswa Singapore Polytechnic berusia 19 tahun ini ikut ambil bagian dengan filosofinya, “semakin ringan tentengan seseorang, akan semakin baik hasil fotonya”, dan karenanya ia memilih kombinasi yang ringan tapi serbaguna, yaitu Canon EOS 6D, dan lensa Canon EF24-105mm f/4L IS USM. “Saya memilih lensa EF24-105mm f/4L IS USM, karena keserbagunaan, panjang fokus, dan penstabil gambarnya,” demikian Jun Hong memberi tahu kami.

EOS 6D/ EF24-105mm f/4L IS USM/ FL: 105mm/ f/8

Untuk potret Jalanan yang diserahkannya, Jun Hong memutuskan untuk mengambil gambar jalanan sehari-hari dengan sudut dan subjek yang tidak biasa. Dengan menggunakan sudut pandang tinggi yang unik dari sebuah gedung, dan ia menunggu sampai muncul sesuatu yang lain selain mobil. “Mobil terlalu membosankan,” katanya, dan memberi tahu kami bahwa “sepeda selalu terlihat bagus” untuk bidikan yang menarik.

Bidikan 50-50 Jun Hong yang juga memenangkan Tempat ke-2 dalam Kategori Pelajar, merupakan foto yang sangat kuat dengan komposisi simetris yang nyaris sempurna. Ia memutuskan untuk mengemukakan gagasannya yang tidak umum dengan menggunakan pantulan, dan membayangkan hal di luar kebiasaan, menjadikan arsitektur sebagai subjek utamanya. Kontras dari gedung yang beraneka warna dibayangi langit putih bersih, tentu saja menghadirkan temanya dengan baik sekali.

EOS 6D/ EF24-105mm f/4L IS USM/ FL: 102mm/ f/8

Entri tema 'Menentang Imajinasi Anda', sungguh mendorongnya untuk melampaui batas kemampuan kamera dan imajinasinya. Terinspirasi oleh film Inception, Jun Hong memutuskan untuk bereksperimen dengan fungsi multiple exposure (pencahayaan multipel) Canon EOS 6D miliknya untuk pertama kali. Opsi terbaik berikutnya, tadinya adalah menggunakan cermin untuk memperoleh efek yang dimaksudkannya. Ia memuji keunggulan penstabil gambar pada lensa Canon EF 24-105mm f/4L IS USM miliknya, karena menghasilkan gambar yang tajam meskipun ia menangani kamera dalam posisi yang tidak stabil.

Berikutnya, kami berbincang dengan Lim Kiat Guan, yang memenangkan Best of Theme dalam Kategori Terbuka untuk entri 50-50.

Lim Kiat Guan

Tas kamera Kiat Guan tampak lebih besar daripada para peserta terdahulu, dengan pilihan lensa serba bagus yang unggul dalam area yang berbeda-beda. Bersama dengan Canon EOS 7D miliknya, Kiat Guan membawa serta Canon EF-S15-85mm f/3.5-5.6 IS USM, Canon EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM , Canon EF 70-300mm f/4-5.6 IS USM, dan Canon EF50mm /f1.8 STM sebagai lensanya. “Favorit saya adalah lensa Canon EF-S 15-85mm karena menurut saya, ini adalah lensa terbaik untuk di mana saja!”, demikian katanya kepada kami.

EOS 7D/ EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM/ FL: 18mm/Manual mode(f/5.6, 1/4000)/ ISO 200

Bidikan kemenangan fotografer amatir ini memang ajaib dan inovatif. Kiat Guan terinspirasi oleh sifat ganda Merlion, yang separuh ikan dan separuh singa, lalu memutuskan untuk mereka-reka ini secara visual dengan menggunakan cermin. Menyandingkan Merlion dengan landmark arsitektural lainnya, sesama rekan fotografer serta turis, menciptakan efek kaleidoskop yang indah.

Terakhir, Cebeste Ng, juga dari Singapore Polytechnic, yang memenangkan Tempat ke-2 dalam Kategori Pelajar untuk bidikan Defy Your Imagination (Menentang Imajinasi Anda).

Fotografer muda ini yang memilih pendekatan minimalis, hanya menyandang lensa Canon EF24-70mm f/2.8L II USM dengan kamera Canon EOS 6D DSLR. Hal penting lainnya termasuk tripod, air botolan, dan payung. (Saran Snapshot: Gunakan payung Anda sebagai reflektor dadakan!)

Bidikannya yang mempesona adalah paduan mulus wajah pria dan garis langit buatan, yang secara tegas menentang sebagian besar imajinasi. Cebeste mencapai ini dengan menggunakan fungsi multiple exposure di kameranya. “Saya mendapatkan teknik ini saat menonton tutorial di YouTube dan mempraktikkannya!”, demikian katanya kepada kami.

Memang benar, bahwa pikiran petualangan penting dalam menciptakan foto yang hebat. Tiga orang fotografer berupaya menyingkirkan batasan tentang rupa foto yang bisa mereka peroleh melalui penggunaan perlengkapan yang inovatif dan berbagai fitur dalam kamera. Mereka tidak takut untuk bereksperimen dengan teknik baru dan sangat berhasrat untuk menyusun foto mereka dengan cara-cara yang menonjol.

Kesimpulannya? Bersikap ambisius!

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.