Tips & Tutorials

10 Tempat Terbaik untuk Mengambil Foto Pemandangan di Singapura

Masih kesulitan memutuskan tujuan fotografi Anda selanjutnya? Berikut 10 tempat yang direkomendasikan untuk memperkaya portofolio Anda sebagai fotografer pemandangan di Singapura.

1) Mount Emily Park

Mount Emily Park, yang letaknya sedikit di pinggiran kota, adalah sebuah oase rerimbunan yang cukup lebat, dengan pepohonan tua dan lereng yang melandai perlahan untuk sebuah komposisi yang sangat menarik. Fotografer pemandangan pasti akan merasa tertantang di lokasi ini karena di balik belantara hijau ini garis-garis bentuk kota kita samar-samar terlihat. Matahari terbit dan terbenam juga terlihat cantik di sini, khususnya saat cahaya menembus sela-sela dedaunan yang lebat.

EOS 650D, EF-S18-55mm IS II f/3.5-5.6, f/5.6, 1/320sec, 18mm, ISO 100

2) Central Business District

Dengan menenteng kamera sepanjang waktu, dijamin Anda tidak akan kehilangan kesempatan memperoleh foto bagus. Jika Anda bekerja di Central Business District, jangan lupa membawa kamera selama jam makan.

Pencakar langit sering menawarkan komposisi menarik kapan saja sepanjang hari, di tengah terik yang biasanya dihindari fotografer sekalipun. Akan tetapi, jika waktunya tepat, Anda akan memperoleh perspektif yang cukup mengesankan.

Canon EOS 6D, EF16-35mm f/4L IS USM, f/10.0, 1/400sec, 16.0mm, ISO 100 oleh Kenji Kwok Li Xian

3) Marina Bay Sands

Peluang memperoleh foto bagus melimpah di sekitar Marina Bay Sands (MBS) - dari arsitektur interior The Shoppes of Marina Bay Sands hingga kompleks perkantoran yang menjulang di seberang teluk - lokasi ideal untuk berburu foto selanjutnya.

Sedikit saran! Jika di luar sedang terlalu panas, coba dalam ruang dan ambil foto dengan nyamannya AC. Matahari siang menjelang sore juga menjadikan pemandangan di dalam ruang lebih hidup.

Canon EOS 6D, EF16-35mm f/4L IS USM, f/4.0, 1/320sec, 16.0mm, ISO 800 oleh Kenji Kwok Li Xian

4) Changi Beach

Beberapa tahun belakangan, resor baru bermunculan di area ini, tetapi belum ada yang mengalahkan atmosfer yang ditawarkan oleh Changi Beach. Dengan berjalan santai di atas dermaga menjelang senja saja Anda dapat dengan mudah mencapai pantai, di saat yang tepat untuk membidik matahari terbenam.

Temuilah para penggila olahraga memancing yang akan menjadi teman Anda menunggu momen yang tepat untuk mengambil foto.

Canon EOS 6D, EF16-35mm f/4L IS USM, f/4.0, 1/30sec, 24mm, ISO 200

5) Lorong Halus Bridge

Spot yang tenang dan sureal ini sempurna untuk mengambil foto jam-jam biru (sesaat sebelum matahari terbit dan tenggelam saat langit sudah berwarna biru) Singapura. Jembatan ini menghubungkan Lorong Halus Wetlands dengan Punggol Promenade Riverside Park. Jejak sinar menembus sela-sela arsitektur ikonik menghasilkan pantulan yang indah di permukaan air di bawahnya.

Canon EOS 6D, EF16-35mm f/4L IS USM, f/16.0, 4sec, 21.0mm, ISO 100 oleh Archie Ferdinand Teodoro

6) Merlion Park

Di sinilah ikon nasional Singapura, Merlion berada, dengan pemandangan cantik Marina Bay. Destinasi turis mungkin lumayan padat menjelang senja. Untuk itu, datang saja lebih awal untuk membidik matahari terbit yang menawan.

Sedikit trik untuk mengurangi orang di dalam foto Anda, asalkan lokasi cukup gelap, adalah dengan menggunakan kecepatan rana rendah. Kecepatan rana rendah juga memperhalus permukaan air, menjadikan foto Anda lebih menarik.

Canon EOS 6D, EF17-40mm f/4L USM, f/8.0, 85sec, 25.0mm, ISO 100 oleh Calvin Thia Kang Wei

Canon EOS 6D, EF17-40mm f/4L USM, f/16.0, 20sec, 17.0mm, ISO 100 by Calvin Thia Kang Wei

7) Gardens by the Bay

Gardens by the Bay adalah salah satu tempat menarik baru di Singapura, dengan ikon Supertrees buatan setinggi 16 tingkat. Saksikan saat matahari terbenam - saat itulah struktur-struktur tersebut menggeliat hidup, menyala dengan warna-warna cemerlang yang pas dengan atmosfer pesta. Difoto dari kejauhan atau tepat di bawahnya, tempat ini segera menjadi spot paling populer di kalangan pehobi fotografi di Singapura.

Canon EOS 6D, EF17-40mm f/4L USM, f/8.0, 30sec, 25.0mm, ISO 100 oleh Simon Tay Sze Wee

Canon EOS 6D, EF16-35mm f/4L IS USM, f/16.0, 198sec, 16.0mm, ISO 100 oleh Archie Ferdinand Teodoro

8) Benjamin Sheares Bridge

Anda mungkin saja pernah menikmati pemandangan dari Benjamin Sheares Bridge, yang menghubungkan Kallang Basin dengan Singapore River, dan sekarang sering dijadikan rute maraton. Akan tetapi, yang mungkin selama ini Anda lewatkan adalah peluang foto yang luar biasa di bawahnya, dengan pantulan jembatan dan Costa Rhu, sempurna untuk diambil gambarnya selama matahari terbenam.

Canon EOS 6D, EF16-35mm f/4L IS USM, f/16.0, 25sec, 16.0mm, ISO 50 oleh Archie Ferdinand Teodoro

9) Bidadari

Bekas pemakaman umum ini sekarang menjadi salah satu harta karun di Singapura untuk memfoto pemandangan, khususnya di pagi dan sore hari. Kuburan sudah direlokasi sebagai bagian dari rencana pembangunan kembali negara ini dan persiapan pembangunan kawasan Bidadari. Jalan setapak di hutan adalah rute favorit anggota Kontingen Gurkha, dan juga memandu fotografer menjelajahi tempat magis ini.

Canon EOS 5DS, f/16, 1/125sec, 16mm, ISO 400 by Tan Geng Hui

10) MacRitchie Reservoir Park

MacRitchie Reservoir Park seluas 12 hektar ini adalah reservoir pertama di Singapura dan menawarkan banyak sekali daya tarik untuk aneka kesempatan fotografi. Anda cukup berjalan-jalan di sepanjang tepi badan air atau di atasnya di sela-sela pepohonan untuk menemukan begitu banyak yang bisa dieksplorasi dan diambil gambarnya.

Canon EOS 6D, EF16-35mm f/4L IS USM, f/11.0, 46sec, 16.0mm, ISO 100 oleh Archie Ferdinand Teodoro

 

 

Kenji Kwok

Profil penulis

Kenji Kwok adalah seorang Fotografer Dokumenter asal Singapura, yang karya-karyanya terinspirasi oleh dorongan untuk menyediakan saluran bagi orang lain guna menyuarakan keluh-kesah mereka, selain mendokumentasikan perlunya perubahan seputar masalah sosial di seluruh dunia.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.