Blog Fotografer

Fotografi Perjalanan: Menangkap Keragaman bersama Joseph Mak

Fotografi perjalanan, bagi sebagian besar orang, adalah tentang menangkap momen yang membentuk perjalanan tersebut. Bagaimana dengan seorang fotografer perjalanan? Kami berbincang-bincang dengan Joseph Mak dan belajar bagaimana cara dia mengatasi berbagai tantangan yang ada dalam genre fotografi ini.

Fotografi perjalanan terdiri dari berbagai macam subjek. Bagi saya, ini adalah tentang menangkap momen yang berbeda saat bepergian; lanskap, potret, jalan, makro, mengamati burung, dan banyak lagi yang lainnya. Ini mungkin tampak seperti suatu tugas yang mudah, tetapi ketika Anda sedang bepergian, ini tidaklah begitu sederhana.

EOS 5DS R, EF16-35mm f/2.8L II USM lens, f/16, 1/200 sec, ISO 50
Matahari Terbenam di Tenerife, Spanyol

Pertama, selalu siap untuk melakukan pemotretan karena fotografi perjalanan meliputi setiap momen yang kita lihat di jalan. Anda tidak pernah tahu kapan akan muncul foto hebat yang berikutnya, jadi kamera selalu siap membidik.

Untuk mendapatkan gambar dengan kualitas terbaik, penting untuk menggunakan teknik dan peralatan yang paling sesuai dengan suatu situasi, misalnya untuk fotografi lanskap, penggunaan filter dan tripod yang kokoh penting untuk mendapatkan gambar yang terbaik. Mengontrol pencahayaan, baik lampu kilat atau reflektor, sama pentingnya untuk fotografi potret yang baik, jadi gunakan peralatan itu dan nikmati hasil yang lebih baik. Untuk fotografi jalanan, saya akan mengatur kamera saya menjadi mode AV atau M, dan memastikan kecepatan minimumnya cukup.

Saya telah menggunakan EOS 5D dari versi pertama hingga seri 5DS R saat ini. Seri ini seperti pekerja keras, yang memungkinkan saya untuk menangkap gambar yang profesional dalam kondisi ekstrim dan tidak membebani saya saat melakukan perjalanan. Kamera bertahan dalam suhu -40 derajat Celsius saat musim dingin dan baterai bertahan sehari penuh. Resolusi 50 megapiksel memberikan opsi kepada saya untuk cetakan besar secara komersial dan memotong sesuai ukuran tertentu yang saya inginkan.
 

EOS 5D Mark II, EF24-70mm f/2.8L USM lens, f/11, 1/640 sec, ISO 800
Pelangi di lapangan di Xinjiang, China

EOS 5DS R, EF24-70mm f/2.8L II USM lens, f/2.8, 1/320 sec, ISO 800
Gadis di daerah kumuh di India

EOS 5D Mark III, EF70-200mm f/2.8L IS II USM lens, f/8, 1/100 sec, ISO 400
Kamera kami hampir terguling karena angin musim dingin dari Mongolia Dalam.

Saya biasanya membawa tiga lensa: 16-35mm, 24-70mm, 70-200mm, ditambah 24mm TS-E dan 35mm lensa utama. Untuk beberapa lokasi, saya akan membawa lensa 200-400mm untuk memotret lanskap dan safari. Filter dan tripod juga wajib dibawa dalam daftar saya.

Ada banyak situasi yang tidak diketahui ketika Anda melakukan perjalanan. Kadang-kadang, saya mengalami masalah jarak, karena jarak dari subjek lebih jauh dari apa yang kami harapkan. Canon EOS 5DS R sangat membantu kami berkat resolusi 50 megapiksel. Saya dapat memotongnya dan resolusi setelah dipotong tetap 20 megapiksel. Fungsi pengatur waktu interval di 5DS R juga membantu ketika saya lupa membawa kabel pelepas rana saya untuk pemotretan selang waktu.

EOS 5DS R, EF70-200mm f/2.8L IS II USM lens, f/8, 1/2000 sec, ISO 1250
Beruang menyambar makanan di Kamchatka, Rusia


EOS 5DS R, EF200-400mm f/4L IS USM lens, f/8, 1/1600 sec, ISO 1600
Seekor beruang menggigit tangkapannya di Kamchatka, Rusia

Kelembaban, panas dan dingin adalah unsur cuaca dasar. Saya membutuhkan kamera yang bisa saya andalkan untuk melakukan pekerjaan di lapangan. Seri 5D tahan cuaca, sehingga ideal untuk tempat-tempat yang akan saya datangi seperti gurun, medan lava, sungai berkabut, gua es - karena ini adalah tempat-tempat dengan kondisi ekstrim.

EOS 5DS R, EF70-200mm f/2.8L IS II USM lens, f/8, 1/800 sec, ISO 500
Camel penggembala di Pushkar, Rajasthan


5DS R memungkinkan saya untuk menggunakan fungsi HDR yang tertanam untuk spektrum pencahayaan yang luas. Kamera ini juga memungkinkan saya untuk memadukan tiga foto 50 megapiksel ke dalam sebuah foto 150-megapiksel dengan menggunakan lensa TS-E saya setiap kali saya melakukan pemotretan lanskap.

EOS 5DS R, TS E24mm f/3.5L II lens, f/20, 5 sec, ISO 50
Medan lava dengan gunung berapi aktif di Kamchatka, Rusia


Saya percaya saya telah melakukan pemotretan di lebih dari 30 negara. Norwegia adalah yang paling berkesan - fyord (teluk) yang dalam, pegunungan yang tinggi dan memanjang, pantai-pantai panjang yang mengelilingi Anda di mana pun Anda melihat dan di mana pun Anda berdiri dari saat Anda tiba. Murni dan dramatis, pemandangan di sini hampir terlalu sempurna, dan Anda selalu memiliki perasaan itu saat Anda melalui penciptaan digital tentang seperti apa contoh sempurna dari alam akan terlihat.

EOS 5D Mark III, EF16-35mm f/2.8L II USM lens, f/18, 60 sec, ISO 100
Awan bergerak di antara rumah-rumah merah di Norwegia

Saya akan kembali ke Patagonia, Chile, rumah fyord yang menakjubkan, garis pantai yang dramatis dan tak ada habisnya. Pegunungan megah dan air terjun, bersama-sama dengan awan yang dramatis dan langit yang menyala. Ini adalah tempat yang menawan indra Anda dan tentunya saya ingin kembali lagi.

EOS 5DS R, EF16-35mm f/2.8L II USM lens, f/11, 4 sec, ISO 50
Hamparan bunga di Patagonia


EOS 5DS R, EF16-35mm f/2.8L II USM lens, f/18, 1/13 sec, ISO 100
Matahari terbit di antara pegunungan Patagonia

Apakah pekerjaan utama Anda adalah menjadi seorang fotografer perjalanan? Ya, saya setuju bahwa orang-orang suka bepergian dan melihat dunia. Tapi itu jika mereka bepergian untuk bersantai. Sebagai seorang profesional, saya memiliki pekerjaan yang harus dilakukan. Ini mungkin terlihat glamor dan seperti pekerjaan impian bagi banyak orang, tetapi profesi ini dituntut untuk bekerja sangat keras. Ini masih tetap merupakan pekerjaan impian saya, dan saya menyukainya meskipun kehidupannya begitu sulit.

Suatu hari biasa bagi tim saya dimulai pada jam 4 pagi dan berakhir pada jam 11 malam, kadang-kadang bahkan lebih larut. Jam-jam kerja yang panjang ini termasuk mempersiapkan dan mengawasi pemotretan pagi untuk matahari terbit dan mendaki ke lokasi dalam kegelapan, untuk memastikan klien saya memiliki kesempatan terbaik untuk pemotretan yang indah selama waktu emas saat fajar. Kemudian kembali ke markas untuk sarapan dan istirahat sebentar, sebelum kami pergi lagi untuk melakukan lebih banyak pemotretan, baik fotografi jalan atau subjek berupa orang, tergantung perjalanan.

"Ini masih tetap merupakan pekerjaan impian saya, dan saya menyukainya meskipun kehidupannya begitu sulit."

EOS 5D Mark III, EF16-35mm f/2.8L II USM lens, f/16, 1/10 sec, ISO 100
Matahari terbit saat musim dingin di Mongolia

Kami punya sedikit waktu untuk beristirahat saat makan siang, pada kesempatan ini kami berbagi pengalaman dengan klien untuk mengetahui bagaimana pendapat mereka tentang pemotretan sebelumnya dan bagaimana pemahaman mereka. Setelah makan siang, jadwal perjalanannya bisa bervariasi; bisa saja lebih banyak lokasi pemotretan, mungkin pemrosesan atau pelatihan lainnya.

Pada saat semua itu dilakukan, kami kembali ke persiapan untuk pemotretan matahari terbenam untuk menghasilkan pencahayaan yang paling bagus, dan seringkali klien kami juga berharap untuk mencoba astrofotografi, jadi hari-hari kami berlangsung sampai klien kami selesai melakukan pemotretan. Mereka selalu menjadi prioritas yang pertama karena itu adalah bagian yang sangat penting dari layanan kami. Ini terus berlanjut selama 8 hari berturut-turut pada perjalanan standar, maka kami memiliki waktu 2 hari untuk memulihkan diri ketika kami kembali ke markas, tapi tidak sepenuhnya beristirahat. Persiapan untuk tur berikutnya segera dimulai, dan kemudian tur berikutnya dimulai dan itu akan menjadi hari-hari yang panjang lagi.

EOS 5DS R, EF16-35mm f/2.8L II USM lens, f/2.8, 1/25 sec, ISO 2500
Bintang di Tenerife, Spanyol


Ini jelas bukan pekerjaan untuk semua orang, dan jika Anda hanya melihat gambar, terlihat sangat glamor, tapi itu merupakan hasil dari kerja keras dan sangat menantang. Namun demikian, saya bisa melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang indah dan bertemu dengan orang-orang yang menakjubkan setiap hari, sehingga kesulitan itu senilai dengan pengalaman saya melalui pekerjaan saya. Tidak ada hal lain yang lebih saya sukai.

EOS 5D Mark III, EF70-200mm f/2.8L IS II USM lens, f/8, 1/500 sec, ISO 2000
Pria dan wanita penunggang kuda dari Mongolia

Melihat orang lain yang mencapai tujuan mereka dengan semangat fotografi saya, mempelajari teknik-teknik baru dan menjadi fotografer yang lebih baik, memang luar biasa. Banyak pelanggan yang telah mencapai penghargaan terhormat dari masyarakat fotografi dengan menggunakan foto yang diambil dalam tur kami, itu membuat saya bangga karena begitu banyak yang telah mereka capai dan saya bisa mengatakan bahwa saya telah membantu mereka.

Tentu saja, tidak semua pelanggan kami adalah fotografer, dan hanya dengan menceritakan kepada saya betapa indahnya perjalanan kami, pengalaman yang berbeda di lokasi yang mungkin telah mereka kunjungi beberapa kali sebelumnya, dari makanan dan minuman hingga orang-orang yang mereka temui, benar-benar membuat saya merasa bahagia karena kami menyediakan layanan yang telah saya ciptakan.

Sebelum saya beralih ke fotografi, saya menjalankan sebuah perusahaan IT selama 13 tahun, sebuah pengalaman yang telah memberikan saya keterampilan untuk mengelola dan menjalankan bisnis agen perjalanan berlisensi yang saya bangun untuk membantu memfasilitasi fotografi perjalanan saya. Karena saya sangat menyukai fotografi perjalanan, sekarang saya mengajak orang lain di sepanjang perjalanan saya untuk berbagi pengalaman tempat-tempat baru, serta menawarkan bimbingan dan saran bagi orang lain dan berbagi pengetahuan seperti kami melakukan pemotretan bersama-sama untuk meningkatkan keterampilan fotografi kami.

Bertemu orang baru setiap hari dengan cara ini adalah sesuatu yang benar-benar saya cintai, dan saya percaya bahwa sebagai fotografer, kita tidak pernah berhenti belajar, berbagi pengalaman dan pengetahuan kita, dan ini harus menjadi bagian dari kehidupan setiap fotografer. Saya pikir inilah tempat saya telah belajar dan berkembang lebih banyak dari segi apa saja secara pribadi, berbagi pengalaman dan cerita dengan orang lain, belajar dari keberhasilan dan kesalahan orang lain telah membantu saya tumbuh sebagai seorang fotografer, dan saya merasa senang dalam melakukan hal yang sama untuk orang lain.

Kinerja EOS 5D dan gambarnya yang berkualitas tinggi membuat saya ingin memotret gambar yang bahkan lebih indah. Ini tidak pernah cukup.

Temukan lebih banyak kisah inspiratif jika Anda mendaftar untuk SNAPSHOT!

Joseph Mak

Fotografi bukan hanya tentang memiliki peralatan yang terbaik atau gadget terbaru. Fotografi adalah tentang memperhatikan hal-hal di sekitar kita. Setiap orang memiliki perspektif yang berbeda dari hal-hal, dan masing-masing memandang subjek yang sama secara berbeda. Selalu menarik untuk melihat perspektif yang berbeda yang direkam dalam foto-foto, dan saya akan selalu mencoba untuk memahami cerita apa yang sedang mencoba untuk disampaikan oleh masing-masing fotografer melalui foto-foto mereka. Gaya fotografi saya adalah untuk tetap sederhana dan murni. Elemen kunci dalam foto adalah dapat menceritakan sebuah kisah tentang suatu pemandangan. Fotografi adalah seni bercerita secara visual, bukan hanya menjepret foto dengan sendirinya.

Setiap fotografer harus dihormati atas karya yang mereka hasilkan, karena setiap foto yang diambil oleh mereka mencerminkan kepribadian unik mereka sendiri. 

josephmak.com

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.